Cara Merawat Rambut Yang Disambung Dengan Cara Yang Benar

Merawat hair extension adalah hal yang rumit. Memang hasil akhirnya bisa memberikan volume dan panjang yang diinginkan, namun perawatannya harus ekstra. Jika tidak dirawat dengan baik, rambut extension justru bisa merusak rambut asli dan tidak bertahan lama. Cara merawat rambut yang disambung atau hair extension adalah hal yang rumit.

Belum lagi, harga untuk melakukan hair extension atau memasang hair extension tidaklah murah. Untuk memastikan hair extension Anda bisa awet dan tetap terlihat bagus, Anda perlu mengalokasikan tenaga, waktu, dan uang untuk merawatnya.

Cara Merawat Ekstensi Rambut

Cara Merawat Ekstensi Rambut

Cara merawat rambut yang disambung atau hair extension antara lain:

1. Gunakan Sampo Khusus

Penting untuk memastikan hanya menggunakan sampo khusus yang bebas paraben dan sulfat saat keramas. Terutama, saat mencuci rambut hingga ke akar – akarnya. Frekuensi keramas sebaiknya dikurangi menjadi hanya seminggu sekali. Jika Anda menggunakan hair extension clip-in, lepaskan terlebih dahulu sebelum keramas.

2. Perhatikan Durasinya

Bahkan jika Anda telah berhasil merawat ekstensi agar tetap terlihat bagus hingga 6 minggu kemudian, berikan waktu pada rambut Anda untuk beristirahat. Paling tidak, alokasikan waktu untuk menghilangkan semua rambut dari sambungan dan lakukan pembersihan menyeluruh pada kulit kepala. Selain itu, memberikan kelembapan pada rambut.

3. Lepaskan Rambut Ekstensi Dengan Benar

Lem yang digunakan untuk mengamankan ekstensi rambut mengandung bahan kimia yang rentan terhadap kerontokan rambut. Jika ingin menghilangkan hair extension, gunakan lem khusus remover agar tidak ada sisa lem yang tertinggal di rambut. Sekecil apapun sisa lem yang tertinggal, bisa menyebabkan rambut asli tercabut dan rontok.

4. Hindari Perawatan Rambut Panas

Sebisa mungkin hindari penggunaan produk perawatan rambut dengan panas (heat styling) seperti hair dryer atau pelurus rambut. Apalagi hair extension sangat mudah kusam dan kualitasnya bisa menurun drastis jika sering terkena suhu tinggi.

5. Rambut Kering Secara Alami

Setiap selesai mencuci rambut, keringkan rambut secara alami tanpa menggunakan alat seperti pengering rambut. Dengan cara ini, tekstur alami dari sambungan rambut akan tetap terjaga. Jika jenis ekstensi rambut yang Anda miliki adalah clip-in, Anda juga harus memastikan area sambungan tidak basah

6. Gunakan Sisir Khusus

cara merawat rambut yang disambung yang selanjutnya adalah untuk penggunaan sisir untuk menyisir rambut sambungan juga harus yang tidak memiliki gumpalan di ujungnya. Tujuannya untuk meminimalisir rambut yang tersangkut di sisir. Bahkan saat menyisir, lakukan secara perlahan agar tidak merusak area antara rambut extension dan rambut asli.

Baca juga :   Warna Soflen Yang Bagus Dapat Membuat Anda Lebih Percaya Diri

7. Istirahatkan Rambut Anda

Ekstensi rambut permanen dapat bertahan dari 6 minggu hingga 3 bulan. Berbeda dengan sambungan model jepit rambut yang hanya bersifat sementara. Ketika masa pakai ekstensi rambut sudah berakhir, Anda harus mengistirahatkan rambut Anda sebelum memasang ekstensi rambut lagi. Ikuti juga petunjuk khusus tentang cara merawat dari stylist.

Kesalahan terbesar bagi orang yang menggunakan hair extension, terutama dengan model clip-in, adalah memasangnya terlalu kencang. Cara ini justru memberi tekanan pada folikel rambut dan rentan menyebabkan kerontokan rambut. Seharusnya, memakai hair extension tidak menimbulkan rasa tidak nyaman seperti sakit kepala. Jika ada keluhan yang muncul, beritahu stylist untuk melonggarkannya

Jika Anda masih tidak yakin dengan gaya untuk mengikat rambut Anda, pertimbangkan model clip-in karena tidak perlu menggunakan lem. Selain itu, rambut ekstensi clip-in dapat dilepas kapan saja. Sebelum memasangnya kembali, bersihkan dan pastikan benar – benar kering.

Apakah Rambut Sambung Bisa Di Keramas?

Beberapa wanita memilih hair extension karena ingin memiliki rambut yang lebih panjang dan tebal. Hair extension memang akan membuat rambut kamu terlihat lebih cantik, tapi perawatannya juga harus kamu perhatikan ya. Ekstensi rambut membutuhkan perawatan ekstra. Perawatan yang salah, rambut Anda akan berisiko mengalami kerusakan dan kerontokan.

Apakah Rambut Sambung Bisa Di Keramas

Salah satu perawatan yang harus diperhatikan adalah cara keramas. Anda tidak bisa sembarangan mencuci rambut. Anda bahkan tidak bisa mencuci rambut setiap hari. Cuci secara teratur 3 kali seminggu menggunakan sampo ringan.

Anda juga harus berhati – hati dengan cara mencucinya sendiri. Jangan menggosok rambut Anda terlalu keras. Jangan membalikkan rambut ke atas atau ke bawah dan jangan memelintir rambut karena dapat membuat hair extension menjadi kusut. Jangan gunakan air panas karena dapat merusak lem dari hair extension. Untuk penggunaan kondisioner aplikasikan pada ujung rambut saja. Hindari pengaplikasian pada hari extension karena dapat membuat lem tidak tahan lama.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Tebal Dan Mengembang Yang Susah Diatur

Untuk mengeringkan ekstensi rambut, biarkan mengering secara alami. Hindari menggunakan pengering rambut karena dapat membuat lem menjadi lemah dan hair extension mudah lepas.

Selain cara keramas yang benar, Anda juga disarankan untuk selalu memeriksakan rambut sebulan sekali. Hal ini bertujuan untuk menghaluskan rambut agar tidak kusut. Rambut sambung yang mulai lepas dapat direkatkan kembali.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Gondrong Dan Cara Menata Yang Keren

Efek Sambung Rambut

Ingin memiliki rambut panjang yang indah dalam waktu singkat? Ekstensi rambut adalah solusinya. Ketahui berbagai efek samping dan cara mengobatinya terlebih dahulu sebelum melakukan hair extension.

Memiliki rambut panjang yang selalu Anda inginkan kini dapat dicapai hanya dalam beberapa jam. Kuncinya adalah melakukan hair extension yang bisa dilakukan secara instan di salon – salon kecantikan terdekat. Cara memanjangkan rambut ini cukup umum dan sering dilakukan oleh banyak orang yang menginginkan rambut panjang secara instan.

Efek Sambung Rambut

Kenali Ekstensi Rambut

Ekstensi rambut adalah cara untuk menambah panjang dan volume rambut seseorang. Biasanya rambut sambungan ini terbuat dari rambut alami atau sintetis.

Ekstensi rambut alami memiliki kualitas terbaik dan tentu saja paling mahal karena kutikula rambut alami tetap terjaga dan semua rambut dibuat untuk memberikan tampilan paling alami.

Meski sulit ditata dan mudah kusut, hair extension sintetis bagus untuk Anda yang menginginkan perubahan gaya rambut sementara.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan ekstensi rambut, ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum melakukan prosedur ini. Pastikan untuk melakukan hair extension di salon dengan bantuan hair stylist profesional. Beberapa ekstensi rambut mungkin terlihat cukup mudah untuk dilakukan sendiri, tetapi berpotensi membahayakan rambut Anda.

Jika Anda mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan selama ekstensi rambut, segera bicarakan dengan stylist Anda. Selalu gunakan ekstensi rambut berkualitas baik, meskipun harganya lebih mahal.

Jangan lupa untuk merawat rambut alami Anda juga. Rambut rusak bisa jadi sulit diatur, bahkan jika itu hanya ekstensi rambut. Lakukan perawatan rambut secara teratur dan rawat dengan baik.

Efek Samping Ekstensi Rambut

Proses hair extension memakan waktu rata – rata 3-4 jam. Hasilnya yang bisa bertahan dari 2-5 bulan saja dengan melakukan perawatan yang tepat. Satu – satunya persyaratan untuk prosedur ini adalah panjang untaian setidaknya 5-10 cm. Lalu, apakah hair extension aman untuk dilakukan dan adakah efek samping dari perawatan ini?

1. Rambut Rontok

Hair extension menyebabkan rambut rontok karena penggunaan klip atau pengencang yang menekan rambut terus menerus. Sebenarnya ada banyak cara untuk menempelkan ekstensi rambut ke rambut alami Anda. Tetapi semuanya akan menarik rambut dan folikel rambut Anda, yang dapat menyebabkan kerontokan rambut yang serius.

Baca juga :   Manfaat Buah Apel Untuk Tubuh Dan Kesehatan

2. Infeksi Kulit Kepala

Dalam beberapa kasus, hair extension dapat menyebabkan infeksi, terutama pada kulit kepala. Jarum yang digunakan untuk menempelkan ekstensi rambut ke rambut alami Anda bisa berbahaya, terutama yang belum didesinfeksi.

Jarum yang belum didesinfeksi dapat menyebabkan infeksi kulit kepala. Infeksi ini bisa memicu gejala seperti munculnya benjolan kecil berdarah di kulit kepala. Benjolan ini kemudian bisa menyebar ke seluruh kulit kepala disertai rasa gatal.

Aturan Untuk Mencuci Ekstensi Rambut

Seperti rambut alami, rambut dari hair extension juga perlu dirawat dengan baik. Namun, tidak semua orang menguasai cara mencuci rambut ekstensi dengan benar, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan permanen. Untuk itu, berikut cara mencuci rambut extension yang benar.

1. Menyisir Ekstensi Rambut

Ekstensi rambut memerlukan sisir bergigi lebar khusus untuk menghilangkan kusut. Lakukan ini sebelum mulai mencuci rambut untuk benar – benar membersihkan kotoran.

2. Cuci Dengan Air Hangat

Selanjutnya, isi wastafel atau ember dengan air hangat. Tidak disarankan menggunakan air panas karena dapat merusak ekstensi rambut dan membuatnya lebih mudah aus dan terlihat kusam. Pastikan airnya juga tidak dingin, karena ini tidak akan menghilangkan minyak dan kotoran dengan benar.

3. Rendam Ekstensi Rambut

Pegang strip ekstensi rambut dengan klip dan pastikan Anda mencelupkannya sampai ke titik itu. Saat mencelupkan ke dalam air, sisir ekstensi rambut dengan lembut untuk memastikan Anda membasahi semua potongan rambut dengan benar.

4. Gunakan Sampo Dan Bilas Dengan Air Hangat

Pilih sampo yang lembut dan lembab. Shampo bebas sulfat adalah yang terbaik untuk rambut ini. Setelah memilih sampo, pastikan Anda keramas rambut ekstensi Anda secara menyeluruh dan menghindari klip. Sesekali sisir rambut Anda agar tidak kusut. Kemudian, bilas dan peras ekstensi rambut dengan lembut hingga bersih.

5. Ekstensi Rambut Kering

Dan terakhir, biarkan hair extension mengering dengan sendirinya, tidak menggunakan handuk lembut atau pengering. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada ekstensi rambut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan gantungan baju untuk mengeringkannya.

Itulah penjelasan tentang hair extension dan Cara merawat rambut yang disambung dengan baik. Apakah Anda tertarik menggunakan ekstensi rambut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.