Mata Sayu Memiliki Kelebihan Dan Keunikan Tersendiri

Mata sayu adalah kelopak mata yang terkulai di satu atau kedua mata. Penyebab mata melorot antara lain kelainan sejak lahir, penuaan hingga gangguan otot. Pernahkah Anda melihat seseorang yang matanya terlihat mengantuk atau kurang tidur? Biasanya, kondisi ini disebut dengan mata droopy. Namun dalam istilah medis, kondisi ini disebut sebagai ptosis atau blepharoptosis.

Mata yang terlihat sayu sebenarnya tidak berbahaya, selama kelopak mata yang sayu tidak sampai pada tahap menutupi hampir seluruh bola mata. Kondisi ini bisa muncul pada satu mata, atau keduanya.

Selain itu, kondisi mata yang sayu belum tentu juga kondisi bawaan dari lahir. Sebab, dalam beberapa kasus, mata yang sayu baru terbentuk saat dewasa.

Penyebab Mata Sayu

Penyebab Mata Sayu

Keenam kondisi ini bisa menyebabkan mata anda menjadi sayu, mulai dari cacat lahir hingga gangguan otot.

1. Cacat Lahir

Bayi yang lahir dengan mata sayu yang memiliki kelainan pada perkembangan otot – otot yang mengangkat kelopak mata bagian atas. Sebagian besar kondisi yang seperti ini terjadi hanya pada satu mata.

Jika kelopak mata yang terkulai turun untuk menutupi pandangan bayi, maka diperlukan tindakan operasi untuk mengatasinya. Pembedahan juga penting untuk dapat mencegah bayi kehilangan kemampuan untuk melihat di masa depan.

2. Gangguan Saraf

Kelopak mata kita bisa bergerak karena adanya otot. Sedangkan otot diatur oleh saraf. Jika sarafnya rusak, kelopak mata akan menjadi lebih “jatuh” dan sulit untuk kembali ke posisi semula dengan sendirinya.

3. Proses Penuaan

Penuaan adalah penyebab paling umum yang bisa membuat mata terlihat murung pada orang dewasa. Efek jangka panjang dari gravitasi dan penuaan membuat otot – otot yang bertanggung jawab untuk mengangkat kelopak mata mengendur.

4. Penyakit Mata

Dalam beberapa kasus, mata turun juga bisa terjadi karena kerusakan akibat infeksi, tumor, atau benturan yang terjadi pada mata. Selain itu, kerusakan mata juga bisa terjadi karena kebiasaan mengucek mata terlalu keras, penggunaan lensa kontak yang kaku, dan akibat operasi mata.

5. Penyakit Miastenia Gravis

Mata sayu bisa menjadi salah satu gejala awal miastenia gravis. Penyakit ini jarang terjadi dan dapat menyebabkan otot – otot di sekitar mata menjadi terlalu lemah untuk menahan kelopak mata.

Baca juga :   Cara Membedakan Bercak Putih di Mata Akibat Ulkus Kornea dan Katarak

Tak hanya pada mata, penyakit ini juga bisa menyerang otot lain di tubuh, seperti di tangan, kaki, dan wajah.

6. Gangguan Otot

Salah satu gangguan otot yang dapat menyebabkan mata turun adalah distopia otot okulofaringeal. Penyakit yang seperti ini, dapat mempengaruhi cara mata untuk bergerak dan membuat penderitanya sulit menelan makanan.

Jenis gangguan otot lain yang dapat menyebabkan mata turun adalah oftalmoplegia eksternal progresif. Kondisi ini dapat menyebabkan mata terkulai, gangguan gerakan mata, dan gejala lain yang melibatkan tenggorokan dan bahkan otot jantung.

Pengobatan Untuk Mata Sayu

Pengobatan untuk mata yang sayu, bisa bermacam – macam, tergantung dari tingkat keparahannya. Bahkan, ada kemungkinan kondisi ini tidak memerlukan pengobatan. Sebab, mata yang seperti ini jarang menimbulkan keluhan atau gangguan kesehatan lainnya. Namun bila diperlukan, berikut ini ada beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan:

1. Operasi

Dalam beberapa kasus, orang yang memiliki mata yang terlalu murung memerlukan pembedahan untuk mengobatinya. Dokter akan melakukan operasi untuk mengencangkan otot – otot di sekitar mata, sehingga kelopak mata bisa terlihat lebih terangkat.

Prosedur pembedahan ini umumnya dianggap aman untuk dilakukan. Meski begitu, risiko komplikasi tetap ada.

2. Pengobatan Sesuai Dengan Penyebab Penyakit

Jika mata anda turun yang disebabkan oleh riwayat penyakit tertentu, Maka dokter biasanya akan memilih untuk mengobati kondisi yang mendasarinya.

3. Penggunaan Kacamata Khusus Untuk Mata Yang Sayu

Kacamata yang dibuat khusus untuk dapat mengobati mata yang sayu, kacamata yang memiliki pegangan yang dapat menahan kelopak mata anda agar tidak jatuh. Perawatan ini biasanya dipilih ketika glasir yang muncul hanya bersifat sementara, atau pasien tidak dapat dioperasi karena alasan tertentu.

Baca juga : Cara Agar Mata Tidak Sayu Tampil Bersemangat Dan Menarik

Apakah Mata Sayu Dapat Dicegah?

Sayangnya, mata sayu tidak bisa dicegah. Jadi, Anda perlu mengenali gejalanya sejak dini dan segera memeriksakannya ke dokter mata, agar dapat mencegah keparahannya.

Baca juga :   Cara Memilih Hosting Untuk Blog Kesehatan Mata

Mata yang sayu tidak bisa dianggap enteng, karena lama kelamaan akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk dapat melihat. Semakin lama Anda menunda pengobatan, semakin besar risiko untuk berkembang lebih parah.

Kelebihan Mata Sayu Wanita

Mata wanita adalah bahasa universal yang bisa dilihat oleh setiap pria. Hasrat wanita bisa diketahui hanya dengan menatap matanya. Sayangnya kebanyakan pria tidak bisa membaca mata wanita yang dicintainya dengan baik.

Setiap wanita memiliki keunikan tersendiri pada bentuk matanya. Salah satunya adalah mata yang sayu. Kelebihan wanita bermata sayu antara lain sebagai berikut.

Kelebihan Mata Sayu Wanita

1. Memiliki Pikiran Terbuka.

Wanita dengan mata yang sayu dianggap memiliki hati yang dingin. Namun kebanyakan dari mereka berpikiran terbuka, sehingga mereka kolot dan mampu menerima perubahan zaman dengan baik. Ketika diajak ngobrol, mereka akan menjadi teman yang menyenangkan karena ilmu dan wawasannya yang luas.

Wawasan dan pengetahuannya yang luas dapat membuatnya peka terhadap lingkungan dan tahu bagaimana memahami perasaan pria yang menjadi pasangannya. Tentang pria yang perlu diketahui wanita adalah kebanyakan pria suka saat wanita terhubung untuk mengobrol dan bersantai. Sehingga mampu memberikan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi oleh seorang pria.

2. Berperforma Baik Saat Berhubungan Seks Dengan Suami Istri

Istri yang memiliki mata sayu dinilai memiliki performa yang baik di ranjang. Mereka dianggap memiliki semangat yang baik dan pelayanan yang baik pula. Terkenal dengan hasratnya yang menggebu – gebu.

Ini adalah salah satu daya tarik wanita dengan matanya yang sayu. Menjadi wanita yang selalu dirindukan di rumah adalah rahasia menaklukkan pria oleh wanita yang memiliki mata seperti ini. Bahkan, ini juga merupakan cara untuk menaklukkan orang – orang bodoh.

3. Kepribadian Yang Lembut Dan Cinta Damai

Sosok wanita lembut umumnya disematkan pada wanita dengan mata yang sayu. mereka memprioritaskan perdamaian. Terlepas dari sifat sensitif mereka, mereka juga akan menunjukkan kasih sayang mereka kepada orang lain secara terbuka. Kepribadian yang lembut dan cinta damai adalah kualitas wanita ideal pria.

Baca juga :   Cara Menumbuhkan Bulu Mata Yang Botak Menjadi Lebih Tebal

4. Wanita Tangguh

Wanita dengan mata sayu memiliki pertahanan yang kuat terhadap kesedihan yang mereka alami. Dia tidak ingin dirinya terlihat lemah di depan orang lain. Dia tahu bagaimana menjadi wanita hebat dalam kehidupan yang dia jalani. Sifatnya yang keras dalam menjalani hidupnya adalah cara untuk menjadi wanita dewasa dan mandiri menurut versinya.

5. Memiliki Kemauan Dan Fokus Yang Kuat

Wanita dengan mata sayu cenderung memiliki kemauan dan fokus yang sangat kuat. Selain itu, wanita yang memiliki mata seperti ini bukanlah orang yang suka untuk diganggu karena pada dasarnya wanita mata sayu mudah depresi.

Wawasan dan pengetahuan yang luas tentang segala hal merupakan salah satu ciri wanita yang memiliki mata yang murung. Kemauan yang kuat dan fokus adalah cara untuk mendekati pria impian Anda untuk mendapatkannya.

6. Selalu Bersyukur Dalam Setiap Keadaan

Memiliki mata yang murung menurutnya bukanlah suatu kekurangan. Matanya yang sayu adalah kelebihan yang dimilikinya. Dia selalu bersyukur dengan keadaannya.

Matanya yang sayu membuatnya berbeda dan menarik dibandingkan dengan wanita lain. Oleh karena itu, ia selalu mensyukuri apa yang ada pada dirinya. Karena dia tahu bagaimana menjadi wanita yang anggun dan bermartabat dan bagaimana menjadi wanita yang paling bahagia.

Memiliki bentuk mata apapun tetap membuat seorang wanita cantik. Apapun itu, tetap bersyukur atas anugerah mata sempurna yang kita miliki. Karena masih banyak orang yang tidak bisa melihat meski memiliki mata yang indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *