Perawatan Keratin Rambut Yang Dapat Menjaga Kesehatan Rambut

Keratin berperan dalam menjaga rambut Anda tetap sehat dan berkilau. Bertambahnya usia dan gaya hidup, dapat menyebabkan produksi keratin dalam tubuh menurun. Akibatnya, rambut menjadi kusam, rusak, dan sulit diatur. Untuk mengatasinya, beberapa orang mencoba melakukan perawatan keratin rambut. Perawatan ini dapat membuat rambut Anda lebih halus dan mudah diatur.

Apa Itu Perawatan Keratin Rambut?

Apa Itu Perawatan Keratin Rambut

Keratin adalah protein alami yang ditemukan di rambut. Tidak hanya pada rambut, keratin juga terdapat pada gigi dan kuku. Keratin inilah yang berperan untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

Namun, seiring bertambahnya usia dan rambut Anda sering terpapar alat penata rambut dan bahan kimia, jumlah keratin di rambut Anda akan berkurang. Bahkan bisa hilang sama sekali jika rambut sudah diputihkan.

Perawatan ini berfungsi untuk memperbaiki rambut rusak dan membuat rambut tampak lebih berkilau serta mudah diatur.

Sebelum menerima perawatan keratin, ada baiknya untuk memastikan rambut Anda ternutrisi dan sehat. Anda bisa memulainya dengan menggunakan rangkaian perawatan rambut yang mengandung Pro-Vitamin.

Mengapa Memilih Perawatan Rambut Keratin?

Mengapa Memilih Perawatan Rambut Keratin

Perawatan ini akan membuat rambut Anda lebih mudah diatur sehingga Anda tidak memerlukan produk rambut berbahan kimia seperti hair spray untuk menata rambut Anda.

Anda juga tidak perlu menata rambut menggunakan pelurus karena rambut Anda akan terlihat lebih lurus setelah perawatan ini.

Proses perawatan dengan keratin buatan ini akan membuat rambut lembut namun tidak kering seperti proses pelurusan berbahan kimia lainnya.

Lapisan keratin juga berfungsi untuk melindungi batang rambut sehingga rambut Anda akan terlindungi dari sinar matahari dan polusi yang dapat menyebabkan rusaknya kutikula rambut.

Proses Pengobatan

Perawatan ini dilakukan dengan cara mengoleskan zat ini dari kulit kepala hingga batang rambut. Sebelum melakukannya, cuci rambut Anda secara menyeluruh terlebih dahulu. Setelah itu, biarkan cairan keratin meresap selama 20 menit.

Setelah kering, rambut kemudian melalui proses pelurusan menggunakan setrika pemanas. Perawatan ini memakan waktu sekitar 90 menit atau sesuai dengan panjang rambut.

Anda tidak diperbolehkan mencuci rambut selama 3-4 hari setelah itu. Sebab, hal ini dapat mencegah keratin menyerap dan bekerja secara maksimal. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli rambut sebelum melakukan perawatan ini.

Hampir semua jenis rambut bisa melakukan perawatan ini. Namun, jika Anda memiliki helai rambut yang halus, sebaiknya hindari perawatan ini karena akan membuat rambut Anda terlihat lepek.

Berapa Lama Perawatan Ini Berlangsung?

Perawatan rambut ini akan berlangsung sekitar dua atau setengah bulan. Memang lebih pendek dari proses pelurusan rambut berbahan kimia lainnya, namun perawatan rambut keratin ini diklaim lebih aman untuk rambut Anda.

Apakah Ada Efek Samping?

Apakah Ada Efek Samping

Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan perawatan ini, jika Anda menderita psoriasis atau dermatitis seboroik.

Kandungan formaldehida sering dikaitkan dengan masalah kesehatan terutama rambut karena sering digunakan oleh oknum pekerja salon untuk ditambahkan pada perawatan keratin rambut. Selain itu, zat ini sendiri juga terdapat dalam produk keratin.

Berapa banyak formaldehida dalam produk ini? Tentu berbeda – beda, tergantung jenis produknya. Sebagian besar produsen mengeluarkan produk dengan tingkat keratin yang aman.

Namun, masalahnya adalah perawatan salon yang mencampurkan produk keratin dengan lebih banyak formalin. Pastikan Anda mengetahui bahan apa saja yang akan dioleskan ke rambut Anda.

Apakah Keratin Cocok Untuk Rambut Rontok?

Perawatan keratin kini banyak ditawarkan di salon – salon kecantikan sebagai metode untuk meluruskan dan mempercantik rambut. Apa sebenarnya keratin itu dan mengapa banyak digunakan dalam perawatan rambut?

Keratin merupakan protein alami yang berfungsi membentuk jaringan rambut, kuku, dan lapisan luar kulit. Protein ini juga dapat ditemukan di berbagai organ dan kelenjar tubuh.

Baca juga :   Diameter Softlens Paling Kecil Dan Nyaman Untuk Digunakan

Keratin sering digunakan sebagai bahan untuk memperkuat dan menjaga keindahan rambut. Oleh karena itu, banyak produk kecantikan yang menambahkan keratin karena diklaim dapat membuat rambut terlihat lebih sehat.

Apakah Keratin Cocok Untuk Rambut Rontok

Berbagai Macam Perawatan Keratin

Perawatan keratin dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

1. Perawatan Keratin Di Salon

Serangkaian perawatan keratin atau keratin biasanya dilakukan untuk mendapatkan rambut yang lebih lurus. Hasilnya biasanya akan bertahan selama 3 bulan tergantung cara perawatannya.

Perawatan keratin rambut di salon umumnya dilakukan dengan mengoleskan krim keratin mulai dari akar hingga batang rambut, kemudian rambut akan didiamkan selama 30 menit hingga keratin terserap oleh kulit kepala dan rambut. Setelah itu, rambut akan dicuci dan diluruskan.

2. Serum Keratin, Sampo, Dan Kondisioner

Produk perawatan rambut yang mengandung keratin, seperti serum rambut, sampo, dan kondisioner, juga bagus untuk menguatkan dan menutrisi rambut.

Produk ini juga disebut baik untuk mencegah kerusakan rambut, terutama pada rambut yang sering ditata. Selain itu, keratin juga dapat memperbaiki rambut kering akibat terlalu sering menggunakan pengering rambut dan pewarna.

3. Suplemen Keratin

Selain digunakan dalam produk perawatan rambut, keratin juga tersedia dalam bentuk suplemen untuk dikonsumsi. Suplemen ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut, seperti rambut rontok dan kusut, serta menguatkan kuku.

Namun, jika Anda ingin menggunakan produk ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk menentukan dosis yang tepat.

Berbagai Fakta Tentang Keratin Dan Manfaatnya

Berbagai Fakta Tentang Keratin Dan Manfaatnya

Sebelum menjalani perawatan keratin di salon atau menggunakan produk yang mengandung keratin, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang keratin, di antaranya:

1. Solusi Untuk Rambut Keriting

Rambut yang tidak memiliki keratin akan tampak lebih keriting dan sulit diatur. Dengan adanya keratin, rambut akan lebih halus, berkilau, dan kuat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung keratin dapat membuat rambut lebih halus. Tidak hanya itu, produk yang mengandung keratin juga baik untuk pemilik rambut keriting, karena rambut akan lebih halus dan mudah diatur.

2. Keratin Dalam Produk Kecantikan Berasal Dari Hewan

Selain di tubuh manusia, keratin juga banyak ditemukan pada jaringan hewan. Protein ini terdapat pada kuku dan rambut atau bulu hewan.

Nah, keratin yang digunakan dalam produk kecantikan dan suplemen biasanya dihasilkan melalui proses ekstraksi jaringan hewan, seperti sapi dan domba.

3. Risiko Dan Efek Samping Pengobatan Keratin

Krim keratin yang biasa digunakan di salon yang biasanya mengandung bahan kimia formaldehida. Paparan formaldehida dapat menyebabkan efek samping, terutama jika krim digunakan cukup sering.

Berikut ini ada beberapa efek samping yang mungkin dapat ditimbulkan dari penggunaan krim keratin:

  • Reaksi alergi
  • Kulit kepala gatal – gatal
  • Iritasi kulit kepala berupa luka bakar atau lecet
  • Rambut rontok dan rusak

4. Pantang Setelah Melakukan Perawatan Rambut Dengan Keratin

Ada beberapa saran yang harus dilakukan agar hasil perawatan keratin lebih awet, yaitu:

  • Hindari keramas selama 3 atau 4 hari setelah perawatan keratin di salon, agar rambut Anda dapat menyerap keratin dengan lebih baik.
  • Jangan berenang di kolam renang dengan air yang mengandung klor atau air laut karena dapat menghilangkan lapisan keratin pada rambut.
  • Gunakan sampo dan kondisioner yang bebas natrium klorida dan sulfat, karena dapat menipiskan lapisan keratin.
  • Hindari mengeringkan atau menata rambut dengan suhu panas karena dapat merusak struktur keratin pada rambut.
  • Perawatan keratin juga tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Hal ini karena risiko paparan bahan kimia dalam krim keratin dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan janin.
Baca juga :   Senam Aerobik Dapat Menyehatkan Mata Pada Pasien Glaukoma

Rambut yang lembut dan berkilau akan memudahkan Anda untuk bergaya dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Namun, sebelum melakukan perawatan keratin pada rambut, sebaiknya oleskan sedikit krim keratin terlebih dahulu pada kulit dan amati apakah terjadi reaksi alergi atau tidak. Reaksi alergi dapat berupa gatal – gatal, ruam, dan benjolan pada kulit.

Jika memungkinkan, pilih krim tanpa formalin. Saat ini, ada banyak krim keratin tanpa bahan ini di pasaran.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang fakta keratin atau jika Anda mengalami efek samping pada kulit kepala setelah menjalani perawatan keratin, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Keratin Merk Apa Yang Bagus?

Keratin Merk Apa Yang Bagus

Memiliki rambut yang berkilau dan indah adalah dambaan setiap orang. Dengan memiliki rambut yang indah, rasa percaya diri seseorang bisa meningkat.

Namun ada juga saat rambut menjadi tidak bersahabat, seperti kaku, kering, kusut bahkan ada yang terlihat seperti rambut singa. Hal seperti ini tentu tidak ingin kita alami. Apalagi, proses penataan rambut yang semakin marak membuat rambut semakin bermasalah jika tidak ditangani dengan baik.

Bagi sebagian orang, mungkin saja mencoba perawatan keratin, tetapi biayanya mahal. Namun bagi Anda yang memiliki budget minim, Anda tetap bisa merasakan kandungan keratin yang lebih terjangkau lho, dengan menggunakan sampo.

Sampo ini bukan sembarang sampo, karena mengandung keratin. Dimana keratin merupakan bahan penyusun struktur rambut yang berperan penting bagi kesehatan rambut. Shampo keratin ini juga dapat membuat rambut lebih tahan terhadap kerusakan dan memperbaiki rambut kering akibat styling.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi merk sampo keratin terbaik yang bisa kamu gunakan. Tapi pertama – tama, mari kita lihat bagaimana memilih sampo keratin yang tepat

Cara Memilih Shampo Keratin Yang Baik

Saat membeli sampo, ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan. Hal ini dilakukan agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Bercabang Dengan Cara Sederhana

1. Pilih Yang Sesuai Dengan Kondisi Rambut Anda

Setiap orang yang memiliki kondisi rambut yang berbeda – beda, ada yang kering, berminyak hingga ada juga yang rontok. Bagi Anda yang memiliki rambut kering, pastikan untuk memilih sampo yang mengandung pelembab ekstra seperti minyak kelapa dan alpukat. Anda juga bisa memilih kandungan gliserin untuk rambut kering.

Jika Anda memiliki rambut berminyak, carilah sampo yang dapat memerangi sebum berlebih, seperti arang, karena bahan ini dapat menyerap sebum berlebih di kulit kepala. Sedangkan jika Anda mengalami kerontokan rambut, pilihlah sampo keratin yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Anda bisa memilih kandungan Vitamin B3 untuk mengatasi kerontokan rambut Anda.

2. Sesuaikan Dengan Tekstur Rambut

Selain kondisi rambut, tekstur rambut juga penting untuk diperhatikan saat memilih sampo keratin. Pemilik rambut keriting  dapat mencari sampo keratin yang memiliki formula bebas kusut. Anda yang memiliki rambut lurus mungkin sering mengalami rambut lepek, maka untuk itu pilihlah sampo keratin yang memiliki formula anti lepek. Kandungan arang bisa Anda jadikan pilihan untuk mengatasi rambut lepek karena kandungan ini sangat efektif untuk menghilangkan minyak berlebih pada rambut.

3. Tambahkan Bahan Lain Yang Bermanfaat Untuk Rambut

Untuk perawatan rambut yang maksimal, Anda juga bisa memilih produk dengan bahan yang sesuai dengan masalah rambut Anda. Protein gandum, misalnya, kandungan protein gandum dapat menghidrasi batang rambut. Selanjutnya ada minyak bunga matahari, kandungan ini diketahui mampu mengatasi rambut patah dan merangsang pertumbuhan rambut.

Baca juga :   Tips Mengatasi Perut Buncit yang Mengganggu Penampilan

Selain itu, minyak bunga matahari juga dapat mengobati ketombe dan menenangkan kulit kepala yang gatal. Anda juga bisa menggunakan sampo keratin yang mengandung ceramide. Ceramide ini diketahui dapat memperkuat batang rambut dan mengunci nutrisi di dalamnya sehingga rambut akan terlihat lebih sehat.

4. Hindari Bahan Yang Dapat Merusak Rambut

Ada beberapa bahan yang harus dihindari saat memilih sampo karena bahan tersebut dapat merusak rambut dan kulit kepala. Bahan-bahan ini termasuk sulfat, paraben, formaldehida, heksaklorofen, dan ftalat. Bahan-bahan di atas dapat menyebabkan iritasi hingga menyebabkan alergi.

Shampo Apa Yang Mengandung Keratin?

Setelah Anda tahu cara memilih sampo keratin yang baik. Kini saatnya kami merekomendasikan beberapa merek sampo keratin terbaik yang bisa Anda gunakan.

1. Alfaparf Milano Maintenance Shampoo

Alfaparf Milano Maintenance Shampoo

Shampo keratin ini dibuat di Italia dan termasuk sampo yang sering diincar oleh para wanita untuk merawat rambut mereka. Produk ini cocok untuk semua jenis rambut. Jika digunakan secara teratur, Anda akan mendapatkan rambut yang lembut.

Karena mengandung kombinasi keratin dan kolagen yang dikenal baik untuk kesehatan rambut. Selain itu ada juga minyak biji sawit babassu. Kandungan ini memiliki sifat emolien yang membuat rambut berkilau, indah.

2. CBD Professional Keratin Pro Daily Shampoo

CBD Professional Keratin Pro Daily Shampoo

CBD Professional Keratin Pro Daily Shampoo adalah salah satu merek sampo keratin terbaik. Produk ini mampu membersihkan kulit kepala, membuka kutikula rambut dan menjaga rambut tetap lembut, sehat dan berkilau.

Shampo ini mengandung provitamin B5 yang akan membantu menutrisi setiap helai batang rambut. Ia juga menawarkan Deep Cool Active Fragrance yang membuat rambut harum sepanjang hari.

3. Dove Sampo Untuk Perawatan Rambut Rusak

Dove Sampo Untuk Perawatan Rambut Rusak

Jika Anda memiliki rambut rusak, Dove Shampoo ini dapat memperbaikinya dan menjadikannya lembut dan berkilau.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa untuk menggunakannya secara rutin dengan conditioning. Bahan lain dalam sampo ini adalah minyak biji bunga matahari. Minyak alami ini dapat mengeluarkan sifat anti inflamasi sehingga dapat meredakan gatal pada kulit kepala.

4. Erhair Restore Ceramide & Keratin Shampoo

Erhair Restore Ceramide & Keratin Shampoo

Diperkaya dengan Ceramide Complex, Keratin dan Minyak Kelapa. Kandungan minyak kelapa mampu menutrisi rambut secara optimal hingga lapisan terdalam batang rambut. Dapat juga melembabkan dan memberikan efek kilau alami pada rambut.

Kandungan Ceramide Complex mengisi kembali fosfolipid rambut, juga dapat meningkatkan dan menjaga kelembapan dan kekuatan rambut. Keratin terhidrolisis menggantikan protein yang hilang di helai rambut, memperkuat rambut dari akar ke ujung. Shampo ini cocok untuk merawat rambut kering dan rusak.

5. Kerastase Bain Fluidealiste Shampoo

Kerastase Bain Fluidealiste Shampoo

Shampo bebas sulfat ini melembutkan rambut keriting dan membuatnya lembut dan mudah diatur. Selain itu juga dapat mengatasi rambut kusam, kering dan bercabang.

Ada tiga bahan utama dalam sampo ini, yaitu polimer kationik, morpho keratin dan ceramide yang dapat membersihkan rambut dan kulit kepala secara merata.

6. Keranique Scalp Stimulating Shampoo

Keranique Scalp Stimulating Shampoo

Merk shampo keratin terbaik berikutnya adalah Keranique Scalp Stimulating Shampoo. Shampo ini diformulasikan untuk rambut kering dan tipis. Kandungan ekstrak ginseng dan minyak peppermint dapat memperkuat folikel rambut sehingga rambut tidak mudah rontok dan rusak.

Ini juga mengandung keratin dan pro-vitamin B5 yang dapat menutrisi kulit kepala dengan baik dan membersihkan rambut dari sebum, kotoran dan polutan. Selain itu, ada juga asam amino keratin yang memperkuat dan menebalkan kutikula rambut sehingga rambut lebih tebal dan kuat. Jika Anda menggunakannya secara teratur, rambut Anda akan terlihat berkilau dan sehat alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.