Yuk Intip,Tips Aman Bermain Ponsel Agar Tidak Merusak Mata

Tips bermain ponsel agar tidak merusak mata, cocok diterapkan bagi anda yang gemar menggunakan ponsel dimanapun dan kapanpun. Ponsel sendiri merupakan salah satu gadget favorit yang multitasking sehingga banyak dipilih dan digunakan. Mulai dari bermain media sosial, bermain game hingga beragam kegiatan yang lainnya, semua bisa dilakukan melalui ponsel.

Sayangnya, penggunaan ponsel yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan terutama untuk kesehatan mata. Untuk itu dibutuhkan tips aman bermain ponsel agar mata terhindar dari gangguan yang menyebabkan mata rusak. Adapun beberapa tips yang dimaksud antara lain adalah sebagar berikut:

1. Batasi penggunaan ponsel

Tips bermain ponsel agar tidak merusak mata yang pertama adalah dengan tidak berlebihan. Anda bisa membatasi penggunaannya minimal 2 jam sekali. Sayangnya, beberapa orang merasa keberatan dengan pembatasan penggunaan ponsel karena beberapa alasan. Entah karena pekerjaan, entah karena adanya game menyenangkan atau bahkan karena ingin bermedia sosial.

Namun, anda harus tahu jika penggunaan ponsel berlebihan bisa menyebabkan mata kelelahan hingga mengalami kerusakan. Untuk itu, ubah segera kebiasaan bermain ponsel anda agar lebih sehat dan baik untuk mata.

Baca juga :   Produk Menghilangkan Mata Panda Kulit Menjadi Lembab Dan Kencang

2. Keluar dan lihat pemandangan

Keluar ruangan untuk melihat pemandangan sesekali memang sangat diperlukan. Pemandangan yang indah dan menyenangkanbisa membuat kebugaran mata meningkat. Hal ini juga memungkinkan bagi anda untuk merefresh mata dan tidak melulu menatap ke layar ponsel.

3. Temukan posisi yang tepat

Tips bermain ponsel agar tidak merusak mata yang selanjutnya adalah dengan menentukan posisi bermain ponsel yang tepat. Anda harus tahu jika penggunaan gadget sembari tiduran sangat tidak disarankan karena bisa meningkatkan kerusakan mata.

Selain itu, bermain ponsel sambil tiduran juga membuat jarak pandang mata dengan ponsel semakin dekat. Hal ini dikarenakan tangan yang kecapekan dalam menopang ponsel dalam posisi sama hingga membuat jarak pandang menipis.

Bermain ponsel sembari tiduran juga membuat otot mata bekerja lebih keras. Hal ini terjadi lantaran posisi mata yang terus-terusan menghadap ke atas. Alhasil, mata akan terasa panas dan tidak nyaman.

Baca juga :   Tips Praktis Menjaga Kesehatan Mata, Anda Harus Tahu!

Baca juga :Kebiasaan Yang Bisa Merusak Mata Tapi Sangat Menyenangkan

Adapun posisi bermain gadget yang tepat adalah menghadapkan mata sejajar sama dengan bagian atas layar. Dengan demikian, mata tidak akan terlalu lelah saat menatap layar terus-terusan. Hindari juga posisi ponsel yang ketinggian karena membuat mata kesulitan dalam melihat huruf yang muncul di ponsel anda.

4. Gunakan kacamata minus

Tips yang satu ini adalah tips khusus untuk mereka yang memiliki mata minus. Bagi anda yang memiliki gangguan mata yang demikian ada baiknya selalu menggunakan kacamata saat bermain ponsel. Jangan sampai anda malas menggunakan kacamata hingga menyebabkan minus justru memburuk.

Tanpa menggunakan kacamata minus, anda akan kesulitan dalam melihat huruf berukuran kecil. Hal ini akan memaksa otot mata dalam bekerja secara lebih keras. Jika sudah demikian, maka tidak heran jika mata akan terasa lebih capek.

Baca juga :   Benjolan Di Sudut Mata Terasa Perih Atau Nyeri Saat Disentuh

5. Matikan ponsel saat tidur

Tips bermain ponsel agar tidak merusak mata selanjutnya adalah dengan mematikan ponsel menjelang tidur. Keseringan menatap layar ponsel sebelum tidur menyebabkan mata berair hingga memunculkan rasa gelisah. Pada akhirnya, anda tidak akan dapat tidur dengan nyenyak hingga mengalami insomnia. Segera jauhkan ponsel dari jangkauan menjelang tidur.

Lakukan beberapa tips bermain ponsel yang baik di atas, untuk membuat mata anda jauh dari gangguan hingga kerusakan. Selain itu jangan lupa untuk mengistirahatkan mata sesekali dengan berkedip dan mengatur jeda penggunan ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *