Vitamin Mata Tetes Untuk Menjaga Kesehatan Mata Kita

Mata adalah indra utama yang kita gunakan untuk memahami dunia. Penglihatan yang baik akan membuat hidup lebih indah. Mata adalah jendela dunia, oleh karena itu perawatan primer harus menjadi kebutuhan utama. Dengan semua debu dan kotoran, cahaya dari gadget dan komputer, hingga televisi yang menyentuh mata kita.

Tidak jarang benda asing ini membuat kita kesal, bahkan hingga penyakit serius. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mata kita. Selain pola hidup sehat dan makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin atau menggunakan obat tetes mata.

Kebanyakan orang menggunakan obat tetes mata untuk meredakan dan mengobati mata yang teriritasi.

Obat Mata Merah Dan Gatal

Obat Mata Merah Dan Gatal

Mata merah dapat disebabkan oleh pendarahan, iritasi, infeksi, dan pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah mata, yang umumnya lebih terasa pada bagian putih bola mata (sklera).

Mata merah bisa muncul disertai gejala lain, seperti sensasi terbakar, gatal, mata berair, silau, atau gangguan penglihatan. Namun, terkadang penderita mata merah mungkin tidak merasakan gangguan apapun dan baru sadar ketika sedang bercermin atau diberitahu oleh orang lain.

Pilihan Obat Mata Merah Menurut Penyebabnya

Umumnya obat mata merah diberikan sesuai dengan faktor penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa obat mata merah yang umum:

1. Steroid

Jika mata merah disebabkan oleh peradangan, misalnya karena iritasi, cedera, atau perawatan medis, biasanya dokter akan meresepkan obat tetes mata steroid untuk mengurangi reaksi peradangan.

2. Antibiotik

Yang disebabkan oleh infeksi, seperti infeksi bakteri, virus, jamur, atau bahkan parasit.

3. Antihistamin

Selain meredakan mata merah, obat ini juga mampu mengobati reaksi alergi, seperti mata gatal atau berair, dengan cara menghalangi produksi histamin yang berlebihan.

4. Air Mata Buatan

Ketika jumlah atau kualitas air mata tidak cukup melembabkan lapisan mata, kondisi mata kering bisa berkembang yang bisa menyebabkan mata merah disertai sensasi terbakar.

Baca juga :   Ukuran Mata Minus Yang Sering Terjadi, Cek Disini!

Perawatan yang paling umum untuk mata kering adalah jenis tetes mata yang disebut air mata buatan.

Tanaman Obat Untuk Mata Kering

Kondisi mata kering seringkali mengganggu kenyamanan penglihatan manusia.

1. Air Dan Garam

1. Air Dan Garam

Garam adalah agen antibakteri yang efektif membunuh bakteri.

2. Air Mawar

Air mawar sangat efektif dalam mengobati iritasi mata sekaligus membersihkan mata. Anda bisa membilas mata dengan air mawar murni lebih dari sekali sehari.

3. Mentimun

Saat mata teriritasi,letakkan irisan mentimun pada kelopak mata anda. lakukan ini empat hingga lima kali sehari.

4. Teh Hijau

Tak hanya melangsingkan, teh hijau juga mampu mengurangi peradangan dan membantu mengatasi gatal pada mata. Caranya dengan melarutkan teh hijau dalam air panas, lalu dinginkan airnya dan bilas pada permukaan luar mata.

Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan kantong teh yang dibasahi mata selama beberapa menit.

Vitamin Tetes Mata Yang Bagus

Vitamin Tetes Mata Yang Bagus

penggunaan obat tetes mata yang tepat dapat menyembuhkan keluhan mata. Nah, untuk itu kami telah merangkum 10 obat tetes mata terbaik yang bisa Anda coba!

Merek Tetes Mata yang Baik

  • Tetes Mata Rohto
  • Allegran Refresh
  • Tetes Mata Insto
  • Berkedip Kontak
  • Sante Eye Drops
  • Tetes mata visual
  • Alcon Tears Naturale
  • Tetes Mata Freshkon
  • Cendo Cenfresh

Itu dia, 9 tetes mata yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi mata merah dan kering. Selain mengobati, ada baiknya jika Toppers menjaga kesehatan mata dengan banyak mengonsumsi vitamin A, Omega 3, dan tidur yang cukup.

Vitamin Mata Alami

Vitamin yang kita konsumsi bermanfaat untuk kesehatan mata.

Berikut vitamin mata alami:

Beta Karoten

Manfaat Beta-Karoten dapat mengurangi degenerasi makula.

Flavonoid

Bermanfaat untuk melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula.

Asam Lemak Omega-3

Selain bisa mencegah degenerasi makula, kandungan ini juga bisa melindungi dari mata kering. Sumber makanan yang mengandung vitamin mata alami ini adalah salmon, minyak ikan, dan biji rami.

Baca juga :   Cream Penghilang Mata Panda Di Apotik Yang Ampuh

Vitamin A

Kandungan vitamin mata alami ini tentunya sudah biasa jika baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A dapat melindungi mata dari mata kering. Sumber makanan yang mengandung kandungan ini adalah daging sapi, telur, mentega, dan susu.

Vitamin D

Manfaat vitamin D untuk mata adalah mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula.

Vitamin E.

Vitamin E dapat menjaga sel dan jaringan tetap kuat dan terlindungi dari gangguan inflamasi mata.

Seng

Sumber makanan yang mengandung kandungan ini antara lain ikan, daging sapi atau kambing dan kacang-kacangan.

Di atas adalah vitamin mata alami yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin Mata Katarak

Makanan bergizi yang baik untuk kesehatan mata antara lain biji-bijian, serta sayur dan buah berwarna cerah. Misalnya bayam, brokoli, paprika, dan kacang-kacangan.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi antioksidan, seperti vitamin C dan lutein, memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan risiko terkena katarak. Katarak terjadi ketika lensa mata menjadi keruh akibat oksidasi jangka panjang. Vitamin C dan lutein diketahui menghentikan oksidasi lensa mata. Sumber vitamin C alami termasuk jeruk, tomat, stroberi, brokoli, melon dan kiwi.

Vitamin Mata Kering

Beberapa penelitian menunjukkan suplemen vitamin dapat bermanfaat bagi orang tua yang tidak memiliki asupan vitamin yang cukup. Meski begitu, memenuhi kebutuhan vitamin tetap penting. Banyak suplemen vitamin yang dijual bebas, namun perlu diingat bahwa sumber vitamin terbaik tetap didapatkan melalui asupan makanan sehari-hari.

Vitamin untuk Mata

1. Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin untuk mata. Asupan vitamin A yang tidak memadai melalui asupan makanan merupakan penyebab utama kekurangan vitamin A. Penyebab lainnya adalah penyakit usus besar yang mengganggu penyerapan nutrisi penting bagi tubuh, seperti penyakit Chron dan pankreatitis. di malam hari (sebelumnya dikenal sebagai ayam rabun).

Jika kondisi ini terus berlanjut, dapat menyebabkan mata kering dan kerusakan kornea, yang dapat menyebabkan kebutaan. Pemerintah rutin memberikan suplemen vitamin A untuk mata kepada anak-anak untuk mencegah defisiensi vitamin A. Anda harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin A dalam jumlah berlebihan.

Baca juga :   Fungsi Aqueous Humor Untuk Menjaga Keseimbangan

Efek samping lain termasuk sakit perut, sakit kepala, mual, dan mudah tersinggung, bahkan gangguan penglihatan. Dokter menganjurkan mengonsumsi suplemen vitamin A tidak melebihi 10.000 IU per hari. Vitamin A ditemukan dalam produk hewani, seperti daging, ikan, ayam, dan produk susu.

2. Vitamin C

Vitamin C

Vitamin C penting untuk pembuluh darah mata sehingga bermanfaat untuk kesehatan mata secara umum. Beberapa sumber vitamin C yang bisa Anda tambahkan ke dalam asupan harian Anda adalah:

  • Jeruk
  • Bayam
  • Tomat
  • Pisang
  • Apel

3. Vitamin D

Para peneliti telah menemukan kemungkinan adanya hubungan antara vitamin D dan mata kering. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan produksi air mata. Data menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D di Asia Tenggara berkisar 6-70%.

Hal ini bisa disebabkan oleh keengganan sebagian besar orang untuk meninggalkan ruangan saat matahari sedang terik. Faktanya, penelitian terbaru menemukan bahwa paparan sinar matahari, yang merupakan sumber paling vitamin D, terjadi sekitar tengah hari.

4. Vitamin E.

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel mata dari kerusakan. Vitamin E ditemukan di banyak kacang-kacangan dan ubi jalar.

5. Seng

Seng

Seng adalah mineral yang penting untuk mengubah vitamin A menjadi melanin, pigmen pelindung mata. Secara alami, tubuh kita tidak menghasilkan zinc, sehingga asupan nutrisi ini harus cukup. Makanan yang mengandung seng meliputi:

  • Tiram
  • Daging sapi
  • Makanan laut seperti ikan, udang
  • Telur
  • Susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *