Pengertian Kesehatan Menurut Who dan Beberapa Ahli

Istilah kesehatan tentu bukan kata baru dalam istilah harian warga, terutama pentingnya atau pentingnya frasa yang diambil dari kata sehat ini. Kesehatan adalah impian siapa pun untuk terhindar dari berbagai penyakit sehingga kegiatan sehari-hari berjalan lancar tanpa ada gangguan. Oleh sebab itu, dalam postingan ini kami akan mengulas beberapa pengertian kesehatan menurut Who dan beberapa Ahli.

Tetapi hal yang masih disayangkan adalah bahwa masyarakat umum tidak peduli dengan kesehatan mereka sendiri sampai mereka benar-benar sakit dengan kata lain orang cenderung sehat ketika mereka berada dalam posisi sakit ketika mereka dalam kondisi sehat atau bugar.

Kesehatan di sini tentu tidak hanya mengarah pada kebugaran fisik tubuh seseorang tetapi juga berkaitan dengan kesehatan mental. Berikut ini akan menjelaskan arti ilmiah kesehatan oleh para pakar terkemuka, lembaga kesehatan dunia atau WHO, kepada Kementerian Kesehatan Indonesia atau Kementerian Kesehatan.

Baca juga : Memahi, mengetahui, dan mengatasi sakit nyeri punggung

Pengertian Kesehatan Menurut Who

Pengertian Kesehatan menurut wikipedia adalah keadaan kesejahteraan dari tubuh, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup secara produktif secara sosial dan ekonomi.

Baca juga :   Fungsi Otot Siliaris Pada Mata Kita Untuk Mengontrol Penyesuaian Mata

Sedangkan pengertian Kesehatan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 1948 menyatakan bahwa pengertian kesehatan adalah sebagai “keadaan fisik, mental, dan kesejahteraan sosial dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan”

Pada tahun 1986, WHO, dalam Piagam Ottawa untuk Promosi Kesehatan, mengatakan bahwa gagasan kesehatan adalah “sumber daya untuk kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup. Kesehatan adalah konsep positif yang menekankan sumber daya sosial dan pribadi, serta kemampuan fisik.

Pengertian kesehatan menurut para ahli

Berikut ini kami juga menampilkan bebera pengertian kesehatan menurut para ahli

1. Paune

Seorang pakar di dunia medis, menjelaskan bahwa kesehatan adalah normalitas dalam fungsi organ dalam menjalankan fungsinya tanpa gangguan rasa sakit atau kegagalan fungsi dalam menjalankan aktivitas.

2. Perkins

Sebelum Paune memberikan pendapatnya tentang kesehatan, Perkins, seorang ahli medis, mengungkapkan pada tahun 1938 bahwa kesehatan adalah keseimbangan dinamis antara fungsi dan bentuk tubuh dalam kaitannya dengan lingkungan yang mempengaruhi kedua elemen ini.

Baca juga :   Pengertian Kesehatan Mata Secara Lengkap Mudah di Mengerti

3. White

Dalam mendefinisikan kesehatan, White, seorang dokter, memiliki cara untuk mengartikan kesehatan secara sederhana. Menurut White, kesehatan adalah kondisi normal pada seseorang yang tidak memiliki keluhan atau tidak adanya gejala penyakit yang diidentifikasi secara medis selama proses pemeriksaan.

4. Neuman

Berbeda dengan pendapat Paune, Perkins, dan White, Neuman mendefinisikan kesehatan sebagai bentuk keseimbangan antara fisik, psikologis, sosial, spiritual, budaya dan biopsisko pada tubuh seseorang di mana dapat disimpulkan bahwa Neuman juga mengarah pada makna menjadi sehat secara mental.

5. Chr Grundmann

Kesehatan adalah semua kemampuan dalam menghadapi tantangan hidup yang berbeda untuk mendukung kehidupan.

6. J. Moltmann

Kesehatan bukanlah penyakit atau cacat, tetapi kesehatan adalah kekuatan untuk mempertahankan diri dari penyakit dan cacat ini.

7. Piagam Ottawa

Kesehatan adalah sumber daya untuk kehidupan sehari-hari, bukan tujuan hidup. Kesehatan adalah konsep positif yang menekankan kemampuan pribadi, sosial dan fisik.

Baca juga :   Fungsi Otot Mata Serta Bagian Dan Cara Kerjanya

Pengertian Kesehatan Menurut Depkes

Kementerian Kesehatan tentu memiliki definisi sendiri untuk orang Indonesia agar dapat lebih memahami dan menjaga kesehatan mereka sendiri. Kementerian Kesehatan adalah lembaga di bawah pengawasan langsung Kementerian Kesehatan karena pemahamannya tentang kesehatan didefinisikan langsung oleh Kementerian Kesehatan, sedangkan Kementerian Kesehatan hanya perlu menyebarluaskannya.

Definisi kesehatan menurut Departemen Kesehatan yang tertulis dalam UU No. 23 tahun 1992 adalah kondisi normal dan sejahtera dari tubuh, sosial dan jiwa seseorang untuk dapat melakukan kegiatan tanpa gangguan yang berarti di mana ada kesinambungan antara fisik seseorang, kesehatan mental dan sosial termasuk berinteraksi dengan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *