Penyebab Keriput Di Sekitar Mata Dan Cara Menghilangkan Keriput

Jangan lewatkan langkah – langkah perawatan kulit di sekitar mata karena tanda – tanda kerutan halus di wajah akan muncul lebih dulu di area ini. Berbeda dengan kulit yang ada di area lainnya, kulit di sekitar mata sangat tipis. Dengan ketebalan hanya 0,5 mm, sepertiga dari ketebalan kulit wajah, kulit di area mata tidak hanya tipis tapi juga mulus sehingga Penyebab keriput di sekitar mata terlihat lebih cepat. Kulit di area mata juga tidak memiliki lemak di bawah kulit, sehingga area tersebut menjadi jaringan yang kendor.

Jika dibandingkan dengan area wajah lainnya, kelopak mata merupakan area yang sering diabaikan. Padahal kelopak mata cukup sensitif dan mudah berkerut, lho!

Jika tidak percaya, sesekali coba amati kelopak mata saat bercermin. Ada kerutan atau tidak? Kelopak mata berkerut disebabkan oleh beberapa hal, apakah itu? Yuk simak Penyebab keriput di sekitar mata.

1. Penuaan

Penuaan

Penyebab keriput di sekitar mata tak lepas dari bertambahnya usia. Semakin tua usia Anda, semakin banyak kerutan yang muncul di wajah Anda, termasuk kelopak mata Anda.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengoleskan krim mata di sekitar area mata, baik di pagi hari maupun di malam hari.

2. Elastisitas Kulit Berkurang

Berkurangnya produksi minyak alami pada wajah menyebabkan elastisitas kulit Anda menurun. Dan ini akan menyebabkan kelopak mata Anda perlahan berkerut. Hal yang sama berlaku untuk sisa kulit wajah Anda.

3. Kurang Minum Drinking

Jumlah air yang Anda minum setiap hari sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan kulit Anda, lho!  Kelopak mata akan mudah berkerut saat kelembapan di kulit berkurang.

Jadi, pastikan Anda minum air putih minimal 6-8 gelas per hari agar tubuh terhidrasi dengan baik.

Baca juga :   Manfaat Masker Mata Dapat Menunda Tanda - Tanda Penuaan

4. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari tidak hanya membuat kulit Anda belang, tetapi juga kerutan, termasuk di area kelopak mata. Agar Anda menggunakan tabir surya yang tepat sebelum pergi keluar.

Dengan demikian, kulit Anda akan terlindungi dari paparan sinar UV yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

5. Terlalu Sering Menggosok Atau Menekan Kelopak Mata

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa tekanan dan gesekan yang Anda lakukan pada area kelopak mata memicu munculnya kerutan.

Jadi, hentikan kebiasaan kasar ini, jika Anda ingin kelopak mata tidak berkerut. Anda harus merawat kelopak mata secara khusus menggunakan jari tengah atau jari manis.

Nah, jika tidak ingin kelopak mata cepat berkerut, hindari lima hal di atas. Sayangi kelopak mata Anda karena area ini juga sangat mempengaruhi penampilan Anda, lho!

Baca juga : Manfaat Masker Mata Dapat Menunda Tanda – Tanda Penuaan

Menghilangkan Keriput Dibawah Mata Dengan Masker Tradisional

Semakin bertambahnya usia, semakin banyak tanda-tanda penuaan muncul di kulit Anda. Kerutan ini muncul karena seiring bertambahnya usia, kulit perlahan kehilangan elastisitasnya. Namun ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya kerutan di bawah mata seperti paparan sinar matahari dan rokok.

Menghilangkan Keriput Dibawah Mata Dengan Masker Tradisional

Jika anda ingin menghilangkan kerutan dengan cepat, ada beberapa prosedur kosmetik yang bisa dilakukan seperti perawatan laser, filler dan botox. Karena hasilnya instan, tentu prosedur ini akan memakan biaya yang cukup besar.

Tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada banyak cara alami dan murah yang dapat kita lakukan untuk dapat menghilangkan kerutan di bawah mata. Bagi Anda yang masih muda, cara ini juga cocok untuk mencegah munculnya kerutan di bawah mata. Berikut 9 cara menghilangkan kerutan di bawah mata

Baca juga :   Vitamin Mata Biovision Sangat Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Mata

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak kemampuan penyembuhan, termasuk mengurangi kerutan di bawah mata, Bahwa dengan mengoleskan gel lidah buaya dapat secara signifikan mengurangi kerutan dan membuat kulit lebih kenyal dan terhidrasi.

Lidah Buaya

2. Pisang

Pisang mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Masker pisang yang telah terbukti menjadi obat tradisional yang dapat menghilangkan kerutan di bawah mata.

Caranya tumbuk 1/4 buah pisang hingga teksturnya menjadi pasta. Oleskan campuran tersebut pada kulit secara tipis, Dan kemudian biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Putih Telur

Masker dengan bahan dasar putih telur dapat menghilangkan kerutan di bawah mata sekaligus meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk elastisitas kulit.

Mudahnya membuat masker. Campurkan 1 putih telur, 1 sendok teh jus lemon, dan 5 sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Minyak Zaitun

Mengkonsumsi minyak zaitun secara langsung dapat mencegah terbentuknya kerutan di bawah mata. Karena minyak zaitun memiliki kandungan khusus yang dapat meningkatkan kadar kolagen pada kulit.

Selain dikonsumsi langsung, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun langsung pada kulit. Caranya dengan memijat lembut kulit di sekitar mata menggunakan minyak zaitun selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Minyak Atsiri

Ada beberapa minyak atsiri yang bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Minyak ini termasuk minyak argan, biji anggur, jojoba, lavender, cendana, kenanga dan banyak lagi.

Cara pemakaiannya larutkan essential oil dalam carrier oil seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian oleskan campuran tersebut langsung ke area mata yang memiliki kerutan.

Baca juga :   Hordeolum Internal Benjolan Kecil Bisa Berisi Nanah

6. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang berguna untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Namun jika ingin mendapatkan asupan vitamin C yang lebih banyak, Anda bisa mengoleskan gel atau krim yang mengandung vitamin C langsung pada kulit.

7. Gunakan Tabir Surya

Gunakan Tabir Surya

Meski perawatan di atas bisa untuk menghilangkan kerutan secara efektif, namun jangan lupakan untuk pencegahannya. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mencegah keriput adalah dengan melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

Untuk itu, selalu gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Juga, jangan lupa untuk memakai topi dan membatasi waktu Anda di luar sebanyak mungkin.

8. Berhenti Merokok

merokok adalah salah satu faktor terbesar penyebab terjadinya kerutan di wajah. Karena merokok membuat kulit mengalami stres oksidatif yang merusak kolagen dan elastin.

Merokok juga menyempitkan pembuluh darah di wajah, sehingga menghalangi sirkulasi ke pembuluh darah dan membuat kulit kekurangan vitamin A.

9. Lakukan Latihan Wajah

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan dan mencegah kerutan di bawah mata di usia muda adalah dengan melakukan senam dan pijat wajah. Lakukan senam dan pijat wajah yang menyasar area sekitar mata agar kulit lebih kencang dan elastis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *