Perawatan Rambut Berminyak Yang Sesuai Dan Sangat Efektif

Merawat kecantikan rambut sama halnya dengan merawat kecantikan kulit. Perawatan rambut yang efektif tidak hanya membutuhkan pembersih tetapi juga pelembut rambut. Selain itu, rambut juga membutuhkan nutrisi yang tepat agar tetap berkilau dan cantik alami. Perawatan Rambut Berminyak Prinsip dasar perawatan rambut dan kulit kepala berminyak sama dengan perawatan kulit berminyak.

Perawatan rutin yang harus dilakukan adalah meminimalkan kadar minyak dan mengelupas sel kulit kepala yang mati. Karena rambut harus dicuci sesering mungkin jika kotor karena berminyak, maka gunakan sampo alami yang tidak mengandung bahan kimia.

Shampo yang baik untuk mencuci rambut berminyak adalah yang mengandung bahan herbal seperti amla, shikakai dan trijla.

Cara memijat kulit kepala dan rambut saat keramas juga memiliki teknik tersendiri. Karena teknik pijat kulit kepala ini menentukan pertumbuhan rambut Anda, jika Anda melakukannya dengan benar, itu akan tumbuh dengan sempurna. Khusus untuk rambut kering, gunakan minyak rambut untuk memijat kulit kepala. Dan untuk rambut berminyak gunakan krim khusus rambut yang sesuai.

Bahan Alami Untuk Rambut Berminyak

Bahan Alami Untuk Rambut Berminyak

Rendam kacang (reetha) semalaman. Hancurkan di pagi hari dan ambil cairan yang dihasilkan dari kacang. Tambahkan bubuk shikakai dan gunakan campuran ini sebagai pembersih untuk rambut berminyak Anda. Gunakan campuran ini sebagai sampo kombinasi yang biasa Anda gunakan.

Baca juga :   Penjepit Bulu Mata Yang Bagus Agar Mata Terlihat Lebih Cantik

Rebus 2 genggam daun mint dengan setengah gelas air selama 20 menit. Campurkan cairan ini ke dalam botol sampo 300 ml yang biasa Anda gunakan.

Membuat Krim Untuk Rambut Berminyak

Campurkan segelas air dengan 1 sendok makan cuka dan sedikit garam, lalu aduk rata.
Gunakan cairan tersebut sebagai krim rambut Anda. Pijat dengan lembut dan setelah itu diamkan selama 1 jam. Bilas rambut Anda dengan air dingin. Lakukan pemijatan ini secara rutin dalam jangka waktu 2 kali seminggu.

Apa Penyebab Rambut Cepat Berminyak?

Apa Penyebab Rambut Cepat Berminyak

Rambut adalah mahkota wanita. Memiliki rambut yang indah, berkilau, dan tebal bisa membuat pemiliknya semakin percaya diri. Namun, bagaimana dengan Anda yang memiliki jenis rambut yang Anda miliki? Sebenarnya, minyak di kulit kepala bisa membuat rambut Anda terlihat berkilau. Namun, jika produksi minyak terlalu banyak, rambut akan cenderung kotor, lepek dan kurang bervolume, sehingga terlihat kurang indah.

Penyebab Rambut Berminyak

Kulit kepala manusia memiliki kelenjar minyak yang berfungsi menghasilkan minyak alami atau sebum. Namun, terkadang kelenjar minyak terlalu aktif, sehingga produksi minyak berlebih. Inilah yang menyebabkan rambut jadi  lepek, dan susah ditata. Pada kondisi yang lebih parah, minyak berlebih bisa membuat rambut terlihat kusam dan mudah rontok.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Gimbal Dan Model Rambut Gimbal

Nah, sebelum mencari solusi untuk rambut yang Anda miliki, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu faktor – faktor penyebab rambut berikut ini:

Baca juga :   Ciri Infeksi Saluran Pencernaan Yang Sangat Umum Terjadi

1. Faktor Genetik

hanya saja jenis rambut yang anda miliki merupakan warisan dari orang tua anda, karena jika memungkinkan mungkin anda juga memiliki rambut yang sama.

2. Hormon

Hormon juga berperan dalam produksi minyak di kulit dan rambut. Kadar hormon yang tinggi dapat memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Peningkatan hormon ini biasanya terjadi pada remaja, wanita yang sedang menstruasi, dan wanita hamil. Salah satu hormon yang dapat mempengaruhi produksi minyak berlebih pada kulit kepala dan rambut adalah hormon androgen.

3. Penyakit Tertentu

Kulit kepala dan rambut juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan tertentu, salah satunya adalah dermatitis seboroik. Penderita penyakit ini juga akan mengalami gejala lain yaitu rambut berketombe, bercak kulit disertai rasa gatal yang membuat kulit mengelupas.

4. Kebiasaan

kebiasaan menata rambut dengan tangan juga bisa menyebabkan rambut anda lho. Pasalnya, tangan merupakan bagian tubuh yang mudah kotor karena sering digunakan untuk menyentuh apapun.

Jika Anda baru saja menyentuh makanan atau sesuatu, dan kemudian Anda menyentuh rambut Anda, tidak heran rambut Anda menjadi kotor dan memilikinya. Jadi, biasakan untuk tidak sering menyentuh rambut dengan tangan. Atau Anda bisa membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh rambut.

Baca juga :   Manfaat Bawang Putih Mentah Dapat Mencegah Beberapa Penyakit

5. Cara Merawat Rambut Yang Salah

Jika itu rambut Anda, coba ingat bagaimana Anda merawat rambut Anda. Karena cara merawat rambut yang salah justru dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala Anda. Misalnya, menggosok kulit kepala dengan kencang saat keramas. Ini akan mengiritasi kulit kepala Anda, memicu produksi lebih banyak minyak. Mencuci rambut terlalu sering, hingga dua kali sehari juga dapat memperburuk kondisi rambut.

Solusi Rambut Berminyak

Solusi Rambut Berminyak

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi atau mengatasi minyak pada rambut Anda:

Cuci hanya sekali sehari dan lakukan setiap hari.

Gunakan sampo khusus rambut yang berguna untuk membersihkan rambut tanpa memicu produksi minyak berlebih.

Anda juga bisa membuat masker lidah buaya dan mengaplikasikannya pada rambut Anda, karena bahan alami ini efektif mengurangi minyak, membuat rambut Anda lebih sehat, kuat dan berkilau.

Bilas rambut dengan teh hijau. Tanin dalam teh hijau dipercaya mampu mengatasi minyak berlebih sekaligus menutrisi kulit kepala.

Selain teh, Anda juga bisa mencoba mencuci rambut dengan campuran air dan cuka sari apel. Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala Anda.
Tips di atas bermanfaat untuk dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah pada rambut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.