Cara Merawat Rambut Saat Berhijab Agar Rambut Tetap Sehat

Meski perawatan rambut bagi wanita berhijab terlindungi dari paparan debu, kotoran, polusi, sinar matahari, dan bahaya penataan rambut, hal ini tidak menjamin mahkota mereka akan bebas dari masalah. Masalah yang cukup sering dialami oleh wanita berhijab seperti gatal, kering, ujung bercabang dan rambut rontok. Namun, hampir semua wanita lain pernah mengalami masalah ini. Anda tetap perlu merawat rambut dengan baik agar terhindar dari berbagai masalah rambut. Apalagi bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, pahami beberapa cara merawat rambut saat berhijab agar tetap sehat dan indah.

1. Pahami Jenis Rambut

Pahami Jenis Rambut

Cara merawat rambut saat berhijab yang pertama, pahami jenis rambut Anda. Tak hanya kulit, jenis rambut juga harus diketahui agar kebutuhan rambut bisa terpenuhi. Ada perawatan yang berbeda untuk rambut lurus, rambut keriting, dan rambut bergelombang.

Ada baiknya setelah mencuci rambut dengan sampo, gunakan juga kondisioner. Penggunaan kondisioner berguna untuk menghindari rambut lepek, terutama bagi Anda yang memiliki rambut lurus.

2. Pilih Shampo Khusus

Pilih Shampo Khusus

Cara merawat rambut hijab selanjutnya adalah dengan memilih shampo khusus. Anda harus memilih sampo yang sesuai dengan masalah rambut yang Anda hadapi. Pertama, perhatikan kandungan sampo dan kondisioner untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Saat keramas, sebaiknya jangan terlalu sering karena akan membuat rambut menjadi kering. Rambut kering dapat menyebabkan ketombe dan kulit kepala gatal. Disarankan untuk mencuci setidaknya sekali setiap dua hari.

3. Gunakan Kondisioner Dan Masker Rambut

Jangan lupakan kondisioner dan masker rambut dalam perawatan rambut harian Anda. Kondisioner dan masker rambut memiliki fungsi untuk menutrisi rambut. Ada banyak jenis masker rambut yang bisa Anda gunakan sesuai dengan jenis dan masalah rambut Anda.

Menggunakan masker rambut berguna untuk menjaga vitamin pada rambut agar tidak hilang dan tidak merusak rambut. Anda bisa mencoba masker rambut yang terbuat dari minyak argan. Kandungannya sangat bagus untuk rambut hijab agar tetap sehat. Untuk hasil yang optimal, gunakan masker rambut secara teratur setiap kali Anda mencuci rambut.

4. Keringkan Rambut Sebelum Memakai Hijab

Keringkan Rambut Sebelum Memakai Hijab

Anda sering menganggap remeh kejadian ini, padahal Anda perlu mengeringkan rambut sebelum menggunakan hijab. Pasalnya, saat rambut basah ditutup dalam waktu lama, bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh dan gatal. Jika Anda memiliki rambut kering, hindari menggunakan pengering rambut.

Uap panas dari pengering rambut akan membuat rambut lebih kering dan rusak. Udara secara alami atau gunakan kipas angin untuk mengeringkannya. Atau bisa juga dengan mengeringkan rambut hingga tidak terasa basah.

5. Gunakan Sisir Rambut Dengan Lembut

Cara merawat rambut hijab selanjutnya adalah menyisir rambut dengan rapi dan lembut. Agar rambut tidak mudah rontok, disarankan untuk menyisir rambut dengan lembut dan dalam keadaan setengah kering.

Baca juga :   Perawatan Rambut Lepek Yang Bisa Dicoba Sangat Ampuh

Bagi Anda yang berhijab tentunya akan selalu digulung atau diikat. Kebiasaan menyisir rambut dengan lembut akan menjaga rambut tetap rapi, tidak kusut, dan tidak mudah rontok meski berhijab seharian.

6. Potong Rambut Secara Berkala

Potong Rambut Secara Berkala

Wanita yang berhijab perlu memotong rambutnya secara teratur untuk menghindari ujung rambut yang kering dan bercabang. Lakukan setiap 2 hingga 4 bulan sekali atau jika ujung rambut mulai kering dan bercabang.

7. Gunakan Hijab Yang Tepat

Cara merawat rambut hijab lainnya dengan menggunakan hijab yang tepat. Anda perlu memilih hijab yang sesuai dengan aktivitas Anda. Gunakan bahan hijab yang lembut dan ringan seperti katun, jersey, chiffon, dan ceruty.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Smoothing Berjilbab Agar Tidak Berketombe

Bahan hijab ini memungkinkan rambut Anda terkena udara dan tidak menyesakkan. Rambut tetap bisa bernafas meski memakai hijab seharian.

Cara Menggulung Rambut Panjang

Rambut adalah mahkota setiap orang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika orang dapat menghabiskan waktu berjam – jam untuk merawat dan mempercantik rambut mereka. Perawatan rambut seperti creambath, hair spa, dan lainnya dilakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Namun, tidak hanya perawatan, model rambut juga penting. Saat pergi ke pesta, saat hari sedang terik, atau saat lelah hanya sekedar merapikan rambut, tentu menjadi hal yang menarik ketika kita memberikan sentuhan baru pada rambut kita.

Bagaimana dengan menggulung rambut Anda dan membuatnya lebih menarik? Anda tidak perlu pergi ke salon untuk melakukannya, karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut 10 cara menggulung rambut untuk sehari – hari dan untuk pesta.

Cara Menggulung Rambut Panjang

Cara Mudah Menggulung Rambut

1. Ponytail

Ponytail

Cara menggulung rambut yang indah dan mudah adalah dengan mengikatnya menjadi kuncir kuda. Anda dapat mengikat kuncir kuda di bagian atas atau bawah (menempel di dekat leher). Ponytail atau kuncir kuda adalah gaya rambut tercepat, termudah, dan paling mudah diakses yang bisa dilakukan siapa saja.

Langkah – langkah untuk melakukannya sangat mudah. Pertama, sisir rambut Anda sampai tidak ada lagi rambut yang tersangkut. Kedua, tarik semua rambut Anda ke belakang (kecuali Anda memiliki poni). Jika Anda ingin melakukan ponytail di bawah ini, Anda bisa langsung mengikat rambut Anda. Tapi, jika Anda ingin ponytail yang naik, maka Anda perlu menyisir rambut ke atas.

Pegang rambut Anda di satu tangan sementara yang lain mengikat rambut. Untuk tampilan yang lebih elegan, sisakan sedikit rambut untuk mengikat dasi. Tempelkan bobby pin pada lingkaran rambut agar tidak terlepas.

Baca juga :   Perawatan Keratin Rambut Yang Dapat Menjaga Kesehatan Rambut

2. Hair Bun

Hair Bun

Rekomendasi cara menggulung rambut selanjutnya adalah hair bun atau sanggul, model rambut yang praktis dan cocok untuk sekolah atau kuliah. Biasanya para pemilik rambut panjang ponytail agar rambutnya tidak kegerahan.

Sanggul juga tidak harus rapi, sehingga gaya rambut ini sangat praktis karena bisa dilakukan dalam hitungan detik. Tapi, jika ingin sanggul yang rapi, ikuti langkah demi langkahnya, oke?

Pertama, ikat rambut Anda menjadi kuncir kuda atas. Kedua, bungkus ikat rambut Anda dengan ikat rambut yang lebih besar dan lebih tebal (jika Anda memiliki rambut awal, Anda juga dapat menggunakannya). Ketiga, tarik rambut Anda ke atas lalu bagi menjadi dua.

Selanjutnya, bungkus satu bagian rambut Anda dan selipkan ke dalam ikat rambut, lakukan hal yang sama untuk bagian rambut lainnya tetapi dengan arah yang berbeda. Untuk rambut spiky karena masih pendek, kamu bisa memangkasnya dengan sisir dan hairspray.

3. Chignon

Sanggul adalah gaya rambut sanggul rendah yang terlihat alami dan indah. Kata chignon berasal dari frase Perancis “chignon du cou” yang berarti tengkuk. Jadi, sanggul selalu di bawah dekat leher, ya.

Tidak sulit untuk membuat sanggul sendiri, karena pada dasarnya sanggul adalah rambut di bagian bawah. Namun, variasi sanggul yang membuatnya semakin menarik. Anda dapat mengikuti tutorial dalam video di atas.

4. Head Piece

4. Head Piece

Untuk pergi ke pesta, tentunya kita tidak boleh terlihat biasa – biasa saja. Untuk itu, gunakan aksesoris tambahan agar rambut Anda seperti hiasan kepala misalnya. Sebenarnya, ada berbagai macam bentuk potongan kepala. Ada yang seperti bros, jepitan, ikatan, bandana, dan lain – lain.

Gaya rambut sederhana bisa menjadi ‘up class’ ketika Anda menambahkan potongan kepala yang cocok dengan pakaian yang Anda kenakan. Untuk contoh gaya rambut ini, Anda akan membutuhkan potongan kepala berupa bandana.

Pertama – tama, sisir rambut Anda sampai rapi. Kedua, pasang head piece seperti biasa. Ketiga, selipkan sedikit rambut ke dalam bandana, terus lakukan sampai setengah bandana tertutup. Jika Anda memiliki rambut panjang, ikat sisa rambut Anda terlebih dahulu. Terakhir, selipkan sisa rambut ke dalam bandana. Rapikan rambut dengan sisir, bobby pin, dan hair spray.

5. Braid Top Knot

Sanggul rambut selanjutnya adalah kombinasi kepang dan sanggul. Gaya ini sangat cocok untuk dikenakan ke pesta atau hangout. Lihat tutorial cara membuatnya di video di atas.

Baca juga :   Cara Merawat Mata Rabun Tergantung Dari Penyebab Utamanya

6. Messy Half Bun

Messy Half Bun

Mirip dengan gaya rambut di atas, hanya saja kali ini lebih simpel karena tidak menggunakan kepang. Ini adalah sanggul setengah yang berantakan, sanggul setengah rambut, tetapi sengaja dibuat berantakan agar terlihat alami. Cara membuatnya sangat mudah, bahkan tidak perlu sisir untuk membuatnya.

Anda hanya perlu membelah rambut menjadi dua (ambil bagian atas rambut), lalu ikat dengan bentuk melingkar. Jika menurut Anda tidak, ikatlah seperti rambut biasa, tetapi saat Anda mengikat simpul terakhir, jangan lepaskan ujung rambut Anda untuk membuatnya lebih bulat. Terakhir, uleni sesuai selera agar terlihat lebih natural.

7. The Stewardess / French Twist

The Stewardess  French Twist

Saat naik pesawat, rata – rata gaya rambut pramugari terlihat seperti ini, kan? Sebenarnya nama gaya rambut ini adalah French twist, namun karena sering digunakan oleh pramugari, gaya rambut ini disebut juga dengan gaya pramugari.

Gaya rambut ini sangat cocok untuk menghadiri acara penting dan pesta formal. Cara membuatnya juga tidak sulit kok. Pertama – tama, sisir rambut Anda terlebih dahulu sampai tidak ada yang kusut.

Kedua, sisir rambut ke arah belakang ke kiri, lalu jepit dengan menggunakan bobby pin. Ketiga, gulung rambut ke sisi kanan dengan memutarnya hingga membentuk lilitan. Setelah itu, Anda hanya perlu menjepit rambut dan menyemprotkan hair spray.

8. Crown Braid

Ide selanjutnya tentang cara menggulung rambut adalah kepang mahkota. Gaya ini sering digunakan oleh para pengiring pengantin.

9. Pigtails Twisted Bun

9. Pigtails Twisted Bun

Kuncir dua bukan hanya untuk anak kecil lho. Anda tetap bisa melakukannya untuk mendapatkan tatanan rambut yang imut dan ceria. Gaya ini sangat cocok untuk hang out atau pergi ke konser musik. Jika Anda ingin foto ala Korea juga, gaya rambut ini sangat cocok. Selain mengikat rambut menjadi dua, Anda juga bisa mengikat kuncir kuda menjadi kuncir. Cara ini bisa dilakukan tanpa karet lho.

10. Man Bun

Tidak hanya wanita yang bisa menggulung rambut, pria juga bisa. Apalagi jika Anda memiliki rambut panjang, gaya yang kami rekomendasikan adalah man bun. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyisir rambut agar lembut, lalu siapkan ikat rambut. Kemudian, kumpulkan rambut Anda dan tarik ke atas dengan tangan Anda.

Ikat rambut Anda seperti membuat kuncir kuda di atas. Tapi, ketika simpul terakhir tidak melepaskan rambut Anda, biarkan membentuk lingkaran. Jangan merasa kurang macho, karena gaya rambut ini natural dan cocok untuk cowok.

Nah, itulah sepuluh cara menggulung rambut. Gaya rambut mana yang paling kamu suka?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.