Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Para Milenial

Cara menjaga kesehatan mata ada banyak sekali ragamnya. Sayangnya, tidak semua mau dan peduli akan kesehatan matanya sendiri. Terlebih dengan kondisi di zaman yang serba mengandalkan gadget seperti yang sekarang ini. Banyak millenial lantas menghabiskan waktunya dengan bermain gadget seharian tanpa memikirkan kesehatan organ penglihatan.

Nah, berikut ini ada beberapa tips menjaga penglihatan agar selalu sehat dan pastinya optimal digunakan.

1. Menjaga jarak pandang

Cara menjaga kesehatan mata yang pertama adalah dengan menjaga jarak pandang. Tidak hanya saat membaca buku namun juga saat menggunakan gadget. Seperti yang seringkali diingatkan oleh orang tua kita, jika jarak pandang terlalu dekat, penglihatan bisa mengalami kerusakan. Apalagi jika anda telah melakukannya dalam jangka waktu yang panjang.

Selain masalah jarak pandang, posisi ketika membaca juga harus diperhatikan. Hindari membaca sembari tiduran. Jikapun kegiatan membaca dilakukan di atas tempat tidur, akan lebih baik jika anda menyandarkan punggung pada tumpukan bantal. Berlaku juga saat anda bermain gadget.

Baca juga :   Infeksi Cacing Loa-Loa Di Mata Juga Sangat Berbahaya

2. Istirahatkan mata sesekali

Tips yang selanjutnya adalah dengan mengistirahatkan mata sesekali. Banyak orang memforsir kinerja matanya untuk berada di depan komputer dalam waktu yang lama. Kondisi yang demikian adalah salah dan harus segera di perbaiki. Penting bagi anda untuk setidaknya memalingkan pandangan sesekali agar mata juga bisa beristirahat.

Selain memalingkan pandangan, anda juga bisa sesekali berjalan ke luar ruangan agar mata kembali segar. Selain itu pastikan jika kontras cahaya pada komputer tidak terlalu tajam hingga menyakiti mata. Pilihlah kontras yang nyaman berikut dengan wallpaper komputer yang sejuk dipandang. Perlu juga anda mengedipkan mata berulang kali untuk menjaga mata tidak kering.

Baca juga : Makanan Agar Mata Sehat Yang Wajib Anda Konsumsi, Simak Yuk

3. Perhatikan tidur malam anda

Menjaga kesehatan mata secara alami yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan waktu untuk tidur malam. Pastikan jika malam haridigunakan untuk beristirahat dan bukannya masih sibuk mengotak atik pekerjaan. Pekerjaan sendiri bisa anda lanjutkan pada pagi hari. Sementara malam adalah waktunya untuk mengistirahatkan diri.

Baca juga :   Pencegahan dan Gejala Penyakit Katarak, Penting untuk Tahu

Gunakan malam anda untuk beristirahat secara nyenyak dan jauhkan diri dari ponsel. Penggunaan ponsel yang berlebihan apalagi saat malam membuat waktu tidur berkurang. Belum lagi adanya resiko gangguan pada penglihatan. Mencukupi waktu tidur di malam hari juga memiliki banyak manfaat lainnya. Mulai menghindarkan anda dari rasa lelah hingga membuat pikiran kembali fresh.

4. Penggunaan kacamata hitam

Cara menjaga kesehatan mata secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kacamata hitam. Apalagi jika anda gemar menghabiskan waktu di luar ruangan, maka penggunaan kacamata hitam sangat tepat untuk dilakukan. Anda juga bisa menggunakan topi lebar untuk memaksimalkan perlindungan bagi organ penglihatan anda.

Selain melindungi diri dari pancaran sinar UV, penggunaan kacama hitam juga menghindarkan anda dari debu jalanan.

5. Konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat untuk mata ada begitu banyak macamnya. Mulai dari wortel, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan hingga daging merah. Jika ingin penglihatan selalu sehat, maka konsumsi ragam makanan sehat bagi penglihatan harus rutin dilakukan.

Baca juga :   Cara Mengatasi Buta Warna dengan Mengenali Penyebabnya

Mata merupakan organ penglihatan yang sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Akan lebih baik jika anda menjaga kesehatan mata secara alami melalui beberapa tips di atas.

Selain itu jauhi kebiasaan buruk yang membuat kesehatan mata menjadi terganggu. Penting untuk tidak berlebihan menggunakan gadget dan yang pasti cukupi kebutuhan nutrisi mata selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *