Ukuran Mata Minus Yang Sering Terjadi, Cek Disini!

Ukuran Mata Minus yang sering terjadi pada penderita sangat bervariasi. Oleh sebab itu, dalam postingan ini kami akan mengulas beberapa hal penting mengenai Ukuran Mata Minus. Yuk kita lanjut kepembahasannya!

Mata minus atau rabun jauh merupakan suatu kondisi mata yang menyebabkan benda yang berada dekat dapat terlihat dengan jelas, sedangkan benda yang berada jauh tampak buram. Kondisi ini juga dikenal sebagai miopia.

Tingkat keparahan rabun jauh sangat bervariasi dan bervariasi dari orang ke orang. Orang dengan rabun jauh ringan umumnya tidak membutuhkan perawatan khusus.

Namun penyakit mata minus yang tergolong parah akan mempengaruhi kemampuan penglihatan penderitanya sehingga harus ditangani dengan cepat oleh dokter..

Tingkatan mata minus

Tingkatan mata minus terbagi menjadi 3 level yaitu low / light, medium / sedang dan berat.

Tingkatan mata minus atau pengelompokan ditentukan berdasarkan dioptri (D) yang dimiliki pasien.

Dioptri adalah alat ukur yang digunakan oleh para ahli medis untuk mengukur seberapa parah minus / rabun jauh seseorang. Dioptri didefinisikan sebagai jarak fokus timbal balik yang diukur dalam meter (yaitu 1 / meter).

Ukuran Mata Minus

Berikut pengelompokan kadar mata minus berdasarkan jumlah dioptri (D), yaitu:

  • Mata minus 1 artinya Minus dengan ukuran 0,5 D – 3 D termasuk minus / rabun jauh tergolong ringan / rendah.
  • Mata minus 4 artinya Minus dengan dioptri 3 D – 6 D termasuk minus level menengah / sedang.
  • Mata minus 100 artinya mata minus berat / tinggi atau berat minus, yaitu lebih dari 6+ D.

Apa itu Mata minus 0 75 dan mata minus 1,25 ?

Angka-angka ini adalah kesalahan bias. Kesalahan bias diukur dengan peningkatan dioptri 0,25. 0,25, 0,50, 0,75, 1,00, 1,25, 1,50 dll.

0,25 diopter adalah resep terkecil. Itu adalah seperempat diopter dan perbedaannya hampir tidak terlihat. Penglihatan jarak akan mulai kabur pada -0,50 atau -0,75 sedangkan jarak membaca (40 cm) akan kabur pada sekitar -2,50 hingga -2,75. Bergantung pada amplitudo akomodasi Anda, titik dekat mata bisa berkisar dari 6,6 cm hingga 2 meter.

Baca juga :   Anda Wajib Tahu, Kapan Tanda Kacamata Harus Segera Diganti

Begitu Anda mencapai usia 20 tahun, amplitudo akomodasi akan mulai menurun.

Dari usia 0 hingga 20 tahun, Anda memiliki sekitar 11 dioptri akomodasi.

  • Pada usia 30, turun menjadi 8 dioptri.
  • Pada usia 40, turun menjadi 5.
  • Saat itulah presbiopia mulai terjadi.
  • Pada usia 50, ia turun menjadi 2 dioptri sementara itu turun menjadi 1 pada usia 60.

Diopter artinya dibagi dengan panjang fokus dalam meter.

  • -0,25 melihat dengan jelas hingga 4 meter.
  • -0,50 melihat dengan jelas hingga 2 meter.
  • -1.00 melihat dengan jelas hingga 1 meter.
  • -2.00 melihat dengan jelas hingga 50 cm.

Untuk orang dengan -4.00, dia hanya bisa melihat objek yang lebih dekat dari 25 cm dengan jelas. Segala sesuatu di luar jarak itu sangat kabur.

Tingkat keparahan kesalahan bias tergantung pada seberapa besar angka setelah + atau -. Semakin besar angkanya, semakin buruk penglihatan Anda.

Saat melihat objek di luar 1 meter, mata -.75 Anda melihat lebih baik daripada -1 mata Anda. Itu karena -.75 mata Anda bisa melihat dengan jelas hingga 1,33 m sedangkan untuk -1 mata Anda hanya 1 m.

Saat melihat objek dengan jarak lebih dari 1 meter, kedua mata Anda akan melihat dengan sama baiknya.

Penyebab mata minus

Berikut ini beberapa penyebab mata minus yang perlu anda ketahui mulai dari sekarang.

Terlalu Sering Begadang

Baca juga :   Vitamin Mata Terbaik Bagi Pengguna Gadget Setiap Hari

Sering begadang selain mengganggu kesehatan tubuh,ia juga bisa menggangu fungsi kesehatan mata. Kurang tidur dapat menyebabkan mata tegang dan lelah, yang selanjutnya dapat menyebabkan mata minus.

Istirahat yang cukup dengan tidur 6 hingga 8 jam per hari dapat membantu mata Anda pulih dari rasa lelah setelah seharian beraktivitas. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat membantu memberikan pelumasan yang signifikan pada mata sehingga dapat membersihkan iritasi yang terakumulasi.

Melihat Layar Monitor Terlalu Dekat atau Lama

Penyebab mata minus berikutnya adalah terlalu sering menatap layar monitor terlalu dekat dalam jangka waktu yang lama. Kebiasaan ini bisa membuat mata bekerja lebih keras lagi.

Inilah yang menyebabkan mata menjadi lelah dan melemahkan fungsinya. Jika Anda sering melakukan kebiasaan buruk ini, maka tidak heran risiko mata Anda menjadi minus sangat mungkin terjadi.

Membaca dan Main Gadget Terlalu Sering

Kebiasaan membaca dan bermain gadget di tempat gelap menjadi salah satu penyebab mata minus. Ditambah dengan melihat terlalu dekat, dapat meningkatkan risiko mata menjadi buram dan kemudian penglihatannya menjadi terganggu.

Sering mengucek mata

Kebiasaan buruk yang sering dianggap sepele namun bisa mengakibatkan mata minus adalah sering mengucek mata. Sering mengucek mata bisa memicu alergi konjungtivitis dan infeksi mata.

Selain itu, terlalu sering mengucek mata dapat menimbulkan risiko keratoconus, yaitu penipisan dan pembentukan kembali kornea dari bentuk bulat menjadi kerucut. Ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara bertahap.

Berapa minus mata paling rendah?

Ukuran mata minus paling rendah adalah 0,5 D, semakin tinggi dioptrinya, semakin buruk minusnya. Minusnya dikatakan berat jika lebih dari 6D.

Apakah mata minus 1 harus pakai kacamata?

Gunakanlah kaca mata sesuai minus yang terjadi pada anda, karena minus bisa diketahui berdasarkan ketajaman penglihatan seseorang. Prinsipnya justru jika penggunaan kacamata minus dengan kekuatan terkecil dapat melihat tampilan dengan lebih baik maka lebih baik menggunakan kacamata minus dan sebaliknya.

Baca juga :   Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Dan Mencegah Penyakit Mata

Kapan minus berhenti?

Secara umum, mata minus akan berhenti membesar saat seseorang mencapai usia 18 tahun, yaitu saat pertumbuhan dan perkembangan bola mata sudah maksimal. Meski hal ini juga dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan.

Apa mata minus bisa sembuh total?

Perlu diketahui, secara medis mata minus tidak bisa disembuhkan dengan cara tradisional. Satu-satunya cara menyembuhkan mata minus adalah dengan operasi kornea yang disebut juga dengan operasi LASIK (Laser Asissted In situ Interlamellar Keratomilieusis).

Berapa minus mata paling besar?

Tingkat mata minus dibagi menjadi beberapa level, level ini ditunjukkan dengan ukuran dioptri. Minus terendah adalah 0,5 D, semakin tinggi dioptrinya, semakin buruk minusnya. Mata Minus paling besar jika lebih dari 6D.

Arti visus 6 20 minus berapa?

Ketajaman penglihatan mata manusia normal adalah 20/20 atau dalam satuan 6/6 meter. Artinya dalam jarak 20 kaki atau 6 meter, mata Anda masih cukup tajam untuk melihat tulisan yang biasanya terbaca dari jarak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *