Waspada, Inilah Penyakit Yang Mengancam Kesehatan Mata Anda

Ada begitu banyak jenis penyakit yang mengancam kesehatan mata yang sebaiknya diwaspadai. Ragam penyakit mata sendiri mampu menyebabkan mata berkurang ketajamannya, munculnya rasa sakit pada mata dan lain sebagainya. Untuk menghindari ganguan mata, anda bisasecara rutin mengonsumsi nutrisi yang bagus untuk mata hingga menjauhi kebiasaan buruk yang bisa merusaknya.

Nah berikut ini adalah beberapa jenis penyakit mata pada manusia yang sebaiknya anda waspadai sebelum kena.

1. Katarak

Katarak merupakan salah satu jenis penyakit yang mengancam kesehatan mata dan harus diwaspadai. Gangguan mata yang satu ini dapat menyebabkan lensa mata menjadi rabun dan berselaput. Lensa mata juga menjadi lebih keruh hingga cahaya tidak bisa menembusnya. Beberapa orang bahkan mengalami keburaman total hingga menganggu penglihatan.

Beberapa gejala katarak antara lain adalah sebagai berikut:

– Pandangan mata kabur layaknya berkabut
– Munculnya penglihatan ganda
– Warna sekitar yang nampak memudar
– Kebiasaan menggonta-ganti kacamata
– Rasa silau saat melihat kaca mobil, lampu dan lain-lain

Baca juga :   Minyak Zaitun Untuk Bulu Mata Agar Bulu Mata Sehat Dan Cantik Alami

Jika anda mengalami gejala-gejala di atas, tidak perlu ragu untuk segera memeriksakan diri.

2. Glaukoma

Penyakit mata pada manusia yang selanjutnya adalah Glaukoma. Penyakit yang satu ini dapat mengikis hingga merusak saraf optik yang berguna untuk penglihatan mata. Ada 2 jenis Glaukoma yang sebaiknya anda waspadai yaitu Glaukoma sudut tertutup dan Glaukoma sudut terbuka primer.

Kedua jenis gangguan Glaukoma bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti keturunan, faktor usia hingga hipertensi pada mata. Selain itu, komplikasi diabates hingga retinitas juga bisa menjadi penyebabnya. Meski demikian anda bisa mencegah datangnya gangguan mata yang satu ini dengan pendeteksian sejak dini lalu tangani dengan tepat.
Beberapa penyebab Glaukoma sendiri cukup beragam, seperti yang berikut ini:

– Terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah
– Cedera karena paparan zat kimia
– Terjadinya infeksi
– Akibat peradangan

Baca juga :   Berbagai Penyebab Mata Anak Sering Berkedip Dan Cara Mengatasi

3. Iritasi Mata Merah

Mata merah seringkali terjadi karena penyebab yang beragam. Beberapa diantaranya adalah karena infeksi dari virus, jamur serta bakteri. Anda juga bisa mendapati mata merah lantaran paparan asap polusi hingga alergi. Untuk mengatasi mata merah, anda bisa memanfaatkan penggunaan obat tetes mata.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Para Milenial

4. Pterigium

Jenis penyakit mata yang selanjutnya adalah Pterigium. Gangguan yang satu ini bisa terjadi karena selaput lendir yang menutupi bagian putih pada indera penglihatan. Gangguan kesehatan yang satu ini seringkali terjadi karena paparan radiasi matahari. Adapun gejala Pterigium antara lain adalah sebagai berikut:

– Pandangan kabur
– Mata merah
– Mata yang terasa gatal
– Rasa kelilipan benda asing karena adanya selaput lendir yang muncul

Baca juga :   Apa Itu Retinopati Dan Cara Penanganan Retinopati

Untuk menyembuhkan pterigium bisa dilakukan dengan menggunakan resep tetes mata kortikosteroid. Resep ini memungkinkan bagi anda untuk menghindarinya komplikasi lebih lanjut.

5. Kelainan Reflaksi

Kelainan reflaksi juga menjadi jenis penyakit mata pada manusia yang sebaiknya di waspadai. Kelainan reflaksi sendiri dibagi menjadi 4 yakni miopi, astigmatisme, hipermetropi dan presbiopi. Penanganan segera diperlukan agar gangguan tidak semakin parah.

Ada beberapa jenis penyakit yang mengancam kesehatan mata yang sebaiknya anda ketahui sebagai langkah pencegahan dini. Ragam penyakit tersebut bisa semakin parah jika tidak ditangani secara tepat. Selain itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter secara rutin agar penyakit mata bisa segera diatasi dan tidak semakin berlarut hingga parah. Konsumsi juga ragam nutrisi sehat untuk mata yang bisa didapat dari buah hingga sayuran bergizi tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.