Manfaat Masker Mata Dapat Menunda Tanda – Tanda Penuaan

Mata merupakan salah satu bagian tubuh untuk komunikasi nonverbal yang memberikan banyak kesan kepada orang lain dibandingkan dengan komunikasi verbal saja. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mata adalah ciri yang paling terlihat dari wajah manusia oleh orang lain. Oleh karena itu, wajar jika banyak orang yang berusaha membuat tampilan matanya semenarik mungkin, misalnya dengan menggunakan riasan mata. Namun masih banyak yang lupa bahwa mata juga perlu diberikan perawatan ekstra, seperti dengan memakai masker mata atau yang biasa disebut penutup mata, dan berbagai manfaat masker mata yang mungkin anda dapatkan.

Manfaat Masker Mata

Mengurangi Mata Panda

Mungkin anda merasa kulit di sekitar mata mengering dan lebih cepat keriput, bukan? Ini terjadi karena kulit di sekitar mata lebih tipis, lebih sensitif, dan lebih rentan terhadap kekeringan.

Kulit di sekitar mata juga terlibat dalam berbagai ekspresi wajah, yang dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, mata juga merupakan salah satu indra utama manusia yang terus bekerja secara aktif, sehingga mudah terpengaruh oleh beberapa kebiasaan buruk jika kurang istirahat.

Untuk itulah, manfaat masker mata sangat penting bagi anda yang ingin menjaga penampilan agar dapat menunda tanda-tanda penuaan dan mendapatkan manfaat lainnya, antara lain:

1. Mengurangi Mata Panda

Manfaat masker mata jika digunakan secara rutin dan sesuai dengan anjuran cara memakai masker mata yang baik dan benar, maka masker mata dapat membantu anda mengurangi mata panda, istilah yang digunakan untuk menggambarkan lingkaran hitam di bawah mata yang menyerupai mata panda.

Mata panda kerap menjadi salah satu musuh para wanita karena bisa mengganggu penampilan dan membuat wajah terlihat tidak segar. Jika tidak ditangani, lingkaran hitam mata ini cukup sulit untuk ditutup hanya dengan make-up.

Untuk mengurangi lingkaran hitam mata panda, gunakan masker mata yang mengandung kafein. Sifat diuretik kafein memungkinkannya menarik cairan dari wajah secara alami.

Dalam jurnal penelitian  menunjukkan kemampuan gel yang mengandung kafein menembus kulit kelopak mata bagian bawah dan mengurangi edema dan pigmentasi kelopak mata bagian bawah.

2. Mengurangi Kerutan Halus

Salah satu manfaat masker mata yang paling banyak diincar adalah mengurangi kerutan halus di sekitar mata. Kerutan halus di sekitar mata merupakan salah satu tanda penuaan dini dan masih bisa dicegah agar anda terlihat segar dan awet muda.

Baca juga :   Ketahui Penyebab Glaukoma Yang Merusak Saraf Mata

Jika ingin mendapatkan manfaat masker mata untuk anti penuaan, gunakan masker mata yang mengandung antioksidan, vitamin C, retinol, atau peptida untuk mengurangi kerutan halus pada mata.

3. Melembabkan Area Mata

Manfaat masker mata selanjutnya adalah dapat melembabkan kulit di sekitar mata. Kulit di sekitar mata mengandung lebih sedikit kelenjar sebaceous yang membuat kulit di area ini mudah mengalami kekeringan.

Sifat pelembab dari masker mata sangat bagus untuk merawat kulit kering di sekitar mata dan memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

4. Mengurangi Bengkak di Mata

Banyak faktor penyebab mata bengkak, misalnya menangis atau kurang tidur. Pilih masker mata yang mengandung asam hialuronat dan kafein untuk mengurangi bengkak pada mata.

Kandungan kafein membantu mengencangkan kulit, mengurangi pembengkakan, dan mengeluarkan cairan berlebih dari area sekitar mata, sedangkan asam hialuronat dapat mengencangkan dan melembabkan kulit yang kendur.

Cara Memakai Masker Mata

Cara Memakai Masker Mata

Masker mata pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan dari Korea Selatan. Pada mulanya sungkup mata menyerupai perban yang terbuat dari kain dan dibasahi emulsi sehingga menjadi lengket.

Hingga sekarang masker mata relatif terjangkau dan bisa digunakan oleh siapa saja. Umumnya masker mata terbuat dari hidrogel, tetapi ada juga masker mata yang terbuat dari kain, bio selulosa, dan jenis lainnya.

Masker mata saat ini memiliki berbagai macam kandungan serum dan esensi yang mengandung vitamin, mineral, pelembab, dan bahan bermanfaat lainnya untuk kulit di sekitar mata.

Langkah-langkah pemakaian masker mata yang tepat perlu diketahui agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Berikut beberapa langkah yang disarankan untuk memakai masker mata.

1. Membersihkan Wajah

Langkah pertama memakai masker mata adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Begitu juga sebelum menggunakan produk skincare lainnya, ada baiknya Anda membersihkan wajah dari minyak, kotoran, dan make-up terlebih dahulu dengan menggunakan cleansing oil atau sabun wajah.

Wajah yang bersih dari segala kotoran dapat menyerap nutrisi dari masker mata dengan lebih maksimal.

2. Pakai Toner

Cara memakai masker mata dengan benar adalah dengan menggunakan toner wajah untuk mengembalikan pH kulit menjadi netral. Biasanya setelah mencuci muka, pH kulit wajah akan lebih tinggi atau lebih rendah akibat penggunaan produk pembersih wajah. Ketidakseimbangan pH kulit cenderung membuat kulit terasa kering.

Baca juga :   Biaya Operasi Pterigium Rumah Sakit Yang Terbaik

3. Oleskan Masker Mata

Usai membersihkan wajah, Moms bisa langsung mengoleskan masker mata di bawah mata yang menggelap atau memiliki kantung mata, atau sesuai dengan jenis dan petunjuk pemakaian masker mata tersebut.

Bacalah petunjuk pemakaian masker mata pada kemasannya untuk mengetahui berapa lama masker harus dibiarkan. Umumnya, masker mata cukup dibiarkan selama 10-15 menit, namun ada beberapa jenis masker mata lain yang bisa dibiarkan begitu saja dalam semalam.

4. Menggunakan Perawatan Kulit Seperti Biasa

Setelah meninggalkan masker mata sesuai petunjuk penggunaan masker mata kemasan, Anda dapat melanjutkan rutinitas perawatan kulit seperti biasa, misalnya serum, esens, krim mata, dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa jika Anda memakai penutup mata penutup mata, maka hindari menggunakan serum atau essence terlebih dahulu, karena nantinya masker mata tidak akan menempel dengan sempurna.

Lihat juga : 6 Cara Memakai Masker Mata Untuk Merawat Kesehatan Dan Kecantikan

5. Jangan Biarkan Masker Mata Terlalu Lama

Cara memakai masker mata selanjutnya adalah tidak membiarkan masker mata menempel terlalu lama di mata. Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa semakin lama masker mata dibiarkan, maka akan semakin maksimal fungsinya.

Namun hal ini tidak selalu terjadi, karena masker mata tertentu yang dibiarkan terlalu lama justru dapat meninggalkan bercak kering dan dapat menyebabkan kerutan yang lebih terlihat di sekitar mata.

6. Jangan Gunakan Kembali Masker Mata Bekas Pakai

Kecuali jika tertulis pada kemasannya, masker mata biasanya dirancang untuk sekali pakai. Anda mungkin pernah mendapat tips cara menggunakan masker mata dengan cara merendam masker mata bekas di dalam air atau bahkan memanaskannya kembali di microwave agar esensinya keluar kembali, namun hal ini tidak boleh dilakukan, karena selain dapat merusak lapisan masker juga dapat merusak lapisan masker. kebersihan juga belum terjamin.

7. Hentikan Penggunaan Jika Terjadi Iritasi

Karena kandungan tiap masker mata berbeda-beda, reaksi yang akan diberikan masker pada kulit setiap orang bisa berbeda-beda. Apalagi kulit mata sangat tipis dan sensitif, sehingga sangat disarankan untuk berhenti menggunakannya jika terjadi iritasi. Gejala ketidakcocokan atau iritasi yang mungkin terjadi termasuk gatal, panas, kemerahan, bengkak, dll.

Aneka Macam Masker Mata

 

 

Aneka Macam Masker Mata

Ada berbagai macam masker mata yang bisa didapatkan di toko-toko dan e-commerce langganan Anda. Dari sekian banyak masker mata, berikut ini jenis masker mata terbaik yang bisa anda coba di rumah sesuai kebutuhan kamu, yaitu:

Baca juga :   Mata Beda Warna Dan Warna Mata Manusia Paling Langka

1. Hidrogel

Jenis masker mata yang pertama adalah jenis penutup mata hidrogel. The Journal of pharmacy and farmacology mengungkapkan bahwa hidrogel patch memberikan suplai air yang baik ke kulit dan memiliki tanda-tanda iritasi yang minimal seperti kemerahan atau pustula.

Masker mata berbahan hydrogel yang kenyal seperti jelly ini biasanya mampu melembabkan kulit di sekitar mata, mengurangi bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata. Menariknya, beberapa merek perawatan kulit mulai memproduksi masker mata hidrogel yang bisa digunakan lebih dari satu kali. Lebih hemat!

2. Masker Tidur

Masker mata ini cukup unik dan praktis digunakan karena sesuai dengan namanya, masker mata ini hanya perlu dioleskan pada kulit sekitar mata, dipijat dengan gerakan melingkar, dan dibiarkan hingga pagi untuk kemudian dibilas.

Masker tidur umumnya berbentuk seperti krim kental. Masker mata ini menjadi solusi untuk kulit di sekitar mata yang sangat kering, karena bisa mengencangkan, melembabkan, dan mengurangi bengkak di sekitar mata. Dengan kulit yang lebih terhidrasi, garis-garis halus juga bisa berkurang.

Berbeda dengan krim mata biasa yang bisa digunakan setiap hari, masker tidur sebaiknya hanya digunakan satu atau dua kali dalam seminggu.

3. Penutup Mata

Jenis masker mata yang terakhir adalah penutup mata dengan bahan dasar kain khusus yang menyerap emulsi, mirip dengan masker wajah. Penutup mata jenis ini biasanya digunakan tidak terlalu lama, praktis, dan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan penutup mata hidrogel.

Fungsinya sama, penutup mata kain mudah dibawa dan merekat di sekitar mata. Ada bentuk yang hanya ditempel di bawah mata, ada yang menutupi sekitar mata hingga alis atau seluruh mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *