Manfaat Jus Wortel Dan Tomat Dapat Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Jus wortel dan tomat tidak hanya menghilangkan dahaga, tetapi manfaat jus wortel dan tomat juga terbukti dapat mencegah risiko terjadinya penyakit dan sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Jus Wortel Dan Tomat

Anda mungkin lebih terbiasa mengolah buah – buahan sebagai jus. Namun, menggabungkan sayuran dengan buah telah terbukti memperkaya nutrisi yang kita dapatkan dalam segelas jus.

Inilah yang kami lakukan ketika kami membuat jus wortel dan tomat. Kombinasi wortel dan tomat dapat memberikan manfaat lebih bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat jus wortel dan tomat?

1. Mencegah Risiko Kanker Pencernaan

Tomat dan wortel merupakan sumber yang kaya antioksidan yang disebut karotenoid, terutama likopen dan beta – karoten. Lycopene adalah jenis karotenoid yang memberi warna merah pada tomat, sedangkan beta karoten memberi warna oranye pada wortel.

Konsumsi karotenoid yang tinggi dapat menurunkan risiko kanker. Karotenoid bekerja untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan menghancurkan sel kanker yang mungkin telah berkembang.

2. Mencegah Resiko Katarak

2. Mencegah Resiko Katarak

Penelitian dalam jurnal Clinical Interventions in Aging menjelaskan, penyakit mata akibat usia (degenerasi makula), termasuk katarak dapat dikurangi dengan meningkatkan asupan vitamin C, beta – karoten, dan seng.

3. Menjaga Kecantikan Kulit

Memenuhi kebutuhan vitamin C juga menjadi salah satu manfaat jus wortel dan tomat. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Multidisiplin Digital Publishing Institute Nutrients, kolagen berfungsi untuk menjaga kelembapan, elastisitas, dan kekuatan kulit.

Oleh karena itu, meningkatkan jumlah kolagen dapat menjaga kulit tetap kenyal dan lembab secara alami dari dalam. Selain itu, penelitian berbeda dari jurnal yang sama menemukan bahwa vitamin C juga mampu melindungi sel – sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

4. Bantu Program Diet

Manfaat lain dari jus wortel dan tomat yang bisa Anda dapatkan adalah menurunkan berat badan. jus tomat yang terbukti dapat menurunkan kadar lemak pada tubuh berkat kandungan likopennya.

Penelitian ini menemukan bahwa likopen merupakan zat antiaterogenik, yang mampu menurunkan kadar lemak total darah (kolesterol jahat dan trigliserida) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa anti inflamasi juga merupakan manfaat dari jus wortel dan tomat. Saat tubuh mengalami peradangan, metabolisme terganggu dan menghasilkan adipokin.

Baca juga :   Cara Mengatasi Mata Bintitan Agar Sembuh Dengan Cepat

Zat ini mampu meningkatkan produksi lemak sehingga lemak tubuh meningkat dan cenderung berisiko obesitas. Anti inflamasi pada likopen bekerja menghambat produksi zat adipokin.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Kadar kalium yang rendah dikaitkan dengan risiko diabetes. Jika tubuh memiliki kadar potasium yang rendah, risiko diabetes meningkat. Hal ini karena kekurangan kalium dapat mengganggu metabolisme kadar gula dalam darah.

Manfaat jus wortel dan tomat untuk dapat meningkatkan asupan kalium harian agar dapat terhindar dari risiko terjadinya diabetes. Terbukti, satu wortel seberat 72 gram mengandung 230 mg potasium.

Sedangkan satu buah tomat seberat 182 mg memiliki kandungan potasium sebesar 431 mg.
Tidak hanya itu. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa potasium dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Jadi, kadar gula darah bisa terkontrol karena kerja hormon insulin yang optimal.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Annual Review of Nutrition, kekurangan vitamin A dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Karena jika kekurangan vitamin A, maka lapisan pelindung jaringan mukosa tidak dapat beregenerasi dengan baik. Oleh karena itu, tubuh rentan terhadap infeksi.

Manfaat wortel dan tomat serta jus wortel yang bisa dirasakan adalah asupan yang kaya akan vitamin A. Wortel terbukti mengandung vitamin A sebesar 601 mcg.

Sedangkan vitamin A pada tomat ditemukan sebesar 76,4 mcg. Manfaat jus wortel dan tomat bahkan mampu memenuhi kebutuhan vitamin A harian. Oleh karena itu, daya tahan tubuh dapat terjaga.

Cara Membuat Jus Wortel Dan Tomat Di Rumah

Cara Membuat Jus Wortel Dan Tomat Di Rumah

Manfaat jus wortel dan tomat bisa didapatkan jika pengolahannya tepat. Cara untuk membuat jus wortel dan tomat yang sehat dimulai dengan mempersiapkan bahan:

  • 1 wortel atau beberapa wortel seberat 128 gram.
  • 1 buah tomat atau beberapa buah tomat seberat 128 gram.
  • 150 ml-178 ml air dingin.
  • 2 sendok makan madu (opsional).

Ikuti langkah – langkah membuatnya:

  • Potong tomat menjadi beberapa bagian dan kemudian parut wortel agar mudah hancur.
  • Masukkan tomat dan wortel cincang ke dalam blender.
  • Tuang air dan madu.
  • Blender hingga halus, lalu tuang ke dalam gelas untuk disajikan.

Perlu juga diingat, Bahwa pada saat membuat jus wortel dan tomat sebaiknya tidak menambahkan gula. Hal ini juga akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Nantinya, jus wortel dan tomat yang seharusnya sehat menjadi tidak bergizi.

Baca juga :   Keriting Bulu Mata Lebih Praktis Dan Bisa Lebih Awet

Manfaat jus wortel dan tomat mampu menghindarkan kita dari risiko berbagai penyakit. Bahkan, manfaat jus wortel dan tomat juga mampu menjaga kecantikan tubuh. Namun, manfaat jus wortel dan tomat tidak menggantikan gaya hidup sehat secara keseluruhan atau obat – obatan yang telah diresepkan oleh dokter.

Manfaat Jus Wortel Dan Tomat Untuk Pria

Manfaat Jus Wortel Dan Tomat Untuk Pria

Jus wartel memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, Namun wortel juga memiliki sejuta manfaat untuk kesuburan para pria. Hal ini karena wortel dapat memberikan efek kematian terkuat pada sperma.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan, Bahwa menyatakan makanan yang berwarna oranye dan kuning memiliki efek yang baik untuk memperkuat sel sperma. Berikut 3 manfaat jika pria rutin mengonsumsi wortel:

1. Meningkatkan Jumlah Sel Sperma

Dalam wortel mengandung beta karoten dan antioksidan. Kedua zat ini sangat bermanfaat dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan sperma.

2. Mengatasi Impotensi

Pria yang rutin mengonsumsi wortel akan meningkatkan ereksi. Selain itu, impotensi juga bisa diatasi dengan wortel karena kandungan potasium pada wortel. Selain itu, pria yang rutin mengonsumsi wortel bisa mempertahankan ereksi lebih lama.

3. Menjaga Kesehatan Prostat

Salah satu organ terpenting dalam sistem reproduksi pria adalah prostat. Organ ini dapat memberikan kenikmatan seksual jika dirangsang dengan baik.

Jika prostat terkena pembengkakan atau kanker, kemungkinan gangguan seksual dan reproduksi tinggi.

Baca juga : Cara Mengobati Mata Minus Dengan Wortel Yang Efektif

Bahaya Jus Wortel Campur Tomat

Bahaya Jus Wortel Campur Tomat

Dalam jumlah yang tepat, wortel terbukti membawa manfaat kesehatan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, Anda justru akan merasakan bahaya wortel bagi kesehatan.

Efek Samping Konsumsi Wortel Berlebihan

Berikut ini beberapa bahaya wortel yang bisa Anda rasakan jika memakannya secara berlebihan:

1. Keracunan Vitamin A

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wortel memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dalam jumlah yang tepat, vitamin A pada wortel dapat membantu menjaga kesehatan penglihatan. Namun dalam jumlah berlebihan, vitamin A justru bisa menyebabkan keracunan.

2. Sembelit

Sebagai salah satu jenis sayuran, wortel tentunya mengandung serat. Dalam kadar yang tepat, serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan melancarkan buang air besar.

Namun, jika jumlah serat yang masuk ke tubuh Anda terlalu banyak, senyawa tersebut justru bisa menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan.

Baca juga :   Cari Tau Yuk Gejala Mata Minus Yang Perlu Anda waspadai

3. Kulit Menjadi Kuning

Mengkonsumsi wortel terlalu banyak juga bisa menyebabkan kulit menjadi menguning,

Kondisi ini terjadi karena wortel mengandung beta karoten yang jika masuk ke dalam tubuh dalam dosis tinggi dapat menumpuk dan mengubah warna kulit menjadi kekuningan.

4. Perut Kembung

Bagi sebagian orang, wortel merupakan jenis sayuran yang sulit dicerna. Keluhan ini bisa dirasakan sangat buruk. Apalagi jika orang tersebut mengonsumsi wortel secara berlebihan.

Orang yang kesulitan mencerna wortel umumnya akan mengalami kembung karena produksi gas yang tinggi di saluran pencernaan.

5. Alergi

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal National Library of Medicine menyebutkan wortel mengandung senyawa protein yang dapat menyebabkan reaksi pada 25 persen penderita alergi makanan. orang yang memiliki alergi wortel akan mengalami gejala meski hanya makan sedikit.

Beberapa gejala yang muncul, seperti pilek atau hidung tersumbat, gatal – gatal di mulut dan tenggorokan, ruam kulit, dan sesak napas.

Tips Makan Wortel Agar Bermanfaat Sepenuhnya

Tips Makan Wortel Agar Bermanfaat Sepenuhnya

Agar terhindar dari bahaya wortel, Maka makan 4-5 wortel ukuran sedang per hari sudah cukup. Dan disarankan juga untuk mengonsumsi buah atau sayur yang mengandung beta karoten sebanyak 6-9 miligram sehari.

Jika asupan beta karoten yang melebihi 20 miligram per hari, salah satu efek yang akan muncul adalah perubahan warna kulit dapat menjadi kuning.

Selain membatasi porsi, Anda juga harus mengolah wortel dengan cara yang benar. Mulailah dengan mengupas kulit wortel dan mencucinya sampai bersih dengan air mengalir.

Kemudian, Anda bisa mengolah wortel yang sudah bersih dengan cara direbus sebentar, atau ditumis dengan minyak zaitun.

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sebenarnya kaya akan manfaat untuk kesehatan. Namun, Anda tetap harus membatasi porsi saat mengonsumsinya agar tidak mengalami efek samping yang merugikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *