Penyebab Sakit Punggung Pada Wanita Yang Perlu Anda Ketahui

Ketika datang ke rasa sakit kronis, pria dan wanita tidak diciptakan sama. Wanita terlalu terwakili dalam jajaran mereka yang berurusan dengan penyebab sakit punggung. Jutaan manusia mengalami sakit punggung apalagi pada wanita sering mengalami sakit punggung yang berkelanjutan .Ini  disebabkan oleh kecacatan pada orang di bawah umur 45, dan banyak hal dapat menyebabkannya.

Inilah penyebab sakit punggung pada wanita

1. Coccydynia (nyeri tulang ekor) membuat duduk terasa sakit

Penyebab nyeri kronis yang relatif tidak umum pada wanita adalah coccydynia, atau nyeri tulang ekor. Rasa sakit Anda bisa datang secara bertahap atau tiba-tiba setelah dampak ke daerah di ujung tulang belakang Anda. Tulang ekor sering terasa sakit saat disentuh, jadi duduk, menunggang kuda, atau apa pun yang membuat area terasa sakit. Konstipasi menambah rasa sakit, tetapi rasa sakit berkurang setelah buang air besar.

Gejala Coccydynia

Wanita 5 kali lebih mungkin mengembangkan coccydynia daripada pria. Cedera terkait kehamilan dan posisi tulang ekor yang kurang terlindungi pada wanita dianggap sebagai alasan utama perbedaan tersebut

Saat melahirkan, tekanan kepala bayi terhadap tulang ekor bisa melukai daerah tersebut. Satu studi penelitian wanita dengan coccydynia menemukan hubungan antara kondisi dan kelahiran yang digambarkan sulit

Penyebab Nyeri Tulang Ekor

Sementara coccydynia paling sering disebabkan oleh persalinan atau jatuh ke belakang, dokter tidak selalu dapat menentukan penyebabnya. Tulang ekor tidak cukup fleksibel untuk ditekuk dengan tekanan, mengakibatkan cedera pada tulang ekor, ligamen di dekatnya, atau keduanya.

Baca juga :   Bahaya Depresi Pada Kesehatan Waspadai Dampaknya dari Sekarang

Diagnosis Coccydynia (Nyeri Tulang Ekor)

Coccydynia mempengaruhi wanita dari segala usia, tetapi usia 40 adalah usia rata-rata onset. Biasanya hilang dalam beberapa minggu atau bulan, tetapi dapat menjadi kronis dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari, mencegah Anda mengemudi atau membungkuk tanpa rasa sakit. Jarang, coccydynia mungkin disebabkan oleh tumor atau infeksi.

2. Fraktur kompresi terkait dengan osteoporosis

Tulang di tulang belakang patah akibat osteoporosis, atau penipisan tulang, itu disebut fraktur kompresi. Fraktur biasanya terjadi di bagian depan tulang belakang, di mana bagian depan tulang ambruk. Bagian belakang tulang biasanya tidak terpengaruh.

Patah tulang biasanya mengikuti semacam gerakan yang mempengaruhi tulang belakang — dari bersin sampai jatuh. Fraktur kompresi kemungkinan besar terjadi di bagian bawah punggung atas dan dapat menyebabkan nyeri punggung yang tiba-tiba dan parah, tetapi beberapa orang tidak merasakan sakit apa pun. Fraktur kompresi juga dapat menyebabkan punuk bulat di punggung dan kehilangan tinggi.

Gejala Fraktur Vertebra

Wanita hampir dua kali lebih mungkin mengalami fraktur kompresi daripada pria. Ini karena fraktur kompresi disebabkan oleh osteoporosis, dan wanita jauh lebih mungkin terkena osteoporosis.

Baca juga :   Penting Diketahui, Begini Cara Menjaga Kesehatan Organ Hati

Baca juga : Lidah Sakit Seperti Sariawan? Atasi dengan Cara Gampang Ini

Mengapa Wanita Beresiko Lebih Besar untuk Mengembangkan Osteoporosis?

Jika Anda seorang wanita yang berusia lebih dari 45 tahun dan mengalami sakit punggung yang tiba-tiba — terutama jika Anda berisiko terkena osteoporosis — sebaiknya segera ke dokter. Faktor risiko untuk osteoporosis termasuk memiliki riwayat patah tulang atau osteoporosis pribadi atau keluarga dan memiliki kerangka tubuh yang kecil.

Mendiagnosis Fraktur Kompresi Vertebral

Bahkan jika Anda tidak kesakitan, yang terbaik adalah menemui dokter sesegera mungkin setelah fraktur kompresi tulang belakang karena cedera dapat membatasi mobilitas.

Pengobatan untuk tulang osteoporosis

Perawatan untuk patah tulang belakang biasanya akan mencakup perawatan non-bedah, seperti istirahat, obat penghilang rasa sakit, penggunaan panas atau es untuk nyeri lokal, dan lambatnya kembali ke mobilitas. Pembedahan mungkin juga disarankan. Dua jenis operasi yang paling umum untuk jenis fraktur ini adalah vertebroplasti dan kyphoplasty. Kedua jenis operasi dapat membantu menyembuhkan patah tulang.

3. Spondylolisthesis degeneratif menyebabkan nyeri punggung dan kaki

Spondylolisthesis mendapatkan nama yang tidak biasa dari kata Latin untuk “slipped vertebral body.” Ketika salah satu vertebra lumbar Anda (punggung bagian bawah) bergerak maju di atas yang di bawahnya, Anda memiliki kondisi yang disebut spondylolisthesis degeneratif. Gerakan vertebra dapat mengiritasi dekat akar saraf tulang belakang, menyebabkan rasa sakit di punggung dan kaki bagian bawah.

Baca juga :   Bahaya Obesitas Pada Kesehatan Sangat Banyak, Ini Yang Paling Fatal

Gejala kadang-kadang termasuk sakit atau lemah pada kaki dengan berjalan kaki atau berdiri. Duduk sering meredakan rasa sakit. Nyeri spondylolisthesis dapat menjadi cukup parah untuk membatasi aktivitas harian Anda.

Gejala Spondylolisthesis Degeneratif

Kondisi ini jauh lebih umum pada wanita daripada pria, dengan wanita diwakili oleh rasio 3 banding 1. Faktor-faktor hormonal, perbedaan dalam struktur panggul, dan kepadatan tulang yang lebih rendah pada wanita adalah beberapa alasan potensial untuk ketidakseimbangan gender. Osteoartritis juga sering berperan dalam kondisi tersebut, dan lebih banyak wanita dibandingkan pria yang menderita osteoartritis

Spondylolisthesis degeneratif kemungkinan besar akan berkembang ketika Anda berusia 50 atau lebih. Kelemahan sendi dan ligamen yang berkaitan dengan usia membuat tulang belakang Anda lebih sulit untuk tetap selaras, sehingga mengarah ke kondisi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *