Yuk Kenali Ragam Buah Yang Sehat Untuk Mata Disekitar Kita

Buah yang sehat untuk mata ada banyak ragamnya. Mata sendiri adalah panca indera yang paling kompleks dalam tubuh manusia. Hampir segala kegiatan seperti berjalan, membaca, menulis dan lain sebagainyabergantung pada mata. Hal inilah yang mengharuskan kita untuk selalu menjaga kesehatan mata agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan berbagai cara dimana salah satunya dengan rutin mengonsumsi buah-buahan segar.Seperti yang kita ketahui,buah kaya akan vitamin yangberperan penting untuk kesehatan termasuk juga kesehatan mata.

Berikut ini ada beberapa jenis buah yang bagus untuk mata dan menghindarkannya dari beragam jenis gangguan.

1. Buah naga

Hylocereus Polyrhizus atau yang lebih dikenal dengan buah naga menduduki urutan pertama dalam daftar buah yang sehat untuk mata. Anda bisa mengonsumsi jenis buah ini secara rutin.Buah yang memiliki daging merah dan putih serta jenis kulit yang bersisik tebal ini mengandung banyak Vitamin C yang berguna untuk menjaga kesehatan dan melindungi kornea mata.

Baca juga :   Gambar Kelopak Mata Fungsi Dan Gangguan Pada Mata

Buah naga juga dibekali dengan kandungan karoten berlimpah yang baik untuk kesehatan mata terutama bagi Anda penderita mata minus.

2. Pepaya

Ingin memiliki mata sehat tak melulu harus rajin mengkonsumsi wortel. Anda dapat menggantinya dengan buah pepaya yang khasiatnya tak kalahdengan wortel. Daging buah pepaya sendiri mengandung flavonoid dan Vitamin A yang berperan penting untuk mencegah kerusakan pada selaput lendir serta mampu melindungi mata dari peradangan radiasi gadged.

3. Tomat

Selain pepaya, tomat juga menjadi salah satu buah yang sehat untuk mata yang dapat Anda konsumsi setiap hari. Kandungan likopen dalam buah tomat berperan penting dalam membantu menyembuhkan masalah pada penglihatan mata.Likopen juga berguna sebagai pelindung mata dari paparan radiasi sinar UV yang berbahaya.

Tak hanya likopen, buah tomat juga diperlengkap dengan Vitamin E yang baik untuk kesehatan retina.

Baca juga :   Mata Berfungsi Untuk Anda Menghindari Sesuatu Yang Berbahaya

4. Custard Apple atau srikaya

Custard apple atau yang dikenal dengan nama srikaya adalahbuah iklim tropis yang termasuk dalam keluarga Annonacea. Buah yang sehat untuk mata ini memilki ciri dengan bentuk yang tidak beraturan dengan daging berwarna putih bertekstur lembut serta terdapat biji hitam kecil didalamnya.

Baca juga : Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak, Bunda Harus Tahu

Selain dikenal lezat, srikaya juga kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh termasuk juga untuk mata. Hal ini tidak lepas dari ragam nutrsisi yang bisa ditemukan di dalamnya mulai dari Vitamin A,VitaminB, Vitamin Cdan riboflavin. Selain untuk mata, srikaya juga bagus untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

5. Jeruk

Jeruk juga termasuk ke dalam daftar buah yang wajib dikonsumsi untuk kesehatan mata. Jeruk mengandung banyak vitamin C yang berperan untuk menjaga kesehatanselaput lendir mata secara segnifikan.

Bahkan, baru-baru ini sebuah penelitian membuktikan jika konsumsi jeruk secara rutin dapat memperkecil terjadinyadegenerasi makula serta mengurangi resiko gangguan penglihatan hingga 60% dibanding mereka yang jarang mengkonsumsi buah jeruk.

Baca juga :   Ciri-Ciri Mata Minus Berkurang Mata Kita Menjadi Lebih Sehat

Selain kelima buah diatas, anggur, kiwi, alpukat dan stroberi adalah jenis buah lain yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesahatan mata. Buah kiwi juga terbukti ampuh dalam melindungi mata dari penyakit katarak dan degenerasi makula.

Nah sudah tahu kan manfaat buah untuk mata kita? Jadi mulai sekarang rajin-rajin ya mengonsumsi buah agar mata sehatdan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *