Cara Menggobati Gangguan Pencernaan Tanpa Perlu Keluar Biaya Besar

Bagaimana cara menggobati gangguan pencernaan? mari kita bahas penyebab dan cara menggobatinya. Dari gas yang memalukan hingga mulas yang tidak nyaman, setiap orang memiliki masalah pencernaan dari waktu ke waktu. Berita baiknya adalah ada beberapa solusi sederhana untuk banyak masalah Anda.

Pelajari tentang apa yang menyebabkan ketidaknyamanan Anda, bagaimana mencegah dan mengelola masalah pencernaan, pertanyaan apa yang harus ditanyakan kepada apoteker Anda, dan kapan harus pergi ke dokter.

Bagaimana cara kerja sistem pencernaan?

Ini mungkin tampak seperti pencernaan hanya terjadi di perut Anda, tetapi itu adalah proses panjang yang melibatkan banyak organ. Bersama-sama mereka membentuk saluran pencernaan.

Pencernaan dimulai di mulut Anda, di mana air liur mulai memecah makanan ketika Anda mengunyah. Saat Anda menelan, makanan yang dikunyah bergerak ke kerongkongan Anda, sebuah tabung yang menghubungkan tenggorokan Anda dengan perut Anda. Otot-otot di kerongkongan mendorong makanan ke katup di bagian bawah kerongkongan Anda, yang terbuka untuk membiarkan makanan masuk ke perut.

Perut Anda memecah makanan dengan menggunakan asam lambung. Kemudian makanan bergerak ke usus kecil. Di sana, cairan pencernaan dari beberapa organ, seperti pankreas dan kantong empedu, lebih banyak mengurai makanan, dan nutrisi diserap. Apa yang tersisa melewati usus besar Anda. Usus besar menyerap air. Limbah kemudian bergerak keluar dari tubuh Anda melalui dubur dan anus. Masalah pencernaan dapat terjadi di mana saja di sepanjang jalan.

Apa saja gejala dan tanda gangguan pencernaan?

Gangguan pencernaan, juga disebut sebagai dispepsia, dapat memiliki banyak penyebab. Penyebab paling umum adalah refluks, ulkus peptikum, kanker, atau kelainan pankreas atau ulkus batu empedu. Beberapa tanda umum dan gejala gangguan pencernaan seperti:

  • Merasa kenyang di tengah makan. Anda mungkin merasa kenyang selama makan dan tidak bisa menyelesaikan makanan Anda.
  • Perasaan kenyang tidak nyaman setelah makan. Ini adalah perasaan kenyang untuk jangka waktu yang panjang.
  • Rasa sakit panas di daerah perut bagian atas. Anda mungkin merasakan sensasi seperti terbakar di atas pusar dan di bawah tulang dada.
  • Ketidaknyamanan di daerah perut bagian atas. Anda mungkin merasakan sakit ringan sampai sakit parah di atas pusar dan di bawah tulang dada.
Baca juga :   Tips Mengatasi Perut Buncit yang Mengganggu Penampilan

Anda juga mungkin merasakan beberapa gejala seperti kembung, mual dan muntah. Gejala tersebut berhubungan dengan sakit maag, yang merupakan kondisi yang berbeda. Bila Anda mempunyai sakit maag, nyeri biasanya dirasakan di dada dan kadang-kadang akan menyebar ke punggung atau leher. Anda juga bisa mempunyai  gangguan pencernaan dan mulas saat mengalami maag. Orang-orang dengan sindrom iritasi usus, pankreatitis (radang pankreas) atau penyakit tiroid juga cenderung memiliki gangguan pencernaan.

Baca juga : Pengertian Kesehatan Menurut Who dan Beberapa Ahli

Gas & Kembung

Kembung dan buang gas bisa menjadi tidak nyaman dan memalukan. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Apa itu gas?

Gas adalah bagian normal dari pencernaan yang sehat. Udara yang ada di saluran pencernaan Anda dilepaskan melalui mulut Anda sebagai sendawa atau melalui anus Anda sebagai gas. Anda biasanya melewatkan gas 13 hingga 21 kali sehari.

Apa yang menyebabkan gas?

Gas tercipta ketika Anda menelan udara, seperti saat Anda makan dan minum. Tapi itu juga merupakan produk sampingan dari pemecahan makanan. Beberapa makanan menyebabkan lebih banyak gas daripada yang lain. Anda juga mungkin lebih sensitif terhadap makanan tertentu dan mungkin memiliki lebih banyak gas saat Anda memakannya.

Baca juga :   Ibu Harus Tahu, Begini Cara Memperlancar ASI Secara Alami

Mengambil beberapa obat juga dapat menyebabkan gas.

Ini dia makanan yang menyebabkan gas?

Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda merasa gas setelah makan makanan tertentu. Kurangi penyebab umum:

  • Apel
  • Asparagus
  • kacang polong
  • Brokoli
  • kubis Brussel
  • Kubis
  • Kol bunga
  • Susu dan produk susu
  • Jamur
  • Bawang
  • Persik
  • Buah pir
  • Prune
  • Gandum

Cara Menggobati Gangguan Pencernaan

Membuat teh jahe

Jahe merupakan obat alami yang paling umum untuk penyakit perut, mual, dan gangguan pencernaan. Minum jahe bisa membantu pencernaan dan merangsang produksi air liur. Penelitian telah memberitahukan bahwa jahe bisa mengurangi pembengkakan, menurunkan kolesterol dan gula darah. Meskipun beberapa ahli menyarankan bahwa jahe bisa menyebabkan keguguran pada wanita hamil.

Mengunyah permen karet

Dengan mengkonsumsi permen karet dapat mempproduksi air liur lebih banyak. sebagian permen karet mempunyai kandungan xylitol yang dapat membantu mencegah gigi berlubang. permen karet memiliki rasa mint permen karet dapat mengurangi bau napas.  Mengunyah permen karet setelah Anda makan adalah ide yang baik. Jika Anda menelan permen karet, jangan khawatir. walaupun benar bahwa perut Anda tidak bisa mencerna permen karet, permen karet hanya akan cenderung bergerak bersama sistem pencernaan Anda dan keluar dari tubuh Anda. tapi masih mungkin bahwa permen karet dapat menyebabkan penyumbatan di perut Anda jika Anda menelan permen karet dalam jumlah yang besar.

Baca juga :   Lidah Sakit Seperti Sariawan? Atasi dengan Cara Gampang Ini

Minum jus lidah buaya

Aloe merupakan anti-inflamasi yang dapat membuat kulit mulus serta perut Anda lebih baik. Jus lidah buaya dapat membantu meredakan mulas dan GERD dengan mengurangi peradangan di perut Anda. Ada beberapa efek samping lidah buaya. Dianjurkan buat orang dengan sakit perut yang mendadak dan berat, radang usus buntu, obstruksi usus, impaksi tinja, penyakit ginjal, penyakit hati, atau pada orang yang memakai zat beracun untuk hati agar menghindari lidah. agar aman, Anda harus bertanya kepada dokter atau herbalis sebelum minum jus lidah buaya.

Gunakan baking soda

Selain untuk membuat kue ternyata baking soda bisa meredakan rasa nyeri dalam pencernaan. Baking soda sangat membantu buat menyeimbangkan asam lambung jika Anda memiliki maag atau refluks asam. Baking soda merupakan berbentuk bubuk alkana yang dapat membantu refluks Anda dan sehingga meredakan mulas karena merupakan zat bersifat basa. Seperti biasa, Anda sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan sesuatu. jangan berlebihan mengkonsumsi baking soda karna tidak aman dalam dosis tinggi dan tidak boleh digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *