Tips Mata Sehat Agar Mata Lebih Jernih Seiring Bertambahnya Usia

Kita terkadang lupa menjaga kesehatan mata. Padahal mata termasuk dalam panca indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa ada mata, kita tidak bisa untuk dapat melihat keindahan dunia dan wajah orang – orang terdekat kita. Untuk memastikan mata Anda tetap sehat seiring bertambahnya usia, berikut ada beberapa tips untuk dapat menjaga kesehatan mata.

1. Makan Banyak Buah Dan Sayur

Wortel yang mengandung beta karoten yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata kita. Itu karena beta karoten merupakan antioksidan yang dapat menurunkan risiko terjadinya degenerasi makula.

2. Hindari Memakai Lensa Kontak

Hindari untuk memakai lensa kontak yang terlalu lama karna dapat menyebabkan kerusakan kesehatan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan memakai kacamata terlalu lama.

3. Kurangi Penggunaan Obat Tetes Mata

Kurangi Penggunaan Obat Tetes Mata

Mengurangi penggunaan obat tetes mata. Menggunakan obat tetes mata untuk mengobati mata merah boleh – boleh saja, tetapi hanya sesekali. Jika Anda berlebihan, justru akan merusak kesehatan mata Anda.

4. Gunakan Mentimun

Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Letakkan irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.

5. Kenakan Kacamata Hitam Pelindung UV

Gunakan lensa terpolarisasi, bukan hanya yang gelap. Kacamata hitam untuk pelindung dari UV diperlukan untuk dapat melawan paparan sinar matahari.

6. Hindari Duduk Terlalu Lama Di Depan Komputer

Untuk menjaga kesehatan mata, usahakan untuk tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer. Itu bisa membuat mata Anda lelah.

Baca juga :   Cara Mengobati Mata Lelah Sangat Penting Untuk Kesehatan Mata

7. Pakai Kacamata Di Waktu Yang Tepat

Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lain saat bekerja di sekitar bahan kimia atau area dengan partikulat udara berbahaya.

8. Jangan Membaca Dalam Cahaya Redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya redup yang dapat menyebabkan mata tegang. Jika mata Anda sudah terasa lelah, Maka berhentilah sejenak dan istirahatlah.

9. Jangan Langsung Melihat Cahaya Yang Terlalu Terang

Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan memfokuskan mata pada matahari karena bisa merusak mata.

10. Latih Mata Dan Buat Menjadi Rileks

Cobalah untuk memfokuskan mata Anda sejenak pada objek yang dekat dan objek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.

Tips Mata Sehat

Tips Mata Sehat Dan Bening

Mata yang jernih dan bersih adalah dambaan setiap orang. Memiliki mata yang jernih tidak hanya menyehatkan tetapi juga membuat tampilan mata kita semakin menarik. berikut enam tips agar mata lebih jernih dan sehat.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak, Bunda Harus Tahu

Untuk dapat membuat mata kita menjadi bersih dan jernih kita bisa menggunakan bahan yang bisa didapatkan di rumah.

Tips Mata Sehat Dan Bening

1. Kompres Dengan Air Dingin

Biasanya mengompres mata dengan menggunakan air dingin juga dapat mengurangi bengkak, namun cara ini juga bisa membuat mata bersih dan jernih.

Baca juga :   Vitamin Mata Katarak Penting Untuk Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Cara ini bisa dilakukan dengan menuangkan air dingin ke dalam mangkok atau air yang sudah dicampur es batu. Setelah itu celupkan kain bersih ke dalam air dingin lalu peras dan tempelkan pada kelopak mata. Kompres mata dalam posisi tidur agar membuat mata lebih nyaman.

2. Bersihkan Mata Dengan Air Garam Bersih

Maka untuk menjaga agar mata tetap cerah, kita perlu membiasakan diri untuk mencuci mata. Kegiatan cuci mata ini dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit mata yang disebabkan oleh virus dan bakteri. .

  • Campurkan satu gelas air dan satu sendok teh garam bersih.
  • Cara mencuci mata dengan merendam wajah di dalam air.
  • Buka mata Anda dan berkedip beberapa kali di dalam air.
  • Tidak hanya menggunakan garam bersih, air bersih juga sangat disarankan.

Namun, jika Anda tidak memiliki garam khusus yang bersih, maka gunakan daun sirih rebus sebagai media cuci mata Anda.

3. Kompres Mata Dengan Kantong Teh

Bahan alami seperti flavonoid dalam kantong teh akan membuat mata Anda rileks. Anda bisa mencoba cara ini dengan mencelupkan kantong teh ke dalam air. Setelah itu simpan di lemari es selama 30 menit. Kompres mata dengan kantong teh sambil berbaring. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan handuk.

4. Kompres Dengan Susu Dingin

Susu dingin adalah rahasia membuat mata lelah menjadi sangat segar. Susu juga dapat memberikan efek yang sangat menenangkan pada mata dan tanpa resiko apapun.

Baca juga :   Vitamin Untuk Mata Rabun Untuk Membantu Anda Melihat Lebih Jelas

Salah satu cara untuk mencobanya adalah dengan menyiapkan secangkir kecil susu putih dingin.
masukkan kapas ke dalam susu sampai benar  -benar terserap. Setelah itu oleskan kapas pada kelopak mata dan biarkan beberapa saat. Setelah selesai, bersihkan mata dengan air bersih.

5. Kompres Dengan Stroberi

Stroberi beku atau stroberi dingin penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mata.
Caranya dengan memotong stroberi dingin menjadi beberapa bagian.

Tutup mata Anda dan letakkan irisan stroberi di atas kelopak mata Anda. Tunggu sekitar 15 menit hingga tidak terasa dingin lagi. Lalu basuh mata dengan air dingin.

6. Kompres Dengan Mentimun

Cara ini adalah cara umum untuk menjernihkan mata Anda. Mentimun sudah dikenal sejak lama membuat mata lebih segar dan jernih. Potong mentimun dingin menjadi beberapa bagian. letakkan di atas mata tertutup. Tunggu sekitar 15 hingga 20 menit, hingga suhu dingin pada mentimun hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *