Keuntungan Menggunakan Metode Melahirkan Tiup – Tiup

Keuntungan menggunakan metode melahirkan tiup – tiup, Pada awal tahun 2021, metode tiup yang digagas oleh Bidan Novelia Damanik menjadi viral tentang metode melahirkan tiup – tiup. Berawal dari unggahan penjelasan metode tiup di media sosial Novel Bidan. Video tersebut mendapat perhatian banyak orang, terutama ibu hamil yang sedang bersiap untuk melahirkan.

Pasalnya, Bidan Novel menjelaskan bahwa cara ini bisa mengurangi rasa sakit saat melahirkan. metode tiup yang sempat viral di awal tahun 2021 adalah teknik pernapasan.

Latihan pernapasan yang dilakukan dengan metode tiup ini memiliki pola yang berulang.

Pola pernapasan yang berulang dan teratur ini membawa segudang manfaat bagi ibu melahirkan. Lantas, apa saja keuntungan menggunakan metode melahirkan tiup – tiup ini?

1. Membuat Ibu Lebih Rileks

Tentunya banyak ibu yang mengetahui bahwa metode persalinan tiup memiliki manfaat membuat Anda lebih rileks. Tapi, Moms juga perlu tahu apa hubungan antara tiup dan relaksasi untuk ibu melahirkan.

Baca juga :   Cara Kerja Sistem Pernapasan Manusia Yang Perlu Untuk Diketahui

Metode tiup ini mirip dengan metode hypnobirthing yang bertujuan agar ibu melahirkan lebih rileks dan santai.

2. Melahirkan Agar Tidak Sakit

melahirkan tiup-tiup

Saat ibu rileks, dua hal akan terjadi, yaitu otot ibu akan rileks dan endorfinnya akan meningkat. Saat otot ibu rileks, maka persalinan akan lebih mudah.

Dengan begitu, rasa sakit bahkan robekan pada vagina yang Anda takutkan saat melahirkan tidak akan terjadi.

Dengan relaksasi ini juga bisa melepaskan endorfin atau hormon bahagia. Jadi, ini akan mengurangi banyak rasa sakit yang akan muncul saat melahirkan. Metode pernapasan berpola ini juga penting untuk meminimalisir terjadinya kontraksi palsu.

Kontraksi palsu adalah kondisi ketidaknyamanan akibat kontraksi, namun belum saatnya Anda melahirkan. Pada trimester ketiga terakhir, Anda akan lebih sering mengalami kontraksi palsu, yang menandakan bahwa waktu untuk melahirkan sudah hampir tiba.

Baca juga :   Tahapan Persalinan Normal Tanpa Rasa Sakit

3. Paru – Paru Bekerja Dengan Baik Dan Menghindari Hiperventilasi

Saat melahirkan, dokter dan bidan selalu berusaha membuat ibu hamil tidak panik. Hal ini tentunya juga membutuhkan usaha dari ibu melahirkan sendiri untuk tetap rileks sebelum dan saat melahirkan.

Jika Anda tidak rileks, paru – paru akan naik turun tidak teratur. Dengan melatih kapasitas paru – paru bisa berkembang dan mengempis dengan baik. Hal ini penting karena saat melahirkan ruang paru – paru mulai terbatas akibat pembesaran rahim. Dengan begitu, kualitas pernapasan yang dilakukan Moms akan lebih baik.

Ini juga menghindari hiperventilasi yang terjadi saat melahirkan. hiperventilasi sama sekali tidak baik untuk ibu melahirkan. Sebab, kemudian akan meningkatkan CO2 atau karbon dioksida, bahkan membuat Anda merasa lemas.

Baca juga :   Cara Merawat Kulit Kepala Agar Pertumbuhan Rambut Bisa Lebih Sehat

4. Hindari Pembengkakan Serviks Saat Melahirkan

Karena membuat Moms lebih rileks, pernapasan yang baik, termasuk metode melahirkan tiup – tiup meminimalkan kegagalan persalinan. ibu – ibu sering beranggapan bahwa mereka perlu mengejan dengan cepat karena kontraksi yang mereka rasakan, padahal belum waktunya. Apa dampak salah mengejan yang dialami ibu melahirkan ini?

Hal ini membuat jalan lahir untuk adik bayi menyempit akibat pembengkakan serviks. Jika hal seperti ini terjadi, harus dilakukan operasi caesar.

Itulah 4 hal yang menjadi manfaat bernafas teratur saat melahirkan, salah satunya menggunakan metode persalinan tiup-tiup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.