Vitamin Mata Alami Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Seperti bagian tubuh lain yang membutuhkan asupan vitamin, mata kita juga membutuhkan asupan vitamin. Menurut penelitian, vitamin yang kita konsumsi bermanfaat untuk kesehatan mata.

Seperti vitamin A untuk melindungi mata kita dari gangguan penglihatan dan vitamin C yang dapt membantu melindungi mata kita dari radikal bebas, serta membantu tubuh untuk menyerap lebih banyak mineral dan nutrisi.

Vitamin mata alami

Berikut kami rekomendasikan vitamin mata alami seperti:

Beta Karoten

Manfaat Beta-Karoten yang dapat mengurangi degenerasi makula. Anda bisa menemukan kandungan ini pada makanan seperti:

  • Wortel
  • Ubi jalar
  • Bayam
  • Kangkung
  • Labu kuning.

Flavonoid

Kandungan flavonoid bermanfaat untuk melindungi mata dari gangguan seperti katarak dan degenerasi makula. Dan anda bisa menemukan kandungan nutrisi ini pada sumber makanan seperti:

  • Teh
  • Anggur merah
  • Jeruk
  • Billberry
  • Blueberry
  • Ceri
  • Kacang-kacangan
  • Dan kedelai.

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki manfaat luar biasa untuk mata. Bahakan bisa mencegah degenerasi makula, kandungan ini juga bisa melindungi mata dari mata kering. Dan makanan yang mengandung vitamin mata alami yaitu seperti:

  • Salmon
  • Minyak ikan
  • Dan biji rami.

Vitamin A

Vitamin A ini tentunya sudah biasa jika baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang dapat melindungi mata anda dari gangguan mata kering. Sumber makanan yang mengandung kandungan ini adalah:

  • Daging sapi
  • Telur
  • Mentega
  • Dan susu.

Vitamin D

Manfaat vitamin D untuk mata kita yaitu dapat mengurangi risiko degenerasi makula. Sumber makanan yang mengandung kandungan ini antara lain:

  • Salmon
  • Sarden
  • Dan susu.

Vitamin E.

Vitamin E yaitu dapat menjaga sel dan jaringan tetap kuat dan dapat terlindung dari gangguan inflamasi mata.

Seng

Zenc atau Zinc yang bermanfaat untuk sel, menjaga kesehatan sirkulasi, Dan menyeimbangkan hormon yang mencegah reaksi autoimun dan dapat melindungi mata. Sumber makanan yang mengandung kandungan ini antara lain yaitu:

  • Ikan
  • Daging sapi
  • Kambing
  • Dan kacang-kacangan.

Nutrisi Yang Dapat Menunjang Kesehatan Mata

Mungkin Anda hanya tahu bahwa vitamin yang baik untuk mata adalah vitamin A. Namun, mata juga membutuhkan nutrisi lain yang tidak kalah pentingnya dari vitamin A. Diantaranya adalah vitamin C, vitamin E, lutein, zeaxanthin, dan asam lemak omega 3.

Nutrisi Yang Dapat Menunjang Kesehatan Mata

Tidak dapat dipungkiri bahwa jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari akan sangat menentukan status kesehatan tubuh kita. Ini termasuk kesehatan mata.

Seberapa besar Anda peduli dengan kesehatan mata? Ayo jaga kesehatan mata dengan asupan nutrisi berikut ini:

Antioksidan

Antioksidan dalam tubuh mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Itulah mengapa antioksidan dibutuhkan tubuh tidak hanya untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker atau membantu mencegah penuaan dini. Antioksidan juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Bintitan Dalam Semalam Terbukti Ampuh

Makanan dengan kandungan vitamin A dan C yang kaya beta karoten membantu memperkuat sel mata dan mencegah risiko masalah mata akibat penuaan, seperti rabun senja atau mata kering. Antioksidan juga membantu melindungi mata dari paparan bakteri dan kuman.

Selain antioksidan, mata Anda juga membutuhkan asupan mineral lain seperti selenium dan zinc untuk mengoptimalkan penyerapan antioksidan yang diperlukan.

Sumber antioksidan untuk mata bisa didapatkan dari buah dan sayuran berwarna cerah, seperti wortel, labu kuning, ubi jalar, anggur, jeruk, dan lain-lain. Konsentrasi antioksidan juga akan semakin melimpah dalam bentuk bahan pangan segar.

vitamin mata alami

Vitamin A

Kandungan vitamin A cukup tinggi pada hati sapi, telur, dan sayur mayur seperti wortel atau bayam. Selain bermanfaat untuk proses antioksidan, vitamin A penting untuk membantu mendukung fungsi retina yang bertanggung jawab untuk beradaptasi dengan terang dan gelap terang.

Tak hanya itu, vitamin A juga bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi risiko katarak dan gangguan degenerasi makula yang berhubungan dengan penuaan.

Vitamin C

Vitamin ini diketahui memiliki sederet manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, salah satunya untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan di sini berfungsi mencegah katarak dan kerusakan mata akibat penuaan (makula degeneratif).

Dan anda dapat mengosumsi vitamin C untuk kesehatan mata dari sumber makanan seperti stroberi, jeruk, paprika, dan brokoli.

Vitamin E.

Seperti vitamin A dan C, vitamin E juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata kita karena membantu memperlambat perkembangan katarak pada mata. Vitamin E bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau. Meski tidak sebanyak sayuran hijau, vitamin E juga bisa ditemukan pada telur, susu, ampela hati, dan minyak zaitun.

Selenium Dan Zeng

Selenium dan zinc untuk kesehatan mata tidak bisa dipisahkan. Pasalnya, dengan kedua mineral inilah proses oksidasi yang terjadi. Kedua mineral ini berperan penting dalam penyerapan antioksidan dalam makanan.

Selenium dapat ditemukan pada makaroni dan keju. Sedangkan seng bisa ditemukan pada keju, yogurt, daging merah, dan beberapa jenis sereal yang diperkaya dengan mineral zinc.

Setelah mengetahui sumber nutrisi terbaik untuk kesehatan mata, kini saatnya mulai bertindak. Ingatlah, mata yang merupakan jendela jiwa, sebaiknya jangan mengabaikan kesehatannya.

Tanaman Obat Mata Herbal

Mata merupakan organ paling vital bagi manusia. Semua aktivitas akan terganggu jika mata bermasalah. Menjaga kesehatan mata sangat penting dilakukan antara lain dengan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin A.

Tanaman Obat Mata Herbal
Gangguan kesehatan pada mata bisa terjadi akibat kelelahan mata, kurang tidur, virus atau infeksi bakteri. Gangguan mata juga disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

Baca juga :   Warna Mata Bayi Yang Sehat Warna Yang Sama Pada Kedua Matanya

Dan alam telah menyediakan berbagai jenis tumbuhan untuk pengobatan.

Berikut adalah jenis tanaman obat mata herbal:

Daun Sendok

Daun sendok yang merupakan tanaman herbal yang efektif untuk mengobati gangguan mata. Daun sendok mengadung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium dan kalsium. Bahkan Selain itu daun sendok juga memiliki khasiat untuk menutrisi lever, meningkatkan fungsi ginjal dan dapat meningkatkan stamina.

Untuk cara menggunakan daun sendok sebagai obat mata, cukup meminum air rebusan daunnya. rebus segenggam daun sendok yang segar dengan 4 gelas air bersih. Rebus daunnya hingga mendidih hingga air rebusan hanya tersisa 2 gelas. Setelah dingin lalu disaring, tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam 1 gelas air rebusan. Minum secara rutin 3 kali sehari.

Buah Mengkudu / Pace

Buah atau buah mengkudu memiliki banyak khasiat dan khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mengobati gangguan mata. 2 buah mengkudu yang matang diparut atau dimemarkan. Tambahkan 1 gelas palm wine, lalu aduk hingga rata. Peras dan saring bahannya untuk diambil airnya. Minum secara rutin 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

Daun Pegagan

Daun pegagan mengandung berbagai zat yang bermanfaat untuk kesehatan. A.un gotu kola dikenal memiliki kemampuan untuk memperbaiki dan merevitalisasi pembuluh darah dan sel saraf mata yang rusak. Daun pegagan juga efektif menyembuhkan mata bengkak. Daun pegagan bisa dikonsumsi sebagai lalapan atau lalapan.

Untuk mengobati mata bengkak, daun pegagan memarkan terlebih dahulu. Lalu diperas untuk diambil airnya. Air dari perasan daun pegagan digunakan dengan cara diteteskan ke mata. Hati-hati menggunakannya, itu lebih baik
berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu.

Daun Melati

Daun melati diketahui dapat digunakan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan gangguan kesehatan mata, khususnya mata minus. Caranya cukup mudah, segenggam daun melati segar ditumbuk hingga halus.

Kemudian ditempel di dahi (sekitar area mata). Jika daun melati mengering segera gantilah dengan yang baru. Lakukan secara rutin selama proses penyembuhan.

Daun Sirih

Daun sirih merupakan tumbuhan obat mata yang paling populer. Saking populernya, hampir tidak ada orang Indonesia yang belum mengetahui manfaat daun sirih. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan merebus 5 lembar daun sirih kemudian diteteskan ke mata setelah dingin.

Atau dengan memasukkan air rebusan daun sirih ke dalam baskom, lalu memasukkan wajah ke dalam baskom dengan mata terbuka.

Rumput Mutiara

Rumput mutiara dikenal sangat efektif untuk membersihkan pembuluh darah dari kotoran yang tersumbat. Jika pembuluh darah bersih dan aliran darah di area mata lancar, mata akan sehat dan tidak mudah lelah.

Cara mengkonsumsi rumput mutiara sebagai obat mata adalah dengan meminum air rebusannya. Rebus 30 gram rumput mutiara dengan 4 gelas air bersih. Rebus hingga mendidih hingga tersisa 2 gelas air rebusan. Minum rebusan tersebut 3 kali sehari masing-masing 2 gelas.

Baca juga :   Pengobatan Katarak Tanpa Operasi Yang Cepat Dan Efektif

Tanaman Keben

Keben dalam bahasa latinnya memiliki nama Barringtonia asiatica Kurz. Tanaman ini merupakan tanaman herbal asli Papua, orang Papua menyebutnya rabon pi keben. Orang Papua memanfaatkan tanaman keben sebagai obat mata. Bagian tumbuhan yang digunakan untuk obat mata adalah buah dan bijinya.

Ki Tolod

Tanaman Ki Tolod diketahui memiliki khasiat dalam menyembuhkan gangguan mata seperti miopia, mata minus / plus, dan katarak. Bagian tanaman ki tolod yang berkhasiat sebagai obat mata adalah bunganya.

Daun chitolod mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol. Getah tanaman Ki Tolod mengandung racun, selain itu ki tolod juga memiliki sifat anti inflamasi, anti kanker, meredakan nyeri dan dapat menghentikan pendarahan.

Daun Dewa

Selain menurunkan kolesterol, daun dewa juga bermanfaat dalam mengobati gangguan mata. Daun dewa diketahui mampu mengatasi penggumpalan darah dan memperlancar aliran darah.

Untuk meningkatkan aliran darah ke mata adalah dengan meminum air rebusan dari daun dewa. rebus 5 lembar daun dewa dengan 4 gelas air bersih hingga mendidih, rebus hingga tersisa 1,5 gelas.

Tanaman Jengger Ayam (Boroco)

Seluruh bagian jengger ayam atau tanaman boroco berguna untuk mengobati radang mata. Selain mengobati radang mata, tanaman jengger ayam juga efektif mengobati hipertensi.

caranya untuk mengobati infeksi bagian dalam mata: ambil 20 gram daun boroco dan 20 gram biji boroco direbus dengan air bersih secukupnya.

Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh mata. Awas
menggunakannya, silakan berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu.

Kembang Telang

Tanaman bunga telang dalam bahasa latin disebut Clitoria ternatea L. memiliki khasiat untuk mengobati radang mata merah. Selain itu tanaman ini juga bermanfaat di alam untuk menyembuhkan abses, maag, sakit telinga, demam dan radang lambung. Untuk mengobati radang mata merah, bagian tumbuhan yang digunakan adalah bunganya.

Rendam bunga telang di dalam air, diamkan beberapa saat hingga air berubah menjadi biru. Gunakan air untuk mencuci mata Anda. Sebelum menggunakan tanaman ini untuk obat mata, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan ahlinya.

PERHATIAN !!

Mata merupakan organ yang sangat vital bagi manusia, jadi berhati-hatilah saat menggunakan obat-obatan yang berhubungan dengan mata. Jangan sembarangan menggunakan obat mata meski merupakan tanaman herbal, apalagi untuk obat yang langsung masuk ke mata. Sedikit saja bisa berakibat fatal. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan ahlinya. Semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.