Cara Merawat Rambut Bercabang Dengan Cara Sederhana

Ujung rambut yang bercabang adalah salah satu masalah rambut yang paling umum bagi wanita. Rambut bercabang adalah ujung rambut yang terbagi menjadi dua bagian. Ujung bercabang disebabkan oleh pewarnaan, pengeritingan, dan paparan alat pelurus. Bagi Anda yang memiliki ujung rambut bercabang, berikut ada beberapa cara merawat rambut bercabang tanpa memotong rambut yang bisa Anda coba.

Keringkan Rambut Dengan Benar

Rambut menjadi rapuh jika selama proses pengeringan tidak tepat, apalagi dikeringkan menggunakan handuk. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggosok rambut dengan handuk terlalu kencang karena akan membuat rambut bercabang. Ada baiknya meremas ujung rambut yang masih basah dengan handuk secara perlahan.

Penggunaan Pengering Rambut

Ujung bercabang disebabkan karena terlalu sering menggunakan pengering rambut. Perlu diingat bahwa jika rambut Anda basah, sebaiknya jangan langsung menggunakan pengering rambut.

Sebagai gantinya, tunggu hingga rambut mengering sebagian lalu gunakan pengering rambut untuk mengeringkannya. Jika Anda menggunakan pengering rambut terlalu lama, maka rambut Anda akan semakin cepat rusak, salah satunya bercabang.

Berhenti Menggunakan Pelurus

Sama seperti pengering rambut, menggunakan pelurus rambut yang terlalu sering berpotensi menyebabkan ujung rambut bercabang. Apalagi bila catok digunakan dengan suhu panas yang sangat tinggi.

Keratin yang merupakan zat pada rambut yang berfungsi untuk melembutkan dan menguatkan rambut bisa rusak jika suhu pelurusan terlalu panas. Jika ujung rambut Anda bercabang, sebaiknya hentikan penggunaan pelurus atau pengeriting rambut untuk sementara waktu hingga rambut Anda kembali sehat.

Gunakan Sarung Bantal Sutra

Salah satu cara merawat rambut bercabang saat tidur adalah dengan menggunakan sarung bantal sutra. Sarung bantal sutra tidak akan sepenuhnya menghilangkan ujung bercabang, tetapi ini adalah tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan. Ini seperti mengikat rambut Anda dengan kuncir kuda yang longgar sebelum tidur.

Ganti Shampo Dan Kondisioner

Banyak orang yang ingin menghilangkan ujung rambut bercabang dengan cara memotongnya, namun tidak sedikit juga yang ingin memotong rambutnya. Untuk mengatasi rambut bercabang, cobalah untuk mengganti sampo dan kondisioner yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah rambut, termasuk rambut bercabang, seperti memilih sampo dan kondisioner yang lebih melembapkan atau menguatkan akar hingga batang rambut.

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami?

Rambut sehat dan berkilau merupakan kebanggaan bagi semua orang. Saat kita memutuskan untuk mempertahankan rambut panjang, tiba – tiba rambut rusak. Ujung rambut terlihat terbelah dan kering. Padahal, kami telah bekerja keras untuk merawat dan menumbuhkannya.

Baca juga :   Aplikasi Apotek Android Membantu Anda Mengelola Bisnis Apotek

Jangan khawatir, dunia belum berakhir! Ada beberapa tips atau cara sederhana dan alami untuk mengatasi ujung rambut bercabang yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami

1. Potong Ujungnya Secara Berkala

Memangkas ujung rambut Anda secara teratur adalah pilihan tercepat dan termudah. Satu – satunya alat yang dibutuhkan adalah gunting yang tajam. Tidak perlu repot ke salon, karena kita bisa melakukannya sendiri.

Untuk menghilangkan ujung bercabang, potong secara teratur setiap beberapa minggu. Dengan cara ini, ujung rambut bercabang akan hilang dan rambut baru akan tumbuh lebih sehat dan kuat.

2. Beralih Ke Sampo Organik Atau Sampo Alami

Mencoba untuk beralih dari sampo biasa ke sampo organik tidak ada salahnya. Pasalnya, sampo biasa banyak mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan rambut kering, mudah rontok, patah dan bercabang. Sampo organik umumnya bebas dari paraben, sulfat, silikon, dan wewangian sintetis.

Di sisi lain, sampo organik terdiri dari bahan – bahan alami, seperti minyak pohon teh, minyak jojoba, minyak alpukat, minyak kelapa, keratin, minyak almond dan sebagainya. Nutrisi, vitamin dan minyak alami dalam sampo akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut Anda dan membuatnya lebih indah dan berkilau. Shampo organik juga bisa mengembalikan rambut rusak dan bercabang, meski di sisi lain harganya memang lebih mahal.

Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Bergelombang Agar Lebih Mudah Ditata

3. Pastikan Air Yang Kita Gunakan Bersih

Faktor lain yang menyebabkan ujung rambut bercabang adalah air yang tidak bersih. Oleh karena itu, penting untuk diketahui bahwa air yang kita gunakan bebas dari bahan kimia. Misalnya, keberadaan klorin dalam air dapat menyebabkan rambut menjadi sangat kering seperti jerami, kusut, dan menyebabkan ujung bercabang.

Klorin banyak ditemukan di kolam renang. Untuk menghindari kerusakan klorin, selalu cuci rambut Anda dengan air bersih dan sampo setelah berenang. Jika memungkinkan, kenakan topi rambut saat berenang untuk menghindari paparan klorin pada rambut.

4. Pijat Rambut Dengan Minyak

Jika Anda memiliki waktu luang, tak ada salahnya memijat rambut dengan minyak. Fungsinya beragam, seperti mengembalikan kelembapan rambut, sehingga rambut bisa tumbuh sehat, bebas dari kekeringan dan terhindar dari ujung bercabang.

Minyak yang biasa digunakan adalah minyak zaitun, almond dan minyak kelapa. Pijat rambut Anda dengan minyak ini di malam hari sebelum tidur. Di pagi hari bisa dibilas dengan air sampai bersih. Namun, jika Anda tidak punya banyak waktu, pijat saja selama satu jam dan akhiri dengan membilasnya dengan air bersih.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Kering Bekas Smoothing Agar Normal Kembali

5. Cara Menyisir Yang Salah

Tahukah Anda bahwa menyisir yang salah dapat memengaruhi kesehatan rambut Anda? Padahal, jika kita menyisir terlalu sering dan dengan cara yang kasar, bisa merusak kutikula rambut Rambut basah lebih rapuh, jadi sisir dengan hati – hati.

Begitu pula dengan menyisir rambut dalam keadaan kering yang seringkali menyebabkan rambut menjadi kusut dan kita harus memberikan tekanan ekstra saat menyisir. Akibatnya, rambut menjadi mudah rontok dan rusak. Beberapa sisir memiliki tepi yang tajam dan menyebabkan rambut patah dan terbelah.

6. Coba Masker Rambut

Selain memijat rambut dengan minyak, perawatan lanjutan dengan masker rambut bisa menjadi solusinya. Beberapa jenis masker yang bisa digunakan adalah masker telur, masker pepaya, masker yogurt dan masker madu.

Anda bisa mencoba masker madu dengan menggunakan 2 sendok makan madu, 2 sendok makan yogurt dan sedikit lemon. Aduk hingga menyerupai pasta dan oleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut. Biarkan selama beberapa menit dan gunakan air untuk membilasnya.

7. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Berhati – hatilah dengan paparan sinar matahari, terutama pada siang hari saat matahari bersinar. Padahal, sinar matahari bisa merusak rambut, menyebabkan ujung rambut kering dan bercabang. Apalagi, antara pukul 10 pagi hingga 2 siang, karena pada saat itulah sinar matahari paling terik!

Solusinya adalah dengan melindungi rambut Anda dengan topi ketika Anda berada di luar di siang hari. Anda juga bisa memakai hoodie atau hijab cover, bagi yang memakainya. Sesederhana melindungi rambut dapat mencegah ujung bercabang.

Apakah Rambut Bercabang Bisa Diperbaiki?

Ujung bercabang adalah tanda rambut tidak sehat. Ketika rambut terbelah, itu berarti kita telah melakukan hal – hal yang merusak rambut kita. Misalnya, kebiasaan menata rambut setiap hari atau sering menyisir rambut terlalu kasar. Ujung yang terbelah hampir tidak dapat diperbaiki dan perlu dipangkas untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Lalu, apa saja perawatan yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ujung bercabang?

Apakah Rambut Bercabang Bisa Diperbaiki

1. Perawatan Dengan Minyak Alami

Minyak membentuk lapisan pelindung pada batang rambut agar rambut terlindungi dari kerusakan yang mungkin terjadi saat keramas. Pelumasan dan perawatan melalui massage (pijatan minyak) bisa sangat membantu dalam mengatasi rambut rusak. Jadi, setiap kali mencuci rambut, jangan lupa untuk memijat kepala dengan minyak setidaknya selama satu jam sebelum mencuci rambut.

Baca juga :   Tahapan Persalinan Normal Tanpa Rasa Sakit

2. Menyisir Rambut Dengan Lembut

Kita mungkin tidak menyadari betapa sulitnya kita menyisir rambut. Ada banyak simpul di rambut yang harus dilepaskan dengan lembut. Jadi cobalah untuk tidak menyisir rambut Anda terlalu keras.

Menarik rambut Anda dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada rambut Anda dan menyebabkan lebih banyak ujung bercabang. Selain itu, pilihlah sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut Anda.

3. Tidak Terlalu Sering Menggunakan Alat Penata Rambut

Penggunaan panas dari alat penata rambut merupakan salah satu penyebab utama ujung rambut bercabang. Menggunakan alat penata rambut saat rambut Anda bercabang hanya akan membuatnya lebih rusak. Jadi, jangan terlalu sering menggunakannya atau akan lebih baik jika Anda berhenti menggunakannya sampai rambut Anda kembali normal.

4. Jangan Pecahkan Ujung Yang Bercabang

Saat Anda melihat ujung yang bercabang, Anda mungkin tergoda untuk menarik atau memisahkannya. Jangan pernah lakukan itu. Tidak peduli berapa banyak yang Anda inginkan, menarik ujung rambut bercabang akan membuat rambut Anda lebih lemah dan menyebabkan lebih banyak ujung bercabang.

5. Menggunakan Kondisioner Tanpa Bilas

Menggunakan kondisioner adalah suatu keharusan jika Anda ingin rambut sehat dan ternutrisi. Sebagian besar kondisioner harus dibilas setelahnya. Namun, jika Anda memiliki rambut bercabang, kondisioner biasa tidak akan banyak membantu masalah Anda. Gunakan kondisioner tanpa bilas untuk membantu menutupi dan melindungi ujung rambut bercabang.

6. Keringkan Rambut Dengan Lembut

Kesalahan besar lainnya yang bisa memperparah rambut bercabang adalah mengeringkan rambut secara kasar setelah keramas. Misalnya, menggosoknya secara kasar dengan handuk. Sebaiknya gunakan kaus lama untuk mengeringkan rambut dengan lembut dan menyerap kelebihan air sehingga rambut akan mengering secara perlahan.

7. Protein Masker Rambut

Protein merupakan komponen utama rambut dan juga merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan rambut. Rambut rusak membutuhkan suntikan protein. Oleh karena itu, aplikasikan masker rambut protein (atau bisa juga protein rambut) setiap hari. Ini akan membantu menjaga rambut tetap lembut dan membentuk lapisan pelindung pada batang rambut untuk memperbaiki ujung yang rusak.

8. Potong Rambut Secara Teratur

Jika Anda sering mengalami rambut bercabang, berarti Anda perlu memangkasnya secara teratur. Ujung yang terbelah sering kali tidak dapat diperbaiki. Karena itu, jagalah kesehatan rambut Anda dan cegah kerusakan lebih lanjut. Jadi potong ujung rambut Anda sebulan sekali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.