Salep Mata Ikan Yang Dapat Menghilangkan Secara Efektif

Salep mata ikan digunakan untuk merawat kondisi kulit yang menjadi keras dan menebal akibat gesekan dan tekanan yang berulang. Ada beberapa cara untuk dapat menghilangkan mata ikan yang bisa dilakukan. Salah satunya menggunakan salep mata ikan.

dapat menghilangkan

Pilihan Salep Mata Ikan Yang Bisa Digunakan

Kebanyakan orang akan menggunakan obat mata ikan sebagai cara untuk menghilangkan mata ikan.

Anda bisa mendapatkan salep mata ikan baik tanpa resep atau dengan resep dokter.
Berikut ini pilihan salep mata ikan yang bisa didapatkan di apotek atau dengan resep dokter.

1. Asam Salisilat

Salah satu salep mata ikan yang sering digunakan adalah asam salisilat. Selain dalam bentuk gel, Anda bisa mendapatkan obat mata ikan yang mengandung asam salisilat dalam bentuk krim, lotion, cairan, atau gel.

Untuk takaran obat mata ikan yang mengandung asam salisilat yang lebih kuat bisa didapatkan melalui anjuran dokter.

Asam salisilat merupakan bahan aktif keratolitik yang dapat melarutkan protein atau keratin yang menyebabkan terbentuknya mata ikan dan kulit mati di sekitarnya.

Permukaan atas kulit yang terkena mata ikan akan memutih sehingga mudah dipotong. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada resep atau kemasan salep obat ikan.
Perlu diketahui bahwa penggunaan obat mata ikan yang mengandung asam salisilat tidak dianjurkan oleh penderita diabetes.

2. Amonium Laktat

Salep mata ikan selanjutnya adalah amonium laktat.
Obat mata ikan ini bisa dalam bentuk krim dan lotion. Untuk menggunakannya cukup dioleskan ke area kulit yang terinfeksi mata ikan.

Amonium laktat topikal dapat membantu mengencerkan kulit yang mengandung mata ikan. Biasanya lotion atau krim amonium laktat bisa digunakan 2 kali sehari. Namun, pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan salep untuk menghilangkan mata ikan.

3. Triamcinolone

Triamcinolone adalah salep mata ikan berikutnya. Triamcinolone tersedia sebagai salep, krim, atau lotion, dengan efektivitas yang bervariasi untuk digunakan pada kulit.

Triamcinolone adalah golongan kortikosteroid yang dapat membantu merawat kulit kering dan mengeras, termasuk mata ikan. Oleskan salep mata ikan triamcinolone dalam jumlah banyak ke area kulit yang terinfeksi.

Lalu, gosok dengan lembut dan perlahan. Anda bisa menggunakan triamcinolone 2-4 kali sehari. Selalu ikuti petunjuk pada kemasan salep mata ikan dengan hati-hati.

4. Tretinoin

Tretinoin juga merupakan salep mata ikan pilihan lainnya. Tretinoin topikal tersedia dalam bentuk krim atau gel.

Fungsi tretinoin adalah membantu pengelupasan area mata ikan yang terinfeksi. Anda dapat mengoleskan tretinoin topikal setiap hari sebelum tidur di malam hari. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk pada label kemasan salep untuk lubang tali dengan benar.

Bagaimana Cara Menghilangkan Mata Ikan Lainnya

dapat menghilangkan

Selain menggunakan pengobatan mata ikan topikal yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya jika Anda menemani pengobatan mata ikan dengan melakukan perawatan di rumah. Berikut cara menghilangkan mata ikan lainnya.

1. Rendam Tangan Atau Kaki Yang Terinfeksi Dalam Air Hangat

Salah satu cara menghilangkan mata ikan adalah dengan merendam kaki atau tangan yang terkena mata dalam baskom yang berisi air hangat.

Lakukan metode penghilangan mata ikan alami ini selama kurang lebih 10 menit hingga area kulit tempat mata ikan melunak. Kemudian, usapkan mata ikan di tangan Anda menggunakan batu apung dengan gerakan melingkar atau menyamping untuk mengangkat sel kulit mati.

Namun, jangan menggosokkan batu apung pada mata ikan. Sebab, bisa berisiko menyebabkan iritasi hingga berdarah.

2. Penipisan Lapisan Kulit

Cara menghilangkan mata ikan pada tangan secara medis adalah dengan cara menipiskan lapisan kulit yang menebal. Dokter akan memotong atau mengikis lapisan kulit yang tebal dan mengeras menggunakan pisau bedah steril.

Baca juga :   Soflen Mata Yang Bagus Aman Dan Sangat Nyaman Di Mata

Langkah ini hanya boleh dilakukan oleh dokter. Lakukan sendiri di rumah untuk menipiskan lapisan kulit yang berisiko terkena infeksi.

3. Operasi

Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi untuk menghilangkan mata ikan. Operasi ini dilakukan untuk memperbaiki posisi tulang yang menyebabkan gesekan.
Menyebabkan mata ikan

Penyebab mata ikan adalah tekanan dan gesekan pada kulit yang terjadi berulang kali. Beberapa faktor lain yang menyebabkan mata ikan karena tekanan atau gesekan bisa terjadi, seperti:

  • Penggunaan alas kaki yang sempit, atau longgar, yang tidak nyaman juga dapat menyebabkan mata ikan.
  • Berjalan dengan postur tubuh yang tidak tepat.
  • Jangan menggunakan sarung tangan saat mengoperasikan alat perkakas sehingga kulit mudah mengalami gesekan yang berlebihan.
  • Sering memainkan alat musik dengan tangan.

Bukan hanya karena tekanan dan gesekan saja, ada beberapa faktor risiko penyebab mata ikan, yaitu:

  • Memiliki kelainan bentuk jari, seperti bunion dan hammertoes.
  • Memiliki kelainan bentuk pada tangan dan kaki.
  • Anda seorang perokok.
  • Mudah berkeringat.

Perbedaan Antara Mata Ikan Dan Kapalan

  • Meski sekilas terlihat mirip, ternyata ada perbedaan pada mata ikan dan kapalan.
  • Perbedaan antara mata ikan dan kapalan terletak pada rasa sakit yang ditimbulkannya.
  • Mata ikan seringkali menimbulkan nyeri saat disentuh.
  • Sedangkan kapalan tidak terasa nyeri saat disentuh.
  • Perbedaan antara mata ikan dan kapalan juga bisa dilihat dari ukurannya.
  • Kapalan cenderung lebih kecil dan bulat.
  • Sedangkan mata ikan memiliki bentuk yang lebih variatif.
  • Selain itu, fish eye sering muncul di area kulit yang tidak menahan beban.
  • Mata ikan harus dirawat dengan mudah.

Namun, jika kondisinya semakin serius atau tidak kunjung sembuh setelah perawatan, segera konsultasikan ke dokter kulit.

Cara Mengeluarkan Mata Ikan

Banyak orang mengira mata ikan sama dengan kapalan. Padahal, masalah kulit keduanya berbeda. Gumpalan mata ikan umumnya berukuran kecil dengan bagian tengah yang lunak atau keras. Saat disentuh, bagian mata ikan yang lunak atau keras biasanya akan terasa nyeri.

Cara Mengeluarkan Mata Ikan

Sedangkan kapalan yang merupakan pengerasan atau penebalan lapisan kulit yang jarang menimbulkan rasa nyeri saat anda sentuh. Bagian kulit yang menebal kapalan bahkan kurang sensitif dibandingkan daerah sekitarnya. Ukuran atau luas kulit yang mengeras akibat kapalan seringkali lebih besar dari pada mata ikan.

Namun, kedua masalah kulit ini bisa saja dialami siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Penyebab Mata Ikan Banyak orang yang mengira penyebab mata ikan dan kapalan itu sama, yaitu hanya karena gesekan dan tekanan yang berulang-ulang terutama pada kaki. Padahal tidak demikian.

Penyebab paling umum dari infeksi mata ikan adalah infeksi human papilloma virus (HPV). Selama ini virus tersebut mungkin lebih dikenal sebagai penyebab penyakit menular seksual (PMS) jengger ayam atau kutil kelamin. HPV juga cukup dikenal sebagai penyebab kanker serviks yang paling sering terjadi.

Namun virus ini memiliki banyak jenis dan tentunya jenis HPV penyebab mata ikan dan kedua penyakit tersebut berbeda. Cara menghilangkan mata ikan Mata ikan jarang menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Namun munculnya masalah kulit ini seringkali bisa mengganggu kenyamanan kaki, terutama saat berjalan. Berikut berbagai cara menghilangkan mata ikan yang bisa dicoba:

1. Salep Mata Ikan

pengobatan mata ikan dapat dilakukan dengan mengoleskan salep yang mengandung asam salisilat pada bagian kaki atau anggota tubuh lain yang terkena mata ikan atau katimumul.

Obat-obatan ini biasanya dapat dibeli bebas di apotek. Salah satu contohnya yaitu Collodium ad verrucas 10 persen dengan susu dan asam salisilat. Kandungan asam salisilat dalam obat berfungsi melembutkan kulit mati sehingga lebih mudah diangkat atau dibersihkan.

Baca juga :   Mata Berfungsi Untuk Anda Menghindari Sesuatu Yang Berbahaya

Obat ini bisa dioleskan sekali sehari pada mata ikan, termasuk kapalan selama satu minggu berturut-turut, lalu rendam kaki dalam air hangat. Jika sudah dilakukan, biasanya mata ikan akan melepaskan “biji” yang sudah begitu lunak sehingga bisa dengan mudah dikeluarkan secara mekanis.

2. Plester Mata Ikan.

Fisheye yang tampak besar juga bisa dibuat lembut dengan menempelkan “fisheye tape” berisi salisilat. Sebagai catatan, penderita diabetes atau kencing manis tidak boleh mengobati sendiri kelainan kaki.

3. Operasi

Jika mata ikan tidak menjadi lunak setelah diberi obat dengan kandungan salisilat atau menjadi lebih iritasi, dokter dapat membantu dengan melakukan operasi.

Operasi dilakukan dengan memotong sebagian kulit yang menebal menggunakan pisau bedah. Prosedur pembedahan digunakan untuk mengurangi tekanan pada jaringan di bawah mata ikan.

4. Manajemen Laser

Prosedur perawatan mata ikan ahli ini dilakukan dengan cara membakar gumpalan pembuluh darah kecil di daerah yang terinfeksi. Setelah perawatan laser, jaringan yang terinfeksi mati dan benjolan tersebut terlepas.

5. Menggunakan Batu Apung Atau Sabut Kelapa

Sabut kelapa dan batu apung dapat mengangkat kulit mati pada mata ikan dan meratakan mata ikan, sehingga tekanan dan nyeri berkurang.

Cara pemakaiannya yaitu terlebih dahulu merendam kaki dalam air hangat sebelum melakukan eksfoliasi untuk menipiskan kulit yang tebal. Setelah itu olesi bagian mata ikan dengan sabut kelapa atau batu apung secara lembut dan sedikit demi sedikit.

6. Gosok Getah Jarak

jarak juga bisa digunakan untuk mengobati mata ikan. Caranya adalah dengan mengoleskan getah jarak pagar pada area yang terkena mata ikan lakukan secara rutin untuk mengangkat kulit mati pada mata ikan dan mengecilkan mata ikan pada kaki anda.

7. Tetes Getah Kamboja

Getah kamboja dapat digunakan untuk mengobati mata ikan.

Caranya cukup mudah yaitu dengan meneteskan getah kamboja secukupnya pada kulit yang bermata ikan. Lakukan langkah ini setiap hari hingga sembuh.

8. Oleskan Getah Pepaya Muda

Getah pepaya muda juga dapat digunakan sebagai obat alami mata ikan. Caranya, Oleskan getah pepaya muda pada bagian kulit yang bermata ikan pada kaki anda. Cara Mencegah Fisheye Mata ikan pada awalnya bisa disebabkan oleh tekanan dan gesekan.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti: Penggunaan sepatu yang tidak pas Terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi Menggunakan sepatu tanpa kaus kaki Terlalu sering berjalan atau berlari dengan sepatu Termasuk berdiri terlalu lama Untuk itu, langkah-langkah berikut dapat dicoba untuk mencegah terjadinya fisheye. :

1 Gunakan Sepatu Yang Tepat

Menggunakan sepatu yang nyaman sesuai bentuk dan ukuran kaki penting untuk mengurangi tekanan atau gesekan pada kulit kaki, sehingga dapat mencegah terjadinya mata ikan.

2. Selalu Gunakan Kaus Kaki

Memakai kaos kaki setiap kali menggunakan sepatu perlu dilakukan untuk mengurangi tekanan atau gesekan pada kaki yang dapat memicu terjadinya mata ikan.

3. Selalu Jaga Kebersihan

Secara rutin mencuci kaki dengan sabun dan menyikat setelah menggunakan sepatu sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya mata ikan.

Setelah itu, keringkan kaki Anda hingga benar-benar kering. Untuk dapat menghaluskan kulit dan mengurangi potensi munculnya mata ikan pada kaki, krim pelembab kulit juga bisa digunakan secara rutin pada kaki.

Cara Mengobati Mata Ikan Dengan Bawang Putih

Penyakit mata ikan sangat erat kaitannya dengan aktivitas sehari-hari. Penyakit ini terjadi akibat gesekan yang menyebabkan penebalan pada kulit. Pada awalnya hal itu dianggap enteng. Kalaupun cara mengobati mata ikan tidak diterapkan, bisa bengkak, nyeri, luka, dan lain-lain. Salah satu pengobatan murah dan mudah dengan bawang putih. Bagaimana caranya?

Baca juga :   Vitamin Mata Eyevit Dapat Menjaga Kesehatan Penglihatan Anda

Cara Mengobati Mata Ikan Dengan Bawang Putih

Siapkan Beberapa Siung Bawang Putih

Berapa cengkih yang dibutuhkan untuk mengobati penyakit mata ikan? Tentunya itulah yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Tidak banyak. Cukup 3 siung. Tentunya jumlah siung tergantung dari jumlah mata ikan yang Anda derita. Berapa harga bawang putih sih? Salah satu bawang putih termahal bukan 2 ribu rupiah kan?

Kupas Siung Bawang Putih Olahan

Kenapa bawang putihnya harus dikupas dulu? Masalahnya adalah jika Anda tidak mengupasnya, ekstrak atau sarinya tidak akan keluar dengan benar. Toh bila nanti digunakan untuk pengobatan, efeknya tidak maksimal. Setelah dikupas, segera cuci dengan air bersih dulu agar kuman yang semula menempel hilang. Cuci bersih sepenuhnya.

Haluskan Bawang Putih Kupas

Cobalah untuk menghaluskannya hingga Anda bisa menggunakannya sepenuhnya nanti. Ada dua cara untuk memukulnya. Pertama, bisa dilakukan secara manual. Kedua, Anda bisa menggunakan blender. Kalau mau pakai permukaan batuan juga oke lah. Namun saran terbaik tetap menggunakan blender, asalkan pisaunya benar-benar tajam sehingga hasilnya lembut dan halus.

Lekatkan Pada Mata Ikan

Cara mengobati mata ikan selanjutnya adalah dengan menempelkan bawang putih halus pada permukaan mata ikan. Harap tempelkan bawang putih hingga halus hanya pada mata ikan. Jangan terlalu lebar. Anda mungkin membakar kulit Anda yang tidak ada hubungannya dengan mata ikan nanti. Pasalnya, efek bawang putih sangat kuat dan cenderung keras.

Perban Mata Ikan yang telah Diolesi Bawang Putih

Agar proses penyembuhan mata ikan dengan bawang putih berhasil dan maksimal, segera kenakan balutan. Tapi kalau bisa pakai kain bersih dan belum bekas. Perawatan apa pun tidak akan berhasil jika instrumen kurang steril. Jika tidak ingin menggunakan kain, bisa juga menggunakan plester khusus untuk menutupi mata ikan. Plester ini bisa didapatkan di toko atau apotek.

Biarkan Sepanjang Malam

Setelah perban, tunggu semalaman. Selama perawatan dilakukan dengan benar, kulit tidak akan terbakar keesokan harinya. Saat tidur, sebaiknya jangan terlalu banyak bergerak agar balutannya aman.

Cara Menghapus Perban

Saat balutan dilepas, biasanya akan muncul tanda kesembuhan pada mata ikan. Cara melepas perban juga tidak sembarangan. Harus berhati-hati dan memperlambat. Jangan biarkan gerakan Anda melukai kulit. Cara yang tidak berhasil dalam merawat mata ikan juga bisa disebabkan oleh melepas perban yang salah. Bersabarlah, jangan terburu-buru saat melepasnya.

Cara Mengganti Perban

Berapa kali proses perawatan harus dilakukan? Sebaiknya setiap hari sebelum penyakit mata ikan Anda benar-benar sembuh. Masalahnya adalah jika balutan tidak diganti, efeknya akan hilang. Perawatan yang dilakukan sebelumnya sama sekali tidak berguna. Toh, dengan pembaruan bawang putih halus, ancaman bakteri / virus bisa dihindari. Ganti perban dengan hati-hati dan pastikan balutan bersih, bebas bakteri.

Pantang Bagi Penderita Mata Ikan

Selama masa penyembuhan, ada pantangan tertentu yang tidak bisa dilanggar. Apa pun? Pertama, jangan melakukan pekerjaan berat, seperti mengangkat beban berat. Kedua, kenakan pakaian ketat, terutama yang bersentuhan langsung dengan mata ikan. Ketiga, Anda tidak boleh kotor dengan alasan apapun. Terakhir, jangan begadang. Larangan terakhir jangan pernah dianggap remeh.

Cara merawat mata ikan dengan bawang putih bisa dibilang paling mudah dari yang lainnya. Soalnya, ada yang melakukan operasi untuk mengembalikan kulit menjadi normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *