Cara Menghilangkan Hitam Di Mata Kaki Yang Sangat Efektif

Kulit di sekitar pergelangan kaki lebih tipis dan karenanya rentan terhadap kekeringan, penggelapan, dan penebalan. cara menghilangkan hitam di mata kaki adalah dengan menjaganya agar tidak terlalu kering.

Namun tidak perlu khawatir karena mata kaki yang terlihat hitam itu tidak permanen. Beberapa Cara menghilangkan hitam di mata kaki yang bisa dilakukan di rumah bisa menyamarkannya.

Penyebab Mata Kaki Hitam

Sebelum mempelajari lebih jauh Cara menghilangkan hitam di mata kaki, kenali dulu beberapa penyebabnya:

  • Gesekan terus menerus dengan pakaian atau sepatu
  • Kurang bersih
  • Kulit kering
  • Akumulasi sel kulit mati
  • Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan
  • Terjadinya hiperpigmentasi
  • Peradangan
  • Masalah kulit seperti eksim dan psoriasis
  • Cedera atau luka di pergelangan kaki
  • Gangguan pada pembuluh yang mensuplai darah ke kaki yang tidak lancar (stasis vena)

Cara Menghilangkan Hitam Di Pergelangan Kaki

Cara Menghilangkan Hitam Di Pergelangan Kaki

Jika engkel hitam terjadi karena kebiasaan atau faktor lingkungan, ada banyak Cara menghilangkan hitam di mata kaki. Namun berbeda dengan kondisi yang dipengaruhi oleh riwayat kesehatan lainnya, terutama yang terjadi sejak lahir.

Khusus untuk pergelangan kaki yang gelap karena faktor lingkungan, berikut beberapa Cara menghilangkan hitam di mata kaki dan menyamarkannya:

1. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya telah lama digunakan untuk perawatan mencerahkan wajah. Dan anda juga dapat menerapkan langsung ke pergelangan kaki yang gelap. Tidak hanya mencerahkan, gel lidah buaya juga dapat memberikan kelembapan.

Metodenya sederhana. Cukup dengan mengambil ekstrak lidah buaya dan memijatnya ke pergelangan kaki setiap hari. Pastikan untuk menunggu 30 menit sebelum membilasnya dengan air.

2. Minyak Kelapa & Musk

Minyak kelapa yang mengandung asam lemak esensial dan vitamin E. Keduanya sangat efektif dalam melembabkan dan menyembuhkan kulit yang rusak.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa secara perlahan ke area kulit sekitar mata kaki. Kemudian, diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan sabun.

Sifat yang sama juga terdapat pada minyak musk yang dapat meratakan pigmentasi kulit. Minyak jarak mampu mengurangi produksi melanin berlebih pada kulit dan memberikan nutrisi. Dengan demikian, kulit akan terlihat lebih cerah dan sehat. Anda bisa mengoleskan minyak musk sebelum tidur dan kemudian memakai kaus kaki. Di pagi hari, bilas dengan air biasa.

Baca juga :   Cara Membersihkan Kacamata Yang Tergores Hingga Terlihat Baru

3. Ekstrak Lemon

Tak hanya kaya vitamin C, lemon juga memiliki khasiat mencerahkan kulit. Artinya ekstrak lemon berpotensi menyembuhkan area yang tampak gelap, termasuk di pergelangan kaki.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup memeras lemon segar dan mengoleskan ekstraknya langsung ke mata kaki.

4. Kentang

Siapa sangka kandungan catecholase pada kentang dapat mencerahkan kulit jika digunakan secara rutin. Caranya adalah dengan memotong kentang lalu memerasnya untuk mendapatkan ekstraknya.

Selain itu, Anda juga bisa memeras kentang yang sudah diparut sebelumnya. Kemudian, oleskan langsung ke pergelangan kaki dan biarkan selama 15 menit. Setelah terasa kering, bilas dengan air hangat.

Memang, metode ini belum terbukti secara ilmiah. Namun, Anda dapat menambahkan ekstrak lemon untuk mengoptimalkan khasiatnya.

5. Ekstrak Mentimun

Sebagai salah satu makanan yang mengandung air, mentimun juga dapat membantu mencerahkan mata kaki yang gelap. Bonusnya, ada vitamin A dan vitamin C yang bisa mengeluarkan sel kulit mati dan meremajakan sel kulit yang ada.

Cara menggunakannya adalah dengan mengambil ekstrak dari mentimun yang telah diparut. Kemudian, oleskan pada kulit yang gelap. Anda juga bisa memotong mentimun menjadi potongan – potongan kecil dan mengoleskannya langsung pada pergelangan kaki Anda.

6. Cocoa Butter

Cocoa butter yang dikenal dengan segudang manfaat untuk mempercantik kulit, cocoa butter bisa menjadi pilihan Anda untuk melembapkan pergelangan kaki yang kering. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan cocoa butter ke bagian mata kaki yang hitam dan memijatnya secara perlahan. Biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya.

7. Oatmeal dan madu

Selain bisa digunakan sebagai masker wajah, oatmeal dan madu juga bisa menjadi exfoliator kulit alami. Saat sel kulit mati terangkat, otomatis warna kulit akan menjadi lebih cerah.

Untuk melakukan ini, pertama campur oatmeal dan 2 sendok teh madu. Kemudian, gosok dan pijat dengan lembut ke area pergelangan kaki selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan oleskan pelembab. Cara ini aman dilakukan setiap hari.

8. Rendam Dalam Air Garam

Bisa jadi, engkel hitam muncul karena sehari – hari harus bekerja cukup keras terkena gesekan dan polusi. Untuk mengatasinya, cobalah merendam kaki di air hangat yang sudah diberi garam. Cara ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

Baca juga :   Lowongan Kerja Di Bidang Kesehatan Dengan Profesi Lainnya

Untuk memaksimalkan hasil, pijat pergelangan kaki dengan lembut dengan gerakan memutar. Anda bisa untuk melakukan cara ini 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. Tidak hanya kulit pergelangan kaki yang terlihat lebih cerah, merendam kaki juga membuat kaki menjadi lebih rileks.

Pengelupasan dan menjaga kelembapan adalah kunci untuk menjaga bentuk pergelangan kaki Anda. Ketika dua hal di atas sudah dilakukan, tentunya kebersihan lebih terjaga.
Namun, jika engkel hitam terjadi karena kondisi medis lain, cara – cara di atas belum tentu efektif. Perlu ada perawatan medis agar lebih efektif.

Baca juga : Mata Kaki Hitam Serta Cara Mengatasi Kaki Hitam Dan Kering

Cara Menghilangkan Kapalan Di Mata Kaki

Cara Menghilangkan Kapalan Di Mata Kaki

Kapalan adalah suatu kondisi di mana jaringan kulit yang mengeras dan membentuk lapisan gelap dan juga kering. Biasanya sering terjadi di area tubuh yang memiliki tulang menonjol seperti dengan siku, lutut, dan pergelangan kaki. Kulit jari yang bergesekan dengan alat tulis setiap hari juga bisa disebut kapalan.

Kapalan sebenarnya bukanlah suatu kondisi kulit yang sulit untuk diobati. Lalu bagaimana cara menghilangkan kapalan? Ternyata Anda bisa menggunakan bahan alami untuk melembutkannya kembali.

Berikut beberapa cara menghilangkan kapalan secara alami yang bisa Anda coba.

1. Rendam dalam Air Hangat

Rendam tangan atau kaki kapalan dalam baskom berisi air hangat selama 5-10 menit. Setelah itu, keringkan tangan atau kaki Anda dengan menggosokkan handuk. Kulit kapalan akan terasa lebih lembut dan lebih mudah terkelupas.

2. Mengurapi Cengkih dan Lemon

Cengkeh dan lemon sebagai cara untuk menghilangkan kapalan. Campur jus lemon dan cengkeh selama 15 menit. Kemudian ambil cengkehnya dan gosokkan campuran tersebut pada kulit yang kapalan. Lakukan ini beberapa kali sehari.

3. Bawang Putih dan Cuka

Anda juga bisa mencoba campuran bawang putih dan cuka. Setelah Anda mencampurkan kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk, lalu letakkan mangkuk tersebut di tempat yang terkena sinar matahari. Kemudian sebelum tidur, oleskan cairan ini. Kapalan Anda akan melunak dan terkikis secara perlahan.

Baca juga :   Cara Menggobati Gangguan Pencernaan Tanpa Perlu Keluar Biaya Besar

4. Minyak Vitamin A Atau Vitamin E

Vitamin A dan vitamin E sebenarnya bisa digunakan untuk mengikis kulit kapalan di kaki. Setelah Anda mengoleskan vitamin pada kulit, bungkus kaki Anda dengan kaus kaki. Biarkan minyak dari vitamin ini melunak dan menghilangkan kapalan.

5. Pasta Kulit Lemon

Selain menggunakan jus lemon, Anda bisa mengoleskan kulit lemon pada kulit yang kapalan. Agar tidak jatuh, Anda bisa membungkusnya dengan plester.

6. Rendam Minyak Jarak (Castor Oil)

Kaki kapalan direndam dalam minyak jarak selama beberapa menit setiap hari. Cara ini dijamin ampuh untuk melembutkan kulit yang mengeras.

7. Rendam Dalam Larutan Minyak Pohon Teh

Tea tree oil atau minyak pohon teh yang diteteskan ke dalam air hangat bisa menjadi mandi berkhasiat untuk kaki atau tangan. Rendam kaki atau tangan selama 15 menit, karena kandungan tea tree oil cukup keras di kulit.

8. Oleskan Salep Asam Salisilat

Menggunakan salep atau krim yang mengandung asam salisilat juga dapat membantu. Kandungan ini dapat memecah protein dan keratin yang terdapat pada lapisan kulit mati.

9. Rendam Larutan Garam Epsom

Cara terakhir menghilangkan kapalan yang bisa dicoba adalah dengan merendam kaki atau tangan kapalan dalam larutan garam Epsom.

Garam epsom adalah eksfoliator alami. Larutkan 2-3 sendok makan garam Epsom dalam semangkuk air hangat. Gunakan untuk merendam kaki dan tangan yang kapalan.

Jika Anda sudah melakukan beberapa langkah di atas tetapi kapalan masih ada atau semakin parah dan nyeri, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit atau ahli bedah.

Dokter dapat memberikan obat untuk menghilangkan kapalan dan antibiotik untuk mengobati kapalan yang terinfeksi, memangkas kulit yang menebal, atau melakukan operasi untuk menghilangkan kulit tebal pada kapalan yang sudah parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *