Vitamin Mata Kering Dan Cara Mengatasi Yang Sangat Ampuh

Mata kering adalah kondisi umum saat penglihatan manusia tidak menghasilkan cukup air. Ada banyak pengobatan untuk mengatasi mata kering, salah satunya dengan menggunakan vitamin.

Seseorang dengan pola makan yang sehat dan seimbang biasanya mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Orang lain mungkin membutuhkan vitamin atau suplemen berdasarkan rekomendasi dokter.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet antioksidan dengan vitamin A, C, dan E, serta mineral zinc, dapat mencegah mata kering, termasuk degenerasi makula. Ini adalah kondisi dimana mata kehilangan penglihatan, sehingga tidak bisa mengontrol pusat penglihatan.

vitamin mata kering

Ternyata sindrom mata kering bisa diobati dengan ketiga vitamin seperti :

Vitamin A

Kekurangan vitamin A terkait dengan mata. Sebanyak 50 persen anak prasekolah di berbagai negara di dunia kekurangan vitamin A. Vitamin A dalam bentuk tetes terbukti bermanfaat untuk mengatasi mata kering. Namun, vitamin ini terkadang berdampak buruk bagi kesehatan jika tidak mengikuti resep dokter.

Vitamin A berpotensi menyebabkan degenerasi retinal pada penderita penyakit Stargardt resesif, distrofi batang kerucut, dan kondisi retina lainnya karena variasi genetik tertentu. Asupan vitamin A yang berlebihan juga memicu sakit perut dan sakit kepala, mual, dan mudah tersinggung.

Vitamin D

Penelitian awal menunjukkan vitamin D dikaitkan dengan mata kering karena gangguan fungsi air mata. Ini karena seseorang kekurangan vitamin D. Vitamin D melindungi mata dengan meningkatkan lapisan pelindung air mata yang menutupi bagian depan mata. Vitamin D juga mengurangi peradangan permukaan mata.

Komplikasi dari terlalu banyak vitamin D adalah penumpukan kalsium di dalam darah. Ini bisa memperburuk nafsu makan, mual, dan muntah. Dalam beberapa kasus, hal ini menyebabkan kesulitan buang air kecil, masalah ginjal, dan kelemahan.

Omega 3

National Eye Institute (NEI) menyarankan suplemen omega-3 atau sumber makanan asam lemak omega-3 dapat mengurangi gejala iritasi pada orang dengan mata kering.

Asam lemak omega-3 DHA dan EPA terutama ditemukan dalam ikan teri, herring, mackerel, salmon, sarden, dan tuna. Konsumsi omega-3 yang berlebihan meningkatkan risiko kanker prostat.

Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan agar seseorang mengonsumsi tidak lebih dari tiga gram omega-3 per hari dari makanan dan suplemen.

Cara lain untuk mengobati mata kering adalah dengan menggunakan obat tetes mata yang diresepkan oleh dokter Anda. Perubahan gaya hidup juga dibutuhkan, seperti memakai kacamata saat cuaca sedang panas; menjaga mata terlindung dari angin, udara panas, asap dan debu; pasang pembersih udara dalam ruangan, pasang pelembab untuk mempertahankan kelembaban; menjaga kebersihan mata dengan kain hangat atau handuk basah bersih; dan beristirahat setelah berjam-jam melakukan tugas intensif mata, seperti bekerja di depan komputer.

Kacamata Untuk Mata Kering

Semakin banyak orang yang menggunakan teknologi gadget digital seperti komputer, laptop, handphone, atau tablet. Tentu saja, hal ini dapat berdampak pada ketegangan mata, penglihatan kabur, mata kering, dan gejala sindrom penglihatan lainnya.

Kacamata Untuk Mata Kering

Hal ini tentunya terlepas dari tuntutan pekerjaan, juga karena sudah menjadi kebiasaan hampir setiap orang saat ini. Menurut semua tentang halaman penglihatan, ketegangan mata atau penglihatan kabur mungkin karena ketidakmampuan mata untuk fokus secara akurat pada layar gadget.

Lalu apa yang bisa dilakukan? Salah satu caranya adalah dengan memakai kacamata anti radiasi atau kacamata baca komputer, karena kacamata ini berfungsi untuk menangkal efek cahaya biru yang berpotensi merusak mata dan dapat mengurangi ketegangan mata saat melihat layar.

Baca juga :   Terapi Mata Minus Efektif Dalam Membantu Mengatasi Minus Mata

Kacamata komputer berbeda dengan kacamata biasa atau kacamata baca terutama dalam hal pengoptimalan penglihatan saat melihat layar komputer. Tanpa kacamata komputer atau kacamata anti radiasi, seseorang yang sering bersentuhan dengan gadget biasanya berakhir dengan penglihatan kabur, mata tegang, dan sakit kepala. Secara umum, kacamata komputer memiliki sekitar 60 persen daya pembesar dari kacamata baca.

Tetapi pembesaran yang optimal tergantung pada seberapa jauh seseorang memilih untuk duduk dari layar komputer dan seberapa dekat orang ingin memegang dan menatap perangkat digital mereka. Tapi apa sih manfaat kacamata anti radiasi?

Berikut kelebihannya seperti dilansir Finest Glasses:

1. Kacamata anti radiasi, kacamata yang dapat menyerap gelombang mikro berfrekuensi rendah dan dapat menghilangkan gejala potensial untuk mata anda seperti :

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Kelelahan dan kekeringan.

2. Kacamata anti radiasi mengadopsi teknologi pelapisan vakum ion canggih dan dapat memblokir radiasi elektromagnetik, oleh karena itu tidak memiliki efek samping jika dipakai dalam waktu lama di mata.

3. Kacamata anti radiasi memiliki fungsi penetrasi dan absorpsi, yang bervariasi menurut lampu yang berbeda. Dan pemakainya akan merasakan peremajaan mata dan penglihatan alami.

4. Kacamata anti radiasi juga dapat menghindarkan mata dari sinar berbahaya dari layar gadget, seperti sinar biru dan ultra violet.

Jika sudah pernah menggunakannya jangan lupa untuk merawat kacamata, kami memberikan beberapa tips untuk merawat kacamata Anda: Selalu simpan di tempat yang bersih dan kering, dan jauhkan dari barang-barang yang dapat merusak kacamata .

Bersihkan dengan air dan kain non-serat. Ini akan menjaga kacamata bebas dari noda. Temui dokter setiap tahun untuk memeriksa kemajuannya. Pemeriksaan mata secara teratur juga membantu menjaga kesehatan mata Anda.

Apakah Mata Kering Bisa Sembuh

Umumnya, mata kering disebabkan oleh dua penyebab. Saat terjadi disfungsi produksi air mata atau air mata yang terlalu cepat menguap. Mata kering cenderung menyebabkan iritasi, peradangan, nyeri, dan penglihatan kabur.

Apakah Mata Kering Bisa Sembuh

Meski jarang terjadi, mata kering bisa menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan baik dan segera. Oleh karena itu ketahui dulu cara mengatasi mata kering yang bisa dilakukan di rumah sebelum memutuskan untuk memeriksakannya ke dokter mata.

Risiko mengalami mata kering juga meningkat seiring bertambahnya usia. Wanita juga lebih mungkin mengalami mata kering dibandingkan pria.

Gejala yang biasa dirasakan saat mata kering antara lain sensasi terbakar atau menyengat, rasa mengedipkan mata atau menggumpal, gatal, kemerahan, sedikit air, dan kepekaan.

Sindrom mata kering biasanya bukan masalah permanen. Paling hanya butuh beberapa saat untuk pulih dan berfungsi normal. Anda dapat mengurangi ketidaknyamanan akibat mata kering dengan cara sederhana berikut ini.

Berikut cara mengatasi mata kering agar cepat sembuh.

Menumpahkan Air Mata Buatan

Air mata atau obat tetes mata buatan adalah langkah pertama yang dilakukan saat mata kering. Banyak obat tetes mata yang dijual bebas di apotek tanpa perlu menggunakan resep dokter.

Launching Healthline, pilih obat tetes mata tanpa bahan pengawet yang biasanya dikemas untuk sekali pakai. Apalagi bagi Anda yang memiliki reaksi alergi terhadap bahan pengawet, jangan tetes mata lebih dari 4 kali sehari.

Baca juga :   Mata Kabur Sebelah Penyebab Mata Kabur Dan Cara Mengatasinya

Selain obat tetes mata, ada juga pelumas mata yang berbentuk salep. Salep cenderung lebih kental dan menempel di mata dibanding obat tetes. Fungsi khususnya untuk melapisi bola mata sekaligus mencegah mata kering.

Namun, salep bisa memengaruhi kejernihan penglihatan saat dioleskan ke mata. Karenanya, salep lebih cocok digunakan pada waktu tidur, sedangkan tetes digunakan untuk aktivitas pada siang hari.

Perlu diperhatikan, gunakan obat air mata buatan ini hanya untuk sementara, bukan untuk pengobatan jangka panjang karena bisa menimbulkan reaksi iritasi dan alergi.

Tingkatkan Asupan Vitamin A Anda

Vitamin A meningkatkan kesehatan mata. Makanan yang kaya vitamin A antara lain telur, wortel, tuna, ubi jalar, bayam, brokoli, kubis, dan paprika. Bahkan diet ketat pun berisiko mengalami mata kering dan penglihatan berkurang.

Studi menunjukkan bahwa orang yang mendapat cukup vitamin A cenderung menghindari mata kering. Oleh karena itu, selalu perhatikan makanan yang Anda konsumsi setiap hari dan sertakan makanan yang tinggi vitamin A agar Anda tidak kekurangan mikronutrien penting ini.

Mengatasi Mata Kering Dengan Mengkonsumsi Omega-3

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi lemak omega-3 dapat meredakan gejala mata merah. Lemak tersebut dapat mengurangi peradangan pada tubuh sehingga dapat mengobati mata kering dengan cara mengurangi peradangan pada mata dengan cara meningkatkan produksi dan kualitas air mata.

Selain mengonsumsi suplemen, untuk mendapatkan manfaat omega-3 secara alami Anda bisa mengonsumsi ikan salmon, tuna, sarden, mackerel, kenari, telur omega-3, minyak biji rami, minyak sawit, minyak kedelai, dan biji chia.

Minum Secukupnya

Air merupakan elemen esensial yang dibutuhkan oleh organ tubuh untuk menjalankan fungsinya. Jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, organ termasuk mata akan ‘tersiksa’.

Mata kering terjadi saat air mata tidak cukup untuk melembabkan. Inilah alasan mata kering terkadang disertai dengan penglihatan kabur. Minum banyak air akan membantu menghilangkan garam dari tubuh serta melembabkan mata dengan baik untuk membantu mengurangi rasa sakit dan ketegangan pada mata Anda.

Cara lain untuk mencegah dehidrasi termasuk mengurangi asupan garam, makanan berprotein tinggi, minuman berkafein, dan alkohol.

Istirahatkan Matamu

Beberapa orang yang bekerja di depan komputer mengalami keluhan seperti sakit kepala dan mata tegang. Selain itu, menatap komputer atau gadget terlalu lama sering kali mengurangi produksi air mata sehingga menyebabkan mata kering. Istirahatkan mata Anda sejenak untuk mengembalikan kelembapan.

Faktor lainnya adalah orang yang bekerja di depan layar cenderung lebih jarang berkedip. Alhasil, air mata lebih cepat menguap.

Jika Anda bekerja di depan komputer, cara pertama untuk mengurangi mata kering adalah dengan lebih sering berkedip. Berkedip membantu melumasi mata dan mencegah iritasi. Selain itu, istirahatkan mata Anda sejenak. Matikan mata setiap 20 menit dan berkedip berulang kali untuk membasahi kembali mata Anda.

Lakukan Pijatan Ringan Pada Mata

Pijatkan ke area mata untuk membantu merangsang kelenjar mengeluarkan minyak. Untuk melakukan ini, tutup mata Anda lalu pijat lembut kelopak mata dengan mengetuk jari telunjuk Anda dengan gerakan memutar.

Anda juga bisa menggunakan cotton bud atau cotton swab dan menggulungnya dari bagian bawah mata ke area bulu mata, kelopak mata atas, dan tepi mata. Untuk memijat kelopak mata bawah, gerakkan jari Anda ke atas menuju garis bulu mata. Ulangi metode ini setidaknya 5-10 kali.

Baca juga :   Cara Mengurangi Mata Minus Dan Silinder Agar Tidak Semakin Parah

Hindari Asap Rokok

Asap rokok dapat mengiritasi mata dan meningkatkan risiko mata kering. Untuk itu, jauhi lingkungan yang penuh asap rokok. Jika Anda perokok aktif, hentikan kebiasaan tersebut. Lakukan terapi kecanduan nikotin atau konsultasikan ke dokter untuk menghentikan kebiasaan tidak sehat tersebut.

Mengompres Mata Dengan Kain Hangat

Mengacu pada Allaboutvision, oleskan kompres hangat pada mata tertutup Anda dan diamkan selama sepuluh menit. Ulangi hingga mata terasa benar-benar nyaman sambil mengusap dengan lembut pada garis bulu mata dan garis air untuk menghilangkan kotoran atau debu.

Mengompres mata dengan kain hangat membantu membuka atau melembutkan kelenjar meibom yang tersumbat. Kompres juga harus dilakukan minimal sepuluh menit atau lebih. Jika dirasa kurang, kompres akan kurang efektif untuk mengatasi mata kering.

Setelah itu, cuci dan bilas kelopak mata dengan sabun bayi atau sabun lembut yang tidak mengeringkan untuk menghilangkan minyak di kelenjar kelopak mata.

Cara ini dinilai mampu meningkatkan kualitas air mata. Pastikan untuk membilas hingga bersih agar mata tidak teriritasi oleh sisa sabun yang masih menempel di kulit.

Pasang Humidifier

Saat udara panas, nyalakan humidifier untuk mengimbangi kelembapan. Udara kering bisa memicu mata kering. Hindari juga kontak langsung dengan kipas angin, pengering rambut, atau jendela yang terbuka karena angin dapat membuat mata Anda kering dengan cepat.

Jika perlu, pindahkan tempat tidur agak jauh dari jendela atau sumber ventilasi untuk mencegah air mata menguap.

Akupunktur

Beberapa orang menjalani akupunktur untuk mengobati mata kering.terapi akupunktur dipercaya dapat meningkatkan sekresi dan stabilitas air mata, menahan penguapan air mata, dan mencegah kerusakan mata.

Para peneliti telah menemukan akupunktur aman dan efektif untuk perawatan mata kering. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa akupunktur secara signifikan memperbaiki kondisi mata pasien yang juga menggunakan obat tetes mata pelumas.

Gunakan Kacamata

Terakhir, selalu kenakan kacamata yang menghalangi sinar ultraviolet (UV) saat berada di luar ruangan pada siang hari.

Untuk perlindungan terbaik, selalu gunakan kacamata berkualitas. Kacamata berkualitas memiliki perlindungan UV-A dan UV-B serta memiliki jarak antar kulit yang akurat sehingga tidak menimbulkan pusing atau bahkan kerusakan pada mata.

Jika cara-cara di atas tidak meredakan mata kering yang semakin parah dalam beberapa hari, segera periksakan ke dokter. Gejala berikut mungkin akan terasa yang mengharuskan Anda memeriksakan mata ke dokter, antara lain kemerahan disertai bengkak, nyeri, perih, mengelupas, nyeri dan kaku, mulut kering.

Mata kering yang biasanya bersifat sementara, dan merupakan kondisi alami yang dialami kebanyakan orang dengan seiring bertambahnya usia. Namun dalam beberapa kasus, kondisi mata kering yang tidak kunjung sembuh menunjukkan adanya penyakit atau masalah kesehatan yang lebih serius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *