Vitamin Untuk Mata Rabun Untuk Membantu Anda Melihat Lebih Jelas

Rabun jauh atau mata minus merupakan salah satu masalah visibilitas yang dialami banyak orang. Meski tidak membahayakan kesehatan, namun masalah rabun jauh dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Mata minus membuat seseorang tidak bisa melihat benda atau benda yang jauh dengan jelas. Nah, tahukah Anda bahwa ada vitamin yang baik untuk kesehatan mata minus?

Vitamin Untuk Mata Rabun

Rekomendasi Vitamin Yang Baik Untuk Mata Minus

Rabun jauh terjadi bila jarak antara kornea dan retina terlalu jauh sehingga cahaya yang masuk jatuh di depan retina. Ini yang dapat menyebabkan objek yang dilihat tampak buram atau berbayang.

Penggunaan kacamata atau lensa kontak minus merupakan cara umum untuk memperbaiki kondisi mata minus. Tapi seperti namanya, alat bantu penglihatan ini hanya untuk membantu Anda melihat lebih jelas; tidak membuat minus di matamu berkurang.

Cara lain yang lebih pasti untuk mengurangi mata minus adalah dengan operasi LASIK. Namun, Anda juga bisa membantu menjaga kesehatan mata dengan mengubah pola makan yang lebih sehat.

Setidaknya ada lima vitamin yang baik untuk mata minus dan bisa Anda dapatkan dari buah dan sayur serta jenis makanan sehat lainnya. Lima vitamin yang baik untuk mata minus adalah:

Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat melindungi mata Anda dari radikal bebas yang merusak.

Bukti dari American Optometric Association menunjukkan vitamin C yang dikonsumsi bersama dengan nutrisi penting lainnya dapat memperlambat laju hilangnya ketajaman penglihatan, yang menyebabkan kondisi mata memburuk.

Selain itu, vitamin C juga telah terbukti mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia. Buah jeruk, jambu biji, anggur, dan lemon merupakan jenis buah yang kaya vitamin C.

Baca juga :   Cara Agar Mata Minus Tidak Bertambah Dengan Pengobatan Yang Tepat

Vitamin A (beta-karoten)

Vitamin A membantu permukaan mata dan selaput lendir menjadi penahan yang efektif terhadap masuknya bakteri dan virus, sehingga mengurangi risiko infeksi mata.

Peran vitamin ini juga diprediksi akan baik untuk menjaga penglihatan yang baik. Vitamin ini membantu retina menyerap cahaya dan menjaga kornea tetap bersih.

Vitamin A yang paling baik untuk kesehatan mata minus adalah betakaroten yang didapat dari buah dan sayuran berwarna cerah. Beta karoten diklasifikasikan sebagai “provitamin A” yang diubah menjadi retinol oleh tubuh setelah makanan dicerna.

Sumber makanan yang baik untuk provitamin A beta karoten adalah wortel, ubi jalar, bayam, kangkung, melon, kangkung, labu kuning, paprika, kuning telur, dan produk susu.

Vitamin E.

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam kacang-kacangan seperti kenari, almond dan kacang mete, sereal yang diperkaya, dan ubi jalar. Vitamin ini juga bisa ditemukan pada alpukat, salmon, dan biji bunga matahari (kuaci).

Penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin E baik untuk mata minus karena perannya dalam melindungi sel mata dari efek radikal bebas yang merusak jaringan sehat.

Niasin (Vitamin B3)

Niacin adalah vitamin B3 yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan saraf mata penyebab glaukoma.

Niacin bisa ditemukan di jamur, kacang tanah, ikan dan daging sapi. Namun, jangan berlebihan dengan niacin. Asupan niacin yang berlebihan dapat menyebabkan penglihatan kabur sementara.

Riboflavin (Vitamin B2)

Sebagai vitamin antioksidan, riboflavin (vitamin B2) dapat mengurangi stres pada mata yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, riboflavin juga dapat mencegah katarak. Anda bisa mendapatkan riboflavin dalam gandum, susu, dan yogurt.

Baca juga :   Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Para Milenial

Olahan Wortel Untuk Mata Minus

Tidak bisakah kamu melihat dengan jelas benda-benda yang jauh? Bisa jadi Anda menderita mata minus. Selain dengan menggunakan kacamata, Dan cara mengatasi mata minus kerap dikaitkan dengan konsumsi wortel. Apa fakta medisnya?

Olahan Wortel Untuk Mata Minus

Di Sekitar Mata Minus

Miopia adalah salah satu kelainan refraksi (refraksi) yang paling umum terjadi pada mata. Miopia dapat terjadi karena cahaya yang masuk ke mata diproyeksikan pada suatu titik di depan retina.

Kondisi miopia bisa terbantu dengan memakai kacamata lensa negatif atau minus. Lensa ini akan menggeser gambar ke belakang hingga jatuh tepat di retina. Istilah “mata minus” juga merupakan istilah umum bagi penderita miopia.

Faktor utama yang paling sering menyebabkan mata minus adalah bentuk bola mata yang lebih panjang dari biasanya. Akibatnya, bayangan jatuh di depan retina. Hal ini berkaitan erat dengan faktor genetik.

Seiring pertumbuhan tubuh seseorang, ukuran bola mata juga bisa bertambah panjang. Inilah mengapa ukuran “minus” seseorang bisa bertambah besar seiring bertambahnya usia.

Untuk miopia, selain memakai kacamata, penderita bisa memakai lensa kontak atau melakukan tindakan operasi, seperti laser-assisted in situ keratomileusis (lasik).

Wortel Dan Kandungan Nutrisinya

Wortel mengandung berbagai vitamin, seperti 12.000 IU vitamin A, 0,06 miligram vitamin B1, dan 6 miligram vitamin C.Karena memiliki kadar vitamin A yang cukup tinggi, wortel dinilai sangat baik untuk kesehatan mata.

Baca juga :   Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak Sejak Masih Dalam Kandungan

Kandungan nutrisi pada wortel yang bermanfaat untuk kesehatan mata adalah:

Vitamin A

Vitamin A yang dapat mencegah kekeringan pada kornea mata, Dan dapat mempengaruhi penglihatan mata anda. Selain itu, vitamin A juga dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa, yang dapat menurunkan ketajaman penglihatan.

Lutein Dan Zeaxanthin

Lutein dan zeaxanthin yang merupakan jenis karotenoid yang sangat berguna untuk dapat mencegah penyakit pada mata degenerasi makula terkait usia (AMD). Ini adalah penyakit yang mempengaruhi retina mata dan menyebabkan gejala penglihatan mata menurun.

Beta Karoten

Beta karoten juga bermanfaat untuk kesehatan mata karena dapat membantu meningkatkan kadar vitamin A.

Apakah Efektif  Mengatasi Mata Minus?

Wortel sering dikatakan sangat penting untuk kesehatan mata. Kandungan yang ada dalam wortel seperti vitamin A juga sangat bermanfaat untuk mencegah kekurangan vitamin A atau yang disebut Xeroftalmia. Namun, tidak ada tempat untuk vitamin A dan karotenoid untuk mengobati mata minus.

Wortel memang kurang efektif untuk mengobati mata minus. Meski demikian, kandungan wortel seperti vitamin A dan beta karoten tetap baik untuk mata. Anda juga bisa mengobati mata minus dengan berbagai cara.

Misalnya biasakan anda membaca di tempat yang terang dan tidak berbaring, Dan tidak terlalu lama untuk menatap layar komputer, dan tidak membaca di mobil yang sedang berjalan. Selain itu, perhatikan juga jarak aman anda membaca, yaitu sekitar 30 cm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.