Kebiasaan Yang Bisa Merusak Mata Tapi Sangat Menyenangkan

Ada banyak sekali kebiasaan yang bisa merusak mata yang harus diwaspadai. Sayangnya, yang namanya kebiasaan memang susah untuk diubah, namun jika sudah menyangkut kesehatan, kenapa tidak?

Nah, berikut ini ada beberapa kebiasan buruk yang bisa membuat organ penglihatan anda menurun kesehatannya. Jika kebiasaan tersebut masih juga anda lakukan hingga sekarang, ada baiknya untuk segera mengubahnya.

1. Membaca tanpa disetai dengan penerangan yang cukup

Membaca merupakan salah satu aktivitas yang seru dan menyenangkan. Ada begitu banyak buku berkualitas yang dapat dibaca. Sayangnya, membaca menjadi salah satu kebiasaan yang bisa merusak mata jika dilakukan tanpa penerangan yang cukup.

Terlebih jika anda membaca sembari memposisikan diri dengan berbaring. Jika dilakukan secara terus-menerus tanpa inisiatif untuk mengubahnya, maka kemungkinan mata mengalami kerusakan akan semakin tinggi.

2. Tidak menggunakan kacamata saat berada di luar ruangan

Teriknya matahari sekarang ini semakin terasa. Hal ini bisa berpengaruh buruk pada kesehatan kulit hingga mata. Jika ingin indera penglihatan terhindar dari kerusakan ataupun penurunan kemampuan, maka penggunaan kacamata hitam sangatlah disarankan.

Baca juga :   Vitamin Mata Herbal Ini Dianggap Sangat Efektif Untuk Mengobati Mata

Terlebih lagi jika pekerjaan membuat anda harus berlama-lama di luar ruangan, maka keberadaan kacamata sebaiknya selalu siap sedia. Letakkan kacamata hitam di tas agar bisa digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca juga : Pencegahan dan Gejala Penyakit Katarak, Penting untuk Tahu

3. Tidak mengistirahatkan mata saat melihat komputer

Kebiasaan yang dapat merusak mata yang selanjutnya adalah tidak berkedip saat berada di depan gadget. Hal ini bisa mengakibatkan mata yang kering hingga mengalami gangguan kesehatan. Akan lebih baik jika anda berkedip setiap beberapa detik sekali untuk menjaga kelembapanmata. Selain itu jngan lupa juga untuk mengistirahatkannya.

Menghindarkan mata dari gangguan kesehatan akibat penggunaan komputer sendiri bisa diantisipasi dengan banyak cara. Yang pertama adalah dengan menggunakan komputer pada ruangan yang terang. Selain itu atur pula tingkat kecerahan pada layar komputer yang anda miliki.

Baca juga :   Vitamin Mata Kering Dan Cara Mengatasi Yang Sangat Ampuh

4. Tidak melakukan pemeriksaan mata

Pemeriksaan mata sebaiknya dilakukan secara rutin. Dengan demikian, anda bisa tahu kapan mata mengalami gangguan dan butuh perawatan. Laukan pemeriksaan mata setidaknya setahun sekali untuk memastikan jika mata anda baik-baik saja. Jangan menunggu mata sakit baru anda melakukan pemeriksaan.

Jikapun anda sibuk dengan pekerjaan atau rutinitas harian, hal ini bukanlah alasan. Karena anda bisa selalu menyempatkan diri melakukan pemeriksaan jika anda mau. Apalagi sekarang ini ada banyak layanan kesehatan bisa anda temukan di berbagai lokasi.

5. Menonton televisi sembari berbaring

Menonton televisi sembari berbaring merupakan salah satu kebiasan yang bisa merusak mata selanjutnya. Sayangnya banyaknya program televisi yang menarik membuat kita terlalu asik dengan televisi. Selain tidak menghiraukan jarak pandang, kita juga cenderung menonton TV sembari tiduran. Akibatnya mata menjadi mudah lelah hingga mengalami gangguan.

Tips menonton televisi yang baik untuk mata adalah dengan memperhatikan jarak pandang. Selain itu pastikan jika ruangan tidak dalam kondisi gelap total. Kondisi ruangan yang demikian bisa menciptakan kontras dengan cahaya televisi sehingga tidak baik untuk kesehatan mata.

Baca juga :   Biaya Operasi Mata Silinder Hendak Operasi Lasik

Hindari beragam kebiasaan yang bisa merusak mata di atas untuk mendapatkan mata yang sehat hingga tua. Selain itu pastikan jika anda selalu mencukupi nutrisi untuk organ penglihatan anda.

Ada banyak nutrisi yang baik untuk mata mulai dari jenis buah-buahan, sayuran hingga ikan. Konsumsi ragam makanan yang sehat untuk mata untuk mendapatkan hasilnya secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *