Tips Praktis Menjaga Kesehatan Mata, Anda Harus Tahu!

Tips menjaga kesehatan mata diperlukan bagi anda yang ingin memiliki penglihatan sehat tanpa gangguan. Anda tentu familiar dengan kalimat “mata adalah jendela dunia” bukan? Kalimat ini nampaknya sangatlah tepat. Karena dengan mata, kita bisa melihat dan mengerti banyak hal yang ada dan terjadi di lingkungan bahkan di dunia kita.

Sayangnya, tidak semua orang mampu menjaga kesehatan matanya dengan baik. Hal ini bisa dikarenakan oleh banyak hal mulai dari aktivitas pekerjaan yang tidak sehat hingga jenis makanan yang dikonsumsi.

Lantas adakah tips menjaga kesehatan mata yang bisa dilakukan? Simak yuk ulasannya disini!

1. Konsumsi multivitamin yang bagus untuk mata

Tips yang pertama adalah dengan mengonsumsi multivitamin yang bagus untuk kesehatan mata. Ada beberapa jenis vitamin yang bisa dikonsumsi seperti halnya vitamin antioksidan C dan E juga vitamin B6 serta B12. Selain itu konsumsi juga beta karoten, mineral tembaga dan seng yang bagus untuk memperlambat penurunan penglihatan akibat gangguan berupa katarak ataupun gangguan di pusat retina.

Baca juga :   Fungsi Lensa Mata Organ Yang Bereaksi Terhadap Cahaya

2. Jangan terlalu banyak bermain gadget

Tips menjaga kesehatan mata yang selanjutnya adalah dengan tidak terlalu lama saat menggunakan gadget. Gadget sendiri sangat beragam jenisnya mulai dari televisi, game, ponsel dan lain sebagainya.

Jikapun pekerjaan menuntut anda untuk selalu berada di depan komputer, anda bisa beristirahat pada tiap setengah jam sekali. Gunakan waktu tersebut untuk jalan-jalan sebentar dan menjauh dari komputer. Selain itu jangan lupa untuk sering-sering berkedip dan mengalihkan pandangan sesekali menuju ke luar rungan. Pilih juga wallpaper yang nyaman untuk mata serta atur kontras cahaya pada komputer anda.

Baca juga : Inilah 9 Vitamin Mata Yang Alami

3. Hindari menggosok mata dengan kasar

Jika tidak ingin mengalami gangguan mata, tentu anda harus merawatnya dengan benar. Hindari menggosok mata secara kasar. Saat mata terasa gatal atau tengah kemasukan benda asing, anda bisa menggosoknya secara hati-hati dan perlahan. Selain itu, anda juga bisa menggunakan air untuk membuat debu di mata keluar.

Baca juga :   Ukuran Mata Minus Yang Sering Terjadi, Cek Disini!

Adapun cara yang lebih praktis adalah dengan berkedip hingga air mata keluar bersamaan dengan debunya. Kamu juga bisa menggunakan kain basah untuk mengeluarkan debu yang terjebak di mata.

4. Gunakan kacamata

Saat jalan-jalan di laur, anda bisa menggunakan kacamata ataupun penangkal debu lainnya. Anda tentu tahu dengan baik jika area jalan raya ataupun kawasan pabrik biasanya menciptakan debu dari aktivitas orang di dalamnya. Inilah kenapa penggunaan kacamata sangatlah disarankan saat anda keluar dari ruangan.

Mata yang kemasukan debu bisa saja terasa perih hingga menyebabkan iritasi dan memerah. Jika hal ini sering terjadi maka gangguan pada mata bisa saja terjadi.

5. Cukupi konsumsi vitamin A

Mencukupi kosumsi vitamin A merupakan salah satu tips menjaga kesehatan mata secara alami. Ada beberapa makanan yang kaya akan kandungan vitamin A di dalamnya seperti halnya alpukat, wortel, pepaya dan tomat.

Baca juga :   Cara Mengatasi Mata Bengkak Akibat Menangis Dan Iritasi

Wortel sendiri merupakan salah satu jenis sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan mata karena kandungan beta karotennya. Anda juga bisa menemukan senyawa tersebut di dalam labu kuning. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan khasiat sehatnya.

Selain beberapa tips di atas, anda juga bisa mengonsumsi banyak sayuran hijau sebagai salah satu tips menjaga kesehatan mata secara alami. Sayuran hijau sendiri bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan dan pastinya mudah untuk ditemukan di lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *