Agar Mata Sehat Sampai Tua, Hindari Melakukan Hal Ini

Diperlukan cara agar mata sehat sampai tua, mata sendiri merupakan organ penting bagi manusia. Budaya kerja yang terlalu diforsir, gaya hidup tidak sehat hingga polusi menjadi faktor memburuknya kesehatan tak terkecuali kesehatan mata.

Anda bisa memulainya dengan menjaga asupan nutrisi, menerapkan pola hidup sehat serta menghindari hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan mata. Berikut adalah ini beberapa kebiasan buruk yang bisa mengganggu kesehatan mata sehingga harus dihindari.

1. Terlalu sering berada di depan layar monitor komputer/Hp

Berlama-lama di depan monitor adalah salah satu penyebab mata kering dan lelah. Hal ini biasa terjadi pada mereka yang kesehariannya bekerja di depan layar komputer atau laptop. Tak hanya itu, kebiasan buruk seperti bermain handphone berjam-jam di tempat yang gelap juga dapat membuat mata rusak dalam jangka panjang.

Ada berbagai cara agar mata sehat sampai tua meskipun berlama-lama didepan komputer yaitu dengan mengurangi intensitas pencahayaan pada monitor. Istirahatkan juga mata setidaknya 15 menit setiap satu jam sekali dan alihkan pandangan mata Anda dari layar monitor setiap 15 menit. Layangkan penglihatan anda untuk melihat objek lain agar mata kembali segar.

Baca juga :   Fungsi Kelopak Mata Dapat Menjaga Penglihatan Yang Baik

Baca juga : Sayuran Untuk Mata Sehat Ternyata Sangat Banyak di Desa loh

Selain cara di atas, anda juga tidak boleh lupa dalam mengatur posisi duduk saat sedang menggunakan komputer. Beri jarak Monitor kurang lebih 59-75 cm dari mata dengan letak monitor di setting miring ke belakang 5 hingga 20 derajat. Pastikan juga bagian atas monitor berada sejajar atau setidaknya berada lebih rendah dari ketinggian horizontal mata Anda.

2. Terlalu sering terkena paparan sinar UV

Tak hanya berbahaya untuk kesehatan kulit, paparan sinar UV dapat pula mengakibatkan kerusakan fatal pada mata. Katarak adalah sejenis penyakit mata yang diakibatkan oleh paparan sinar UV.  Agar mata sehat sampai tua dan terhindar dari paparan sinar UV adalah dengan menggunakan kaca mata khusus atau topi jika sedang beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga :   Fungsi Kelenjar Air Mata Untuk Menjaga Kelembaban Mata

3. Menonton Televisi

Televisi merupakan media hiburan yang ternyata juga membawa dampak buruk bagi kesehatan mata Anda. Hal ini disebabkan oleh berbagai jenis warna dari layar televisi yang kita tonton mulai dari yang paling redup hingga yang paling terang sehingga membuat mata kering dan mudah lelah.

4. Membaca sambil tiduran

Membaca buku sambil tiduran menjadi kegiatan asyik untuk mengisi waktu luang. Namun siapa sangka jikakebiasaan ini justru dapat membuat mata Anda rusak. Terlebih lagi jika dilakukan secara sering dan dalam keadaan ruangan yang gelap.

Ada baiknya membaca dilakukan dengan posisi duduk dan dengan pencahayaan yang stabil. Anda harus tahu jika selain menjadi cara agar mata sehatmembaca sambil duduk juga dapat meningkatkan konsentrasi.

Baca juga :   Cara Kerja Kacamata Yang Lebih Praktis Dan Nyaman Digunakan

5. Banyak mengonsumsi rokok dan alkohol

Kebiasaan merokok dan meminum alkohol memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh tak terkecuali mata. Bagi tubuh, rokok dan alkohol dapat menyebabkan penyakit jantung, liver hingga kemandulan. Sedangkan bahaya rokok dan alkohol untuk mata adalah dapat menyebabkan gangguan saraf mata hingga kebutaan. Alihkan kebiasaan merokok dan meminum alkohol dengan rajin berolahraga atau mengikuti kegiatan positif lainnya.

Jika saat ini Anda sedang merasakan dampak dari kebiasan-kebiasaan diatas, anda bisa segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata. Hal ini dilakukan supaya anda bisa segera mendapatkan penanganan secara dini.
Berbagai jenis vitamin mata juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata sehingga bisa dikonsumsi. Imbangi juga dengan banyak mengonsumsi sayur serta buah-buahanagar mata sehat sampai tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.