Perawatan Wajah Secara Alami Sebelum Tidur Kulit Menjadi Sehat

Saat Anda tidur, sel – sel kulit biasanya beregenerasi lebih cepat dibandingkan siang hari. Karena itu, Anda harus cukup tidur dan melakukan perawatan yang tepat di malam hari. Dengan melakukan perawatan wajah secara alami sebelum tidur, Anda dapat meningkatkan keefektifan setiap produk perawatan, sehingga kecantikan wajah Anda semakin sempurna. Anda bisa melakukan perawatan wajah secara alami sebelum tidur dengan beberapa cara berikut ini.

Apa Yang Harus Dilakukan Pada Wajah Sebelum Tidur?

Perawatan wajah sebelum tidur sangatlah penting, karena malam hari merupakan waktu kulit untuk melakukan regenerasi dan perbaikan.

Saat tubuh terasa lelah dan mengantuk, tentunya Anda hanya ingin cepat berbaring di tempat tidur. Namun, ada baiknya jika Anda melawan rasa malas dan mulai membiasakan merawat kecantikan kulit wajah sebelum tidur malam. Dengan demikian, kesehatan kulit dapat terjaga.

Tips Merawat Kecantikan Sebelum Tidur

Tips Merawat Kecantikan Sebelum Tidur

Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat, ada beberapa tips perawatan wajah secara alami sebelum tidur, yaitu:

1. Bersihkan Sisa Make Up Dan Kotoran

Beberapa wanita hanya mencuci muka untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan sisa kosmetik. Jika Anda memiliki kebiasaan ini, maka Anda salah.

Membersihkan wajah dari make up dan kotoran merupakan langkah awal dalam merawat kecantikan kulit sebelum menggunakan sabun cuci muka. Hal ini karena sebagian besar kosmetik berbahan dasar minyak dan tahan air sehingga lebih sulit dibersihkan.

Untuk memudahkan pembersihan, Anda disarankan menggunakan make-up remover atau pembersih berbahan dasar minyak. Sisa kosmetik yang tidak dibersihkan dapat memicu timbulnya jerawat, kulit kusam, dan pori – pori membesar.

2. Bersihkan Wajah Anda Dengan Sabun Yang Tepat

Setelah wajah bersih dari sisa kosmetik dan kotoran, bersihkan wajah dengan facial wash yang lembut. Anda juga disarankan untuk memilih dan menggunakan facial wash sesuai jenis kulit.

Jika jenis kulit Anda berminyak, disarankan untuk menghindari facial wash berbahan dasar minyak. Jika ingin tetap menggunakannya, gunakan hanya di area mata untuk membersihkan kosmetik yang sulit dihilangkan.

Baca juga :   Perawatan Rambut Agar Cepat Panjang Dan Sehat Ternutrisi

Sedangkan untuk kulit wajah yang kering, gunakan sabun cuci muka tanpa kandungan alkohol dan tambahan pewangi karena justru dapat menyebabkan kulit semakin kering dan iritasi.

3. Memberikan Nutrisi Pada Kulit

Setelah membersihkan wajah, aplikasikan toner untuk mengangkat sisa kotoran yang tidak terangkat saat menggunakan sabun pembersih. Menggunakan toner juga dapat mengembalikan pH alami kulit yang hilang saat mencuci muka.

Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan serum. Saat ini terdapat berbagai jenis serum wajah dengan manfaat yang berbeda – beda. Misalnya serum vitamin A yang membantu regenerasi sel kulit mati, membersihkan pori – pori yang tersumbat, memudarkan flek hitam, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi garis – garis halus.

Anda juga bisa menggunakan serum vitamin C yang berkhasiat untuk melindungi kulit dari pengaruh sinar UV, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi produksi kolagen yang membuat kulit menjadi gelap.

Jika serum benar – benar terserap, oleskan pelembab wajah atau krim malam. Krim yang mengandung bahan aktif asam hialuronat dapat mempertahankan kelembapan kulit sehingga membuat kulit lebih kenyal.

4. Akhiri Dengan Tidur Yang Cukup

Setelah kulit bersih dan ternutrisi, Anda bisa bersiap – siap untuk tidur. Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Kurang tidur bisa membuat mata terlihat sembab dan kulit wajah kusam. Jika kebiasaan tidak sehat ini berlanjut, garis halus dan kantung mata akan semakin terlihat jelas.

Juga, cobalah untuk tidur telentang. Posisi tidur ini dapat mengurangi pembentukan garis – garis halus pada wajah, karena tidak ada tekanan pada salah satu sisi kulit wajah saat Anda tidur.

Selain rutin melakukan perawatan wajah secara alami sebelum tidur kecantikan dari luar, perawatan juga perlu dilakukan dari dalam. Kurangi stres dan jalani hidup dengan melakukan hal – hal positif yang bisa membuat Anda bahagia. Jadikan konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur serta minum air putih yang cukup sebagai rutinitas untuk menutrisi kulit.

Masker Alami Apa Yang Bisa Memutihkan Wajah?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan wajah. Mulai dari perawatan tradisional menggunakan masker alami hingga perawatan menggunakan produk kecantikan, seperti krim pemutih.

Baca juga :   Lensa Anti Pantul Yang Dilengkapi Dengan Teknologi Khusus

Penggunaan bahan alami untuk memutihkan wajah seringkali diragukan karena diduga tidak memberikan hasil yang optimal. Sebenarnya jika digunakan secara rutin dan benar, hasilnya juga bisa memuaskan.

Masker Alami Apa Yang Bisa Memutihkan Wajah

Memutihkan Wajah Dengan Kulit Jeruk Hingga Oatmeal

Ada banyak keuntungan menggunakan bahan alami untuk memutihkan wajah. Mulai dari mengurangi risiko efek samping hingga menghemat pengeluaran. Yang terpenting adalah konsisten dalam menggunakannya.

Berikut bahan – bahan alami yang bisa dijadikan masker alami untuk memutihkan wajah:

1. Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang mengandung lebih banyak Vitamin C dari pada daging buahnya. Vitamin C yang merupakan antioksidan yang berperan penting dalam memperbaiki kerusakan pada kulit akibat radikal bebas.

Baca juga : Minyak Zaitun Untuk Bulu Mata Agar Bulu Mata Sehat Dan Cantik Alami

Vitamin C pada jeruk juga merupakan bahan pemutih alami yang dapat menghilangkan kusam akibat paparan sinar matahari.

2. Bengkuang

Jicama mengandung vitamin C dan B1 yang membantu memutihkan dan mencerahkan kulit. Maka dari itu, jangan heran jika banyak produk pemutih kulit di pasaran yang menggunakan bengkuang sebagai bahan utamanya.

3. Lemon

Vitamin C dan asam alfa hidroksi pada lemon mampu menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam. Lemon yang dikenal sebagai bahan pemutih alami yang dapat mengangkat sel kulit mati.

Selain itu lemon juga mampu menghilangkan kusam terutama yang disebabkan oleh sinar matahari. Untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan berseri, Anda bisa menggunakan buah lemon.

4. Yoghurt

Yogurt merupakan bahan alami yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya dalam hal merawat dan mencerahkan kulit wajah Anda. Vitamin B5 yang terkandung dalam yogurt bermanfaat untuk menyamarkan flek hitam akibat jerawat dan berperan dalam mencerahkan kulit wajah.

Baca juga :   Manfaat Kuaci Bunga Matahari Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Asam laktat dan kalsium yang terkandung dalam yogurt berperan dalam melembabkan kulit wajah dan membuatnya tetap sehat dan terawat.

5. Pepaya

Memutihkan Wajah Dengan Kulit Jeruk Hingga Oatmeal

Pepaya yang kaya akan enzim papain yang dapat membantu regenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E yang merupakan antioksidan pada buah pepaya juga mampu menutrisi dan melembabkan kulit.

Pepaya yang merupakan tabir surya alami yang dapat menghambat pigmentasi kulit akibat paparan sinar matahari. Pepaya juga bisa dikonsumsi langsung untuk dapat mencerahkan kulit atau dijadikan sebagai masker.

6. Madu

Madu merupakan pelembab kulit alami dan antibiotik yang dapat mencerahkan wajah dan mengangkat sel kulit mati. Madu juga mampu untuk menghilangkan bekas jerawat dan tanda – tanda penuaan pada kulit.

7. Air Beras

Beras mengandung ferulic acid dan allantoin yang mampu melindungi kulit dari kerusakan sekaligus mencerahkan wajah. Saat Anda mencuci beras, jangan buang airnya. Tuangkan air beras ke dalam wadah dan biarkan mengendap. Endapan yang terbentuk dari air cucian beras itulah yang dapat anda gunakan sebagai masker wajah.

8. Teh Hijau

Teh hijau telah lama disebut – sebut mampu memberikan perlindungan pada kulit wajah. Ternyata, tidak hanya anti aging, teh hijau juga bisa memutihkan kulit.

Selain diminum, Anda bisa mengoleskan kantong teh bekas ke area kulit. Polifenol dalam teh hijau memiliki sifat antioksidan dan mampu mencerahkan kulit akibat paparan sinar matahari.

9. Oatmeal

Selain sehat untuk dikonsumsi dan sangat dianjurkan sebagai menu sarapan, oatmeal juga dapat mencerahkan dan memutihkan wajah.

Bahan oatmeal lebih bermanfaat bila ditambahkan dengan dua sendok air lemon lalu dicampur. Buat masker selama kurang lebih 10 menit untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Selain beberapa bahan alami di atas, masih banyak lagi yang bisa Anda gunakan sebagai masker alami untuk memutihkan wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.