Penyebab Mata Gatal Setiap Malam Dan Cara Mengatasi Mata Gatal

Pernahkah Anda mengalami mata gatal, Namun akan tetapi hanya pada waktu-waktu tertentu? Kondisi mata gatal memang tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Meski umumnya terjadi pada siang hari, banyak orang mengeluhkan mata gatal hanya pada malam hari.

Penyebab Mata Gatal Setiap Malam

 

Berbagai Penyebab Mata Gatal Di Malam Hari

Alasan dasar terjadinya mata gatal di malam hari adalah karena Anda terlalu sibuk melakukan aktivitas di siang hari sehingga kurang memperhatikan ketidaknyamanan pada mata Anda. Terakhir, sensasi gatal sangat terasa pada malam hari saat aktivitas mulai berkurang.

Namun nyatanya, mata gatal malam hari Anda memiliki beberapa penyebab, yaitu:

1. Reaksi Alergi

Alergi yang mempengaruhi mata atau kelopak mata mungkin menjadi penyebab mata gatal di malam hari. Baik karena terkena debu, polusi, asap rokok, maupun rambut saat beraktivitas sepanjang hari.

Secara tidak sengaja terpapar produk pembersih atau perawatan pribadi seperti sabun, detergen, parfum, cat kuku, pewarna rambut, dll. Juga dapat menyebabkan reaksi alergi.

Bahkan tanpa disadari, riasan wajah, terutama mata seperti eyeliner, eyeshadow, dan maskara, juga bisa ikut menyebabkan mata gatal di malam hari.

Pasalnya, kelopak mata memiliki struktur kulit yang sangat tipis sehingga sangat sensitif terhadap berbagai alergen yang ada di lingkungan sekitar Anda.

2. Mata Kering

Mata Kering

Mata kering sering kali ditandai dengan mata yang terasa berair, gatal, ada yang menggumpal, peka terhadap cahaya, bahkan terlihat kemerahan. Jika tidak segera ditangani, kondisi mata kering bisa bertambah parah, terutama pada malam hari.

Bukan tidak mungkin, mata kering akan mengganggu penglihatan sehingga sulit untuk melihat dengan jelas di malam hari. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat tetes untuk mata kering yang bisa didapatkan tanpa resep atau dengan resep dokter.

Baca juga :   Mengapa Mata Mengantuk Tapi Tidak Bisa Tidur? Atasi Dengan Cara

3. Konjungtivitis

Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah infeksi yang terjadi pada konjungtiva, yaitu selaput transparan antara kelopak mata dan bagian putih mata. Kondisi ini dikenal dengan sakit mata yang ditandai dengan mata yang tampak kemerahan disertai rasa gatal sepanjang hari, termasuk pada malam hari.

4. Mata Lelah

Mata Lelah

Penyebab mata gatal di malam hari sebenarnya bisa dipicu oleh kelelahan mata. Biasanya karena terlalu lama menatap layar monitor, ponsel, atau sering berkendara jarak jauh. Selain itu, kebiasaan membaca dalam cahaya redup di malam hari juga bisa membuat mata Anda bekerja ekstra keras dan akhirnya melelahkan.

Kondisi ini umumnya disertai dengan penglihatan kabur, sakit kepala, kepekaan terhadap cahaya, dan kesulitan membuka mata secara normal.

5. Blefaritis

Blefaritis

Blepharitis adalah peradangan pada kelopak mata di area tempat bulu mata tumbuh. Kondisi ini bisa terjadi ketika kelenjar minyak di folikel rambut di kelopak mata tersumbat oleh bakteri, tungau, atau debu. Selain gatal, kelopak mata juga bisa mengeras. Semua gejala ini bisa bertambah parah di malam hari.

Cara Mengatasi Mata Gatal

Mata gatal sebenarnya bisa terjadi kapan saja, namun yang unik adalah sebagian orang menyadari bahwa mata gatal hanya muncul di malam hari.

Entah karena Anda terlalu fokus pada aktivitas di siang hari, sering terpapar alergen, dan kondisi mata kering menjadi sebagian kecil penyebab mata gatal di malam hari.

Jadi, agar Anda bisa tidur lebih nyenyak di malam hari dan tidak terganggu, sebaiknya cari tahu cara mengobati mata gatal yang Anda rasakan di malam hari.

 

Mata Terasa Gatal Dan Mengganjal

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Gatal Di Malam Hari?

Jangan sampai waktu istirahat di malam hari tersita hanya karena sibuk mengucek mata. Nah, coba berbagai cara mengatasi mata gatal yang mungkin Anda alami di malam hari:

Baca juga :   Materi Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat Dan Jernih

1. Selalu Menjaga Kebersihan Mata

Coba pikirkan lagi, sudahkah Anda menyempatkan diri untuk rutin membersihkan dan menjaga kesehatan mata? Jika tidak, mulailah menerapkan ini sekarang. Pasalnya, bahan kimia, debu, polusi, kotoran, dan make-up pada mata yang menumpuk bisa membuat mata terasa gatal.

Itulah mengapa menjaga kebersihan mata di malam hari akan membantu meredakan rasa gatal yang mengganggu. Pertama, hapus riasan mata jika Anda menggunakannya.

Kemudian basuh mata dengan air dan lap hingga kering. Tindak lanjuti dengan obat tetes mata yang dapat menghilangkan kotoran di mata dan menjaganya tetap segar.

Jangan lupa melepas lensa kontak yang sudah Anda gunakan seharian sebelum tidur.

2. Gunakan Kompres Hangat Atau Dingin

Gunakan Kompres Hangat Atau Dingin

Apakah Anda tersiksa oleh mata gatal yang tidak kunjung sembuh? Anda bisa mengompres mata yang gatal dengan kompres hangat untuk mengalihkan sensasi gatal. Apalagi jika rasa gatal yang Anda alami disebabkan oleh bintitan.

Namun, jika mata gatal disebabkan oleh konjungtivitis, cara lain untuk mengatasi mata gatal adalah dengan kompres dingin. Langkah ini biasanya dilakukan bila rasa gatal disertai mata merah.

3. Hindari Alergen

Meski sering dianggap sepele, yang terbaik adalah mengobati alergi yang menyebabkan mata gatal di malam hari. Langkah termudah adalah menghindari alergen tersebut, bersama dengan menggunakan obat tetes mata atau minum antihistamin sesuai anjuran dokter.

Jangan lupa untuk rutin mengganti seprai dan membersihkan tempat tidur Anda, karena hal ini bisa menjadi sarang berkumpulnya kotoran dan debu penyebab alergi.

4. Gunakan Humidifier

Selain menggunakan obat-obatan dan menerapkan kebersihan mata, menggunakan humidifier dapat membantu menambah kelembapan pada udara. Lambat laun, gejala mata gatal di malam hari akan berangsur-angsur berkurang karena udara sudah tidak kering lagi.

Baca juga :   Gejala Buta Warna Dan Juga Kelebihan Orang Buta Warna

Humidifier bisa digunakan kapan saja, terutama saat cuaca dingin dan kering yang kelembabannya menurun.

Mata Terasa Gatal Dan Mengganjal

Mengganjal di mata bisa terjadi pada semua orang dan membuatnya tidak nyaman sering terlewatkan. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan rasa mengganjal di mata?

Mengganjal di mata paling sering disebabkan oleh mata kering. Untuk mengatasinya, Anda bisa menitikkan air mata buatan.

Selain itu, penyebab lain dari mengganjal pada mata adalah adanya litiasis atau penumpukan titik kalsium di bagian dalam kelopak mata. Ini bisa terjadi karena metabolisme kalsium yang tidak sempurna di dalam tubuh.

Mata Terasa Gatal Dan Mengganjal

“Itu (kalsium) dari pola makan kita sehari-hari. Jika tidak terserap sempurna ke dalam tulang, bisa mengendap di tempat lain, misalnya di selaput bening mata di dalam kelopak mata,”

Perasaan ada mengganjal di mata juga bisa disebabkan oleh bulu mata yang lepas dan tertinggal di mata. Saat bulu mata lepas dan tertinggal di mata, iritasi pada permukaan mata dan ketidaknyamanan bisa terjadi.

Nah, bila perasaan sedang tersumbat sudah mengganggu aktivitas dan terjadi dalam beberapa hari, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *