Pembuluh Darah Pecah Di Mata Yang Terjadi Secara Spontan

Pembuluh mata pecah atau perdarahan subkonjungtiva adalah peristiwa yang akan terjadi ketika pembuluh darah kecil pecah tepat di bawah permukaan mata atau konjungtiva. Pada bagian ini yang tidak dapat menyerap darah dengan cepat, sehingga darah terperangkap.

Selain itu, Anda bahkan mungkin tidak menyadari bahwa Anda mengalami kerusakan pembuluh darah mata sampai Anda bercermin dan melihat bahwa bagian putih mata Anda berwarna merah cerah. Gangguan ini tidak menyebabkan masalah penglihatan dan ketidaknyamanan mata.

Pembuluh darah mata pecah sering terjadi tanpa kerusakan mata yang jelas. Faktanya, bersin atau batuk yang kuat bisa menyebabkan pembuluh darah pecah di mata. Gejala yang terjadi mungkin membuat Anda khawatir, tetapi Anda tidak perlu mengobatinya. Meski begitu, perdarahan subkonjungtiva biasanya merupakan kondisi tidak berbahaya yang akan hilang dalam waktu sekitar dua minggu.

Pembuluh Darah Pecah Di Mata

Ini juga bisa menjadi tanda bahwa ada jenis kondisi mata yang bisa menyebabkan masalah serius. Karena itu, bila keadaan tidak kunjung hilang, segera temui dokter Anda. Dokter biasanya akan mengesampingkan infeksi yang ada yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau hal lainnya.

Anda juga harus menemui dokter mata jika ini sering terjadi dan tidak biasa. Ini juga dapat menyebabkan iritasi mata jika terjadi terlalu sering, menyebabkan rasa sakit atau kepekaan terhadap cahaya terang. Oleh karena itu, usahakan untuk segera memeriksakan diri jika hal ini terjadi.

Penyebab Pembuluh Darah Mata Pecah

Sebagian besar pembuluh darah mata pecah secara spontan tanpa alasan yang jelas. Seringkali, seseorang dapat melihat gangguan saat bangun dan melihat ke cermin. Sebagian besar perdarahan di subkonjungtiva terjadi secara spontan saat pertama kali orang lain melihat bintik merah di mata Anda.

Baca juga :   Tips Praktis Menjaga Kesehatan Mata, Anda Harus Tahu!

Berikut hal-hal yang dapat menyebabkan pembuluh darah mata pecah, yaitu:

  • Bersin.
  • Batuk
  • Saring / muntah.
  • Mendorong ke toilet.
  • Trauma atau cedera.
  • Tekanan darah tinggi mendadak.

Gangguan perdarahan yang menyebabkan perdarahan atau mencegah pembekuan normal, Perdarahan pada subkonjungtiva juga bisa terjadi secara non-spontan yang diakibatkan dari infeksi mata yang sangat parah atau trauma pada kepala atau mata, atau dapat terjadi setelah operasi mata atau juga kelopak mata. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi jika Anda terlalu sering menggosok mata.

Hal ini juga bisa terjadi karena mengonsumsi obat-obatan, seperti aspirin atau pengencer darah. Dalam kasus yang jarang terjadi, gangguan pembekuan darah atau kekurangan vitamin K dapat menyebabkan pembuluh darah di mata pecah.

Perawatan Mata Rusak Vena

Perawatan Mata Rusak Vena

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pembuluh darah mata yang pecah. Berikut beberapa perawatan yang bisa dilakukan:

Perawatan Diri di Rumah

Biasanya, tidak diperlukan perawatan khusus untuk gangguan tersebut. Anda dapat menggunakan Air mata buatan yang dijual bebas dapat diteteskan ke mata jika terjadi iritasi ringan. Selain itu, Anda harus menghindari penggunaan aspirin, ibuprofen, naproxen, atau obat antiinflamasi non steroid lainnya tanpa rekomendasi dokter.

Baca juga :   Benjolan Di Sudut Mata Terasa Perih Atau Nyeri Saat Disentuh

Perawatan Medis

Jika kelainan berlanjut dan tidak sembuh dalam dua minggu, Anda harus menemui dokter. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin meresepkan air mata buatan untuk meredakan iritasi yang mungkin terjadi.

Jika cedera tersebut terkait dengan trauma, dokter Anda mungkin perlu memeriksa mata Anda untuk memastikan adanya kerusakan pada bagian mata yang lain. Itulah beberapa penyebab pembuluh darah mata pecah.

Lihat juga : Hifema Adalah Pendarahan Di Mata Dapat Membahayakan Penglihatan

Cara Mengobati Pembuluh Darah Pecah Secara Alami

Pembuluh darah pecah bisa terjadi di bagian tubuh manapun, tapi biasanya lebih banyak muncul di wajah dan kaki.

Cara Mengobati Pembuluh Darah Pecah Secara Alami

Hal Yang Menyebabkan Pembuluh Darah Pecah

Ada banyak hal yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Salah satu faktor penyebabnya adalah faktor genetik dan usia. Selain itu, ibu hamil juga lebih rentan mengalami kondisi ini karena jumlah hormon estrogen yang semakin meningkat.

mengatakan paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan spider veins. Saat kulit Anda terpapar banyak sinar matahari dalam jangka waktu yang relatif lama, Anda bisa mengalami sengatan matahari. Kulit terbakar inilah yang membuat pembuluh darah lebih terlihat.

Tak hanya itu, spider veins juga bisa disebabkan oleh hal lain. yaitu Mulai dari perubahan cuaca, iritasi terhadap lingkungan, kecelakaan, bersin, hingga muntah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa merawat spider veins dengan bahan alami dan perawatan medis.

Cara Mengatasi Bahan Alami

Ada beberapa ramuan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi pembuluh darah yang pecah. Pertama, Anda bisa menggunakan cuka sari apel.

Baca juga :   Mengenal 11 Penyebab Mata Cekung Dan Filler Mata

Kedua, Anda bisa merawat spider vein dengan menggunakan air hangat. Gunakan air hangat secara perlahan untuk membasuh wajah atau bagian tubuh lainnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan air panas karena bisa memperburuk kondisi spider veins.

Cara Mengatasi Pengobatan Medis

Ada beberapa pilihan pengobatan yang bisa Anda coba.

  • Pertama, Anda bisa menggunakan krim retinoid. Krim yang mengandung retinoid bekerja dengan cara menghilangkan bagian luar kulit sehingga tampilan spider veins berkurang.
  • Kedua, Anda bisa menggunakan terapi laser.

Bagaimana Mencegahnya

Agar tidak terlalu sering mengalami pembuluh darah pecah, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan.

  • Pertama, hindari paparan sinar matahari. Anda bisa melindungi kulit Anda dengan memakai tabir surya.
  • Kedua, hindari lingkungan yang terlalu panas.
  • Ketiga, hindari mengonsumsi alkohol berlebihan.Jika perlu, Anda sama sekali tidak boleh mengonsumsi alkohol.
  • Keempat, jangan lupa kenakan alat pelindung diri dari hal-hal yang dapat menimbulkan spider veins.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *