Ibu Harus Tahu, Begini Cara Memperlancar ASI Secara Alami

Bagaimana cara memperlancar ASI, merupakan salah satu hal yang sering kali ditanyakan oleh ibu muda menyusui. Banyak yang masih bingung lantaran menyusui adalah pengalaman pertama bagi mereka. Meski demikian, ibu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat ASI keluar secara lancar.

Berikut ini adalah tips memperlancar ASI secara alami yang bisa ibu coba terapkan!

1. Dengan memompa ASI

Cara memperlancar ASI secara alami yang pertama adalah dengan cara memompanya. Langkah yang satu ini merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh para ibu menyusui.

Penggunaan pompa ASI bisa dilakukan setiap kali ibu selesai memberi ASI pada si kecil. Adapun tujuan dari pemompaan ini adalah untuk memberikan rangsangan serta simulasi bagi payudara.

Kurangnya produksi ASI sendiri bisa disebabkan, oleh salah satunya adalah kesalahan posisi dalam memberikan ASI. Jika memang demikian maka tidak ada salahnya untuk mencari posisi yang benar.

2. Susui bayi ibu 2 atau 3 jam sekali

Tips yang selanjutnya adalah dengan menyusui buah hati setiap 2 atau 3 jam sekali. Apalagi jika bayi baru saja lahir, maka ia butuh disusui secara rutin. Produksi ASI sendiri biasanya akan menyesuaikan dengan kebutuhan si bayi. Jika proses menyusui tidak dilakukan secara rutin, hal ini bisa berakibat pada produksi ASI yang berkurang.

Baca juga :   Tips Mengatasi Perut Buncit yang Mengganggu Penampilan

3. Bersihkan puting juga lakukan pijatan

Cara memperlancar ASI yang selanjutnya adalah dengan membersihkan puting serta lakukan pijatan. Langkah yang satu ini dilakukan supaya air susu bisa keluar dengan lancar serta tidak mengalami penyumbatan.

Ibu bisa menggunakan baby oil sebelum mandi untuk membuat puting selalu bersih. Lakukan langkah ini sembari memilin-milin bagian puting terutama di bagian lipatan ujungnya. Adapun tips yang satu ini bisa dilakukan selama beberapa hari sekali.

Baca juga : Tips Mengatasi Perut Buncit yang Mengganggu Penampilan

4. Kompres payudara menggunakan handuk

Saat memberi ASI pada si kecil, maka payudara bisa saja menjadi lebih keras. Jika sudah demikian, maka bayi tidak bisa menghisap puting ibu dengan baik. Pada akhirnya, ASI akan menjadi lebih susah untuk keluar. Dalam hal ini, ibu bisa mengakalinya dengan cara mengompres payudara menggunakan handuk.

Baca juga :   Ciri Infeksi Saluran Pencernaan Yang Sangat Umum Terjadi

Langkah pengompresan bisa dilakukan dalam hitungan menit saja. Untuk selanjutnya, payudara ibu akan melunak sehingga ASI bisa kembali lancar.

5. Konsumsi makanan yang bagus untuk ASI

Ada beberapa makanan yang bagus untuk memperlancar ASI secara alami. Beberapa makanan yang dimaksud adalah produk alam sehat yang berupa sayuran juga buah-buahan.

Salah satunya adalah daun katuk. Jenis sayur yang satu ini memiliki banyak kandungan sehat berupa zat besi, kalium, protein, fosfos serta vitamin C. Daun yang satu ini juga mengandung asam seskuiterna yang bagus dalam membuat ASI kembali lancar.

Selain daun katuk, ibu juga bisa memperbanyak konsumsi bayam. Bayam merupakan sayur hijau yang memiliki banyak kandungan sehat mulai dari magnesium, kalisum, fosfor serta vitamin B6. Adapun vitamin B6 dalam sayur bayam bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si buah hati. Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik maka si kecil akan jauh dari penyakit.

Baca juga :   Cara Menggobati Gangguan Pencernaan Tanpa Perlu Keluar Biaya Besar

Ada beberapa cara memperlancar ASI secara alami yang bisa dilakukan oleh ibu menyusui. Selain cara di atas, ibu juga bisa merangsang produksi ASI dengan secara rajin memberi ASIpada si kecil. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan secara bergantian kedua payudara ibu. Hal ini dilakukan agar kedua payudara bisa lancar memberikan ASI tanpa hambatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *