Merawat Rambut Agar Lebat Hingga Ke Akar

Setiap wanita ingin memiliki rambut tebal. Bagi sebagian orang, memiliki rambut tipis bisa mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu, ketika Anda ingin menebalkan rambut tipis, Anda perlu mencari tahu dulu apa penyebabnya. Selanjutnya, Anda bisa melakukan pengobatan berdasarkan faktor penyebabnya. Namun, apapun faktor penyebabnya, secara umum Anda bisa merawat rambut agar lebat secara alami. Jika Anda memang ingin membuat rambut tipis terlihat tebal secara alami. Yuk simak cara menebalkan rambut secara alami berikut ini:

1. Cek Kesehatan Rambut Untuk Mengetahui Penyebab Penipisan

Cek Kesehatan Rambut Untuk Mengetahui Penyebab Penipisan

Sebelum Anda merawat rambut agar lebih lebat, pastikan Anda memeriksakan kesehatan rambut Anda. rambut untuk mengetahui penyebab penipisan rambut, pergilah ke dokter. Hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa melakukan pengobatan yang tepat.

Masalah penipisan rambut yang disebabkan oleh faktor genetik atau hormonal, tentunya memerlukan cara penanganan yang berbeda dengan kondisi penipisan rambut akibat stres atau salah penggunaan produk.

2. Gunakan Masker Rambut

Disarankan untuk menggunakan masker rambut alami minimal 2-3 hari sekali. Sebab, masker rambut bisa membantu memperbaiki rambut rusak dan membuatnya lebih bervolume. Anda bisa untuk menggunakan masker rambut yang terbuat dari minyak kelapa dan juga minyak zaitun.

Oleskan masker secara merata pada rambut, lalu pijat dengan lembut selama beberapa saat agar masker dapat terserap sempurna ke kulit kepala. Tutup sebentar dengan shower cap selama minimal 15 menit, lalu cuci rambut dengan sampo sampai tidak ada masker yang tersisa.

3. Oleskan Minyak Kemiri Pada Kulit Kepala

Oleskan Minyak Kemiri Pada Kulit Kepala

Minyak kemiri dikenal sebagai bahan alami yang efektif dalam menumbuhkan rambut. Minyak kemiri memang memiliki beberapa manfaat baik untuk rambut maupun kulit kepala, di antaranya mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe yang berlebihan, mengurangi kerontokan rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Kandungan asam linoleat yang ada pada minyak kemiri memiliki manfaat yang baik untuk dapat merangsang pertumbuhan rambut dari akarnya. Tidak hanya dapat menebalkan rambut, penggunaan minyak kemiri secara teratur juga akan membuat rambut Anda hitam, berkilau, dan dapat mengurangi risiko uban di usia muda.

4. Menggunakan Essence Penumbuh Rambut Secara Rutin

Memberikan penumbuh rambut secara rutin Essence di kepala adalah cara lain untuk menebalkan rambut yang bisa dilakukan. Essence akan membantu proses pertumbuhan rambut dari folikel, sehingga rambut tumbuh kembali dan menjadi lebih tebal dari sebelumnya. Namun, Anda disarankan untuk segera menghentikan penggunaannya dan segera berkonsultasi ke dokter jika mengalami iritasi.

Baca juga :   Efek Samping Keriting Bulu Mata Yang Dapat Merugikan Mata

5. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Alat Penata Rambut.

Yuk, mulai kurangi penggunaan alat penata rambut bersuhu tinggi seperti pelurus atau pengering rambut. Hal ini penting agar rambut Anda tidak mudah kering dan rusak. Namun, jika pada saat-saat tertentu Anda terpaksa menggunakan alat styling, pastikan terlebih dahulu memberikan perlindungan lebih pada rambut Anda, misalnya hair spray.

6. Lindungi Rambut Dan Kulit Kepala

Saat berada di luar ruangan, usahakan untuk selalu menutupi rambut dan kulit kepala dari sinar matahari langsung. Anda bisa menggunakan topi atau hijab untuk mengakalinya.

Paparan sinar matahari langsung akan menyebabkan rambut lebih mudah rusak, bercabang, dan mudah patah. Selain itu, kulit kepala akan menjadi lebih kering sehingga rambut lebih mudah rontok dan juga dapat menyebabkan masalah penipisan pada rambut.

7. Asupan Nutrisi Tubuh Lengkap

Asupan Nutrisi Tubuh Lengkap

Dalam hal ini, Anda harus selalu memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh. Asupan nutrisi seperti protein dan vitamin bisa didapatkan dari sayur, buah, hingga daging. Penuhi juga kebutuhan air agar kondisi tubuh selalu fit dan semua hormon bisa bekerja dengan baik.

Hal ini karena kekurangan protein amino seperti zinc dapat menyebabkan rambut lebih mudah rontok dan mengalami penipisan. Begitu juga jika Anda kekurangan air, rambut Anda tidak akan terhidrasi dan menyebabkannya kering dan mudah rontok.

Cara Membuat Rambut Tebal Dengan Minyak Zaitun

Baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, minyak zaitun biasa digunakan untuk menjaga kelembapan. Memiliki manfaat nutrisi, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk dioleskan ke rambut. Pernahkah kamu mencoba? Berikut 10 manfaat minyak zaitun untuk rambut.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut

Ya, tidak hanya baik untuk melembabkan kulit agar lebih lembut dan kenyal, minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Cara mengaplikasikannya pun tidak sulit. Anda bisa menggunakannya sebagai masker rambut. Namun, pastikan minyak zaitun yang Anda gunakan asli dan berkualitas baik untuk hasil yang maksimal. Nah, yuk simak 10 manfaat minyak zaitun untuk rambut berikut ini.

Baca juga : Perawatan Rambut Yang Dicat Dan Cegah Rambut Bercabang

1. Khasiat Minyak Zaitun Ampuh Untuk Menebalkan Rambut

Setiap orang memiliki jenis dan masalah rambut yang berbeda – beda, salah satunya ketika Anda memiliki jenis rambut yang tergolong tipis. Selain minyak kemiri, Anda juga bisa mencoba mengoleskan minyak zaitun.

Hal ini karena manfaat minyak zaitun untuk rambut mampu menutrisi dan merangsang pertumbuhan sehingga membuat rambut lebih tebal. Minyak zaitun mengandung vitamin E, asam lemak, dan zat besi yang bermanfaat untuk rambut.

Baca juga :   Batas Kadar Gula Darah Normal Untuk Orang Tanpa Diabetes

2. Melembabkan Rambut Kering Dan Mencegah Kerusakan

Melembabkan Rambut Kering Dan Mencegah Kerusakan

Memiliki manfaat untuk penebalan, ada manfaat minyak zaitun untuk rambut yang bisa Anda rasakan. Salah satunya adalah minyak zaitun yang mampu melembabkan jenis rambut kering.

Selain itu, manfaat minyak zaitun untuk rambut diklaim dapat mencegah kerusakan akibat rambut kering. Kandungan asam lemak dalam minyak zaitun mampu melembabkan dan menutrisi hingga ke akar.

3. Rambut Menjadi Lebih Halus Dan Mudah Diatur

Jenis rambut kering juga bisa membuat rambut lebih sulit diatur. Oleh karena itu, Anda juga bisa mencoba minyak zaitun untuk rambut karena bisa menghaluskan helaian rambut.

Oleh karena itu, rambut halus bisa lebih mudah diatur dan tidak mudah kusut. Ini karena kandungan asam oleat dan squalane dalam minyak zaitun dapat menghaluskan penghalang rambut.

4. Minyak Zaitun Dapat Mengobati Ujung Yang Patah Dan Bercabang

Ujung rambut yang patah dan bercabang bisa disebabkan karena Anda tidak memperhatikan kesehatan rambut Anda. Apalagi jika Anda beraktivitas seharian di luar agar rambut Anda lebih mudah terkena sinar matahari.

Hal ini juga dapat membuat rambut lebih rentan terhadap kerusakan karena kekeringan. Gunakan minyak zaitun untuk rambut karena kandungan vitamin E di dalamnya dapat mengatasi masalah rambut patah sekaligus bercabang. Untuk hasil yang maksimal, potong dulu rambut yang bercabang agar beregenerasi dengan baik.

5. Mampu Menjaga Warna Alami Rambut

Mampu Menjaga Warna Alami Rambut

Wanita Asia, termasuk Indonesia, kebanyakan memiliki rambut hitam alami. Sedangkan rambut yang kekurangan nutrisi bisa menyebabkan warna rambut memudar. Apalagi jika kamus sering terkena sinar matahari dan polusi.

Tidak hanya rambut hitam, warna rambut lainnya juga membutuhkan sampo khusus yang bisa mempertahankan warna ini. Selain sampo, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk mewarnai rambut. Mengoleskan minyak zaitun secara rutin pada rambut diklaim mampu menjaga warna agar tidak terlihat kusam.

6. Rambut Terlihat Berkilau Dengan Minyak Zaitun

Rambut yang kurang nutrisi bisa membuat rambut terlihat kusam dan kehilangan kilaunya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan produk yang dapat melembapkan rambut Anda terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan juga minyak zaitun untuk rambut.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Rontok Parah Yang Mudah

Tak hanya melembabkan, dengan pemakaian rutin juga diklaim mampu mengembalikan kilau rambut. Apalagi ada anti oksidan dalam minyak zaitun yang bisa melawan radikal bebas di rambut.

7. Melembabkan

Tidak hanya kulit tubuh dan wajah, Anda juga perlu menjaga kelembapan rambut agar tidak terasa kering dan kasar. Ketika kelembapan pada rambut dipertahankan, rambut akan menjadi lebih halus dan tidak mudah kusut. Berikan nutrisi minyak zaitun pada rambut yang terasa halus sehingga menjadi lebih mudah diatur.

8. Minyak Zaitun Membuat Rambut Lebih Subur

Minyak Zaitun Membuat Rambut Lebih Subur

Rambut rontok merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Namun, ketika kerontokan melebihi batas normal, rambut akan menjadi lebih tipis. Manfaat lain minyak zaitun untuk rambut yang bisa Anda rasakan adalah membuat rambut lebih subur. Selain itu, minyak zaitun juga berguna untuk membersihkan kulit kepala agar folikel rambut menjadi lebih sehat dan pertumbuhan rambut tidak terhambat.

9. Mengatasi Masalah Gatal Dan Ketombe

Jika Anda tidak memperhatikan kebersihan rambut, rambut akan lebih mudah gatal. Kemudian, kulit kepala akan lebih mudah muncul masalah seperti ketombe. Ingin mengatasinya dengan bahan alami?

Anda juga bisa mengatasinya dengan bantuan minyak zaitun untuk rambut berketombe. Kandungan vitamin E dan asam lemak dalam minyak zaitun membuat kulit kepala jadi ternutrisi dan juga lembab sehingga menghilangkan ketombe.

10. Menyeimbangkan Kadar Minyak Di Kulit Kepala

Kondisi kulit kepala yang kering bisa disebabkan oleh kurangnya produksi minyak pada kelenjar kulit. Di sisi lain, kulit kepala yang berminyak terjadi karena kulit kepala tidak cukup terhidrasi sehingga kelenjar kulit dirangsang untuk terus memproduksi minyak, hingga menjadi berlebihan.

Untuk itu, kondisi minyak di kulit kepala perlu seimbang. Nah, salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah untuk menyeimbangkan kadar minyak di kulit kepala. Bagi Anda yang memiliki kulit kepala kering, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak zaitun pada kulit kepala sambil memijat secara perlahan. Pastikan adonan tercampur rata lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu bilas sambil keramas.

Untuk kamu yang memiliki kulit kepala berminyak juga bisa melakukan hal yang sama, hanya saja kadar minyak zaitun yang digunakan tidak perlu terlalu banyak. Intinya adalah untuk membuatnya menyebar secara merata dan diserap dengan baik oleh kulit kepala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.