Nutrisi Yang Baik Untuk Mata, Yuk Cukupi Mulai dari Sekarang

Nutrisi yang baik untuk mata sehat sebaiknya dikonsumsi secara rutin sehingga mampu menjaga indera penglihatan dari beragam gangguan kesehatan. Nutrisi untuk mata sendiri bisa dipilih dari bahan alami seperti halnya buah-buahan dan sayuran. Kedua produk alam tersebut tidak hanya murah namun juga mudah untuk di dapatkan. Selain itu, buah juga sayur juga bisa dibuat menjadi banyak jenis olahan sesuai dengan selera pengonsumsinya.

Adapun beberapa nutrisi bagi mata yang sebaiknya anda cukupi antara lain adalah sebagai berikut!

1. Vitamin

Vitamin merupakan nutrisi yang baik untuk mata yang pertama. Beberapa jenis vitamin yang direkomendasikan antara lain adalah vitamin A, vitamin C serta vitamin E. Untuk mendapatkan vitamin C, anda bisa memperolehnya dari jeruk serta jenis buah yang lainnya. Vitamin C sendiri seringkali dikaitkan dengan penurunan resiko degenerasi makula serta gangguan lain berupa katarak.

Selanjutnya adalah Vitamin E yang bagus untuk menjaga kesehatan dari membrane sel. Vitamin ini juga berguna untuk membantu terjadinya perbaikan DNA, menghindarkan penglihatan dari radikal bebas dan melindungi jaringan mata. Untuk mendapatkan vitamin E, anda bisa mengonsumsi banyak jenis kacang-kacangan.

Jenis vitamin yang terakhir adalah vitamin A. Vitamin yang satu ini bisa anda dapatkan dari wortel ataupun jenis sayuran dan buah lainnya yang bewarna oranye cerah.

2. Antioksidan

Nutrisi mata sehat yang selanjutnya adalah antioksidan berupa lutein dan Zeaxhantin. Keduanya memiliki kaitan dengan berkurangnya berbagai masalah indera penglihatan. Kedua kandungan ini bisa ditemukan pada jenis buah dan juga sayuran bewarna mulai dari lobak hijau, bayam, kangkung, selada romaine juga sawi hijau. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga :   Operasi Kantung Mata Dapat Mengencangkan Kulit Kendur Di Area Mata

Baca Juga : Agar Mata Sehat Sampai Tua, Hindari Melakukan Hal Ini

Manfaat dari lutein dan Zeaxanthin sendiri sangat beragam seperti halnya untuk melindungi mata dari kerusakan sinar matahari, polusi udara, cahaya biru yang berbahaya hingga pengaruh buruk asap rokok.

3. Asam lemak omega 3

Nutrisi yang baik untuk mata juga bisa  didapatkan dari beragam makanan laut yang mengandung asam lemak omega 3. Beberapa jenis makanan laut yang mengandung asam lemak ini antara lain adalah sarden, halibut, salmon serta tuna. Meski demikian, asam lemak omega 3 tidak melulu bisa didapatkan dari jenis makanan laut. Anda juga bisa mendapatkannya dari minyak biji rami, kedelai, kacang kenari hingga biji chia.

4. Seng

Seng menjadi nutrisi mata sehat yang selanjutnya. Untuk mendapatkan kandungan sehat yang satu ini, anda bisa memperolehnya dari beberapa bahan makanan seperti biji-bijian, kacang panggang, kerang, tiram, susu, yogurt hingga kacang-kacangan. Seng mampu mengurangi terjadinya gangguan penglihatan berupa katarak hingga rabun senja.

Selain bagus untuk mata, mencukupi kebutuhan tubuh akan seng juga baik untuk kesehatan otak. Jika seng atau zinc kurang tercukupi, hal ini bisa memicu terjadinya penurunan kesehatan otak. Selain itu, seng juga baik untuk mempersehat rambut agar tidak mudah rontok sehingga mengalami penipisan.

Ada begitu banyak nutrisi sehat untuk mata mata yang sebaiknya anda konsumsi secara rutin. Hal ini dilakukan untuk menjaga mata dari ragam gangguan penyakit yang bisa mengintainya setiap saat.

Selain mencukupi nutrisi mata sehat seperti yang telah disebutkan di atas, anda juga bisa menghindari kebiasan buruk yang membuat kesehatan indera penglihatan menjadi menurun. Adapun kebiasaan yang dimaksud adalah gemar membaca di ruangan yang redup hingga bermain gadget selama berjam-jam lamanya.

Vitamin untuk mata minus

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan nutrisi untuk mata dengan cara mengkonsumsi vitamin mata. Dimana, Didalam vitamin ini sudah mengandung zeaxanthin yang dikenal mampu mencegah kebutaan, katarak, presbiopia dan mata lelah.

Baca juga :   Mata Panda Pada Anak Penyebabnya Ada Bermacam-Macam

Berikut ini adalah beberapa vitamin mata yang dapat menjaga kesehatan mata:

Eyevit

Vitamin mata ini terdiri dari 2 paket, tablet untuk dewasa dan sirup untuk anak-anak. Vitamin mata ini mengandung lutein, zexanthin dan bilberry yang dapat mencegah mata minus, mengatasi mata lelah, dan melindungi mata anak dari sinar biru pada gadget dan laptop. Kemasan sirup juga bermanfaat untuk memudahkan anak dalam mengonsumsi vitamin mata. Selain itu, Anda bisa minum Eyevit untuk anak-anak mulai usia 1 tahun.

Optimax

Merupakan suplemen yang mengandung vitamin dan mineral. Suplemen ini digunakan untuk menjaga kesehatan fungsi mata dan meningkatkan mikrosirkulasi retina mata. Mengandung omega-3, lutein dan likopen.

Eye Forte

Merupakan suplemen vitamin mata yang mengandung b-karoten, lutein, marigold dan bilberry. Mampu menjaga kesehatan mata dan anti inflamasi, mengatasi mata lelah dan melindungi mata dari efek sinar biru

Makanan yang dilarang untuk mata minus

Diketahui bahwa makanan seperti buah dan sayur memegang peranan penting dalam menunjang fungsi indera penglihatan agar tetap baik, namun bagi Anda yang saat ini ingin menjaga kesehatan mata sebaiknya menghindari beberapa daftar makanan berikut ini, termasuk:

Hindari junk food

Hindari Beberapa Makanan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology terbitan Agustus 2001 menunjukkan bahwa junk food memiliki efek buruk pada penglihatan.

Baca juga :   Mata Sering Perih Menandakan Kondisi Mata Yang Serius

Karena junk food mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda bersama dengan asam linoleat. Makanan yang mengandung lemak ini diketahui membuat seseorang berisiko terkena penyakit mata dengan degenerasi makula (AMD).

Mie instan, makanan kaleng, makanan olahan daging, makanan yang dipanggang atau yang dipanggang, hamburger dan kentang goreng adalah beberapa jenis makanan yang termasuk junk food.

Hindari makanan yang diolah dengan margarin

Makanan yang diproses dengan margarin ini tidak alami; itu buatan manusia dengan menggunakan bahan kimia. Pada akhirnya, mereka sangat tinggi lemak tak jenuh ganda, yang sangat tidak stabil dan mudah teroksidasi di dalam tubuh.

Lemak teroksidasi diketahui menyebabkan mutasi pada sel, serta peradangan. Mutasi dan peradangan dapat menyebabkan arteri tersumbat.

Dalam proses pembuatannya, margarin ini dicampur dengan bahan kimia berbahaya seperti nikel dan kadmium sebagai bahan pengeras. Nikel dan kadmium merupakan logam berbahaya yang dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh, termasuk pada mata.

Hindari makanan yang mengandung lemak trans

Produk-produk ini sarat dengan lemak trans, yang dibuat saat produsen makanan mengolah minyak nabati. Lemak trans terkenal dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL “jahat” dalam darah, yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri.

Lemak trans juga meningkatkan kadar trigliserida dalam darah, yang berkontribusi pada timbunan lemak di arteri yang secara tidak langsung memengaruhi indera penglihatan Anda.

Makanan yang digoreng (terutama kentang, ayam), pai, margarin, pancake, wafel, es krim, krimer non-susu, popcorn kemasan, daging, biskuit, kerupuk, makanan beku dan krim serta makanan kemasan (olahan) adalah beberapa jenis makanan yang mengandung lemak trans.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.