Pencegahan dan Gejala Penyakit Katarak, Penting untuk Tahu

Gejala penyakit katarak penting untuk diketahui. Pengetahuan mengenai katarak sendiri membuat anda lebih perhatian dan pastinya tahu kapan harus memeriksakan diri. Katarak adalah salah satu bentuk gangguan pada mata dimana lensa mata menjadi keruh dan berawan.

Jenis gangguan yang satu ini bekembang secara perlahan dan tidak mengganggu. Namun, lama-kelamaan penglihatan penderita akan berkurang hingga penderita sulit melakukan aktivitas rutin seperti membaca hingga menyetir kendaraan.

Gejala Penyakit Katarak

Tidak hanya terjadi pada satu mata saja, namun katarak juga bisa menyerang kedua mata. Meski demikian, katarak tidaklah menyebar dari satu mata ke mata yang lainnya. Adapun beberapa gejala penyakit katarak yang harus diwaspadai antara lain adalah sebagai berikut:

  • Warna di sekitar mata yang terlihat memudar
  • Pandangan mata terasa seperti berkabut
  • Munculnya penglihatan yang seolah mengganda pada satu mata
  • Saat malam hari, kemampuan mata mengalami penurunan
  • Terasa silau ketika melihat matahari atau bahkan lampu mobil. Selain itu, anda juga akan melihat adanya lingkaran saat menatap cahaya
  • Gonta-ganti ukuran kacamata lantaran perubahan tajam kemampuan penglihatan dari penderita
Baca juga :   Infeksi Saluran Air Mata Dan Saraf Mata Tersumbat

Selain gejala penyakit katarak di atas, ada beberapa gejala lainnya yang harus diwaspadai. Untuk lebih jelasnya, anda bisa segera memeriksakan diri jika menemukan sesuatu yang tidak beres yang tengah terjadi pada mata.

Baca juga : Tips Praktis Menjaga Kesehatan Mata, Anda Harus Tahu!

Pencegahan Penyakit Katarak

Penting untuk tahu gejala, penting juga untuk tahu langkah pencegahannya. Langkah pencegahan sendiri memungkinkan anda untuk terhindar dari yang namanya katarak ataupun jenis gangguan mata yang lain. Sayangnya hingga kini masih belum ada penelitian yang menemukan cara pencegahan penyakit katarak.

Meski demikian, para ahli berpikir jika ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu dalam mencegah ataupun memperlambat jenis gangguan mata yang satu ini.

1. Penggunaan kacamata hitam

Baca juga :   Lemak Di Mata Dapat Merusakkan Bola Mata Anda

Cara pencegahan penyakit katarak yang pertama adalah dengan menggunakan kacamata hitam. Anda harus tahu jika sinar ultraviolet dapat meningkatkan seseorang beresiko mengalami katarak.

Jika aktivitas atau pekerjaan mengharuskan anda berada di bawah sinar UV dalam waktu yang lama, maka gunakanlah kacamata. Anda juga bisa menggunakan topi yang lebar untuk perlindungan lebih maksimal.

2. Pemeriksaan mata secara rutin

Memeriksakan kondisi mata secara rutin membuat anda bisa mendeteksi jika mata tengah mengalami gangguan. Jika sudah demikian, maka gangguan bisa segera ditangani sehingga kondisi tidak semakin parah dengan gejala yang berlarut-larut.

3. Jaga kondisi tubuh

Cara pencegahan penyakit katarak yang selanjutnya adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa penyakit yang dapat meningkatkan seseorang mengalami katarak seperti diabetes hingga komplikasi operasi mata yang pernah anda jalani. Untuk itu, menjaga kesehatan juga tidak langsung menjauhkan anda dari katarak.

Baca juga :   Bahaya Softlens Untuk Mata Normal Dapat Menyebabkan Kebutaan

4. Atur juga pola makan

Perbanyak konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Jenis makanan tersebut bisa ditemukan dalam produk sehat berupa buah serta sayuran. Asupan makanan sehat membuat tubuh selalu dalam kondisi prima dan jauh dari penyakit. Adapun beberapa jenis makanan yang bagus untuk kesehatan mata antara lain adalah kacang-kacangan, sayuran hingga biji-bijian.

5. Jangan merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasan buruk yang sebaiknya dijauhi. Rokok menyebabkan banyak gangguan kesehatan mulai dari gangguan ringan hingga yang berbahaya sekalipun. Kebiasaan menghisap rokok juga menciptakan banyak radikal bebas di organ penglihatan.

Ada beberapa cara pencegahan penyakit katarak yang bisa anda lakukan seperti yang di atas. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah dengan memeriksakan kesehatan mata secara teratur apalagi jika anda memiliki riwayat katarak dalam keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.