Cara Merilekskan Mata Dan Mengatasi Mata Lelah Yang Ampuh

Mata adalah indra terpenting yang dimiliki oleh setiap makhluk hidup di dunia. Fungsi mata sendiri adalah indera penglihatan bagi setiap makhluk hidup di dunia, oleh karena itu kita perlu untuk mengetahui cara merilekskan mata menjaga kesehatan dan kebugaran mata.

Mata yang lelah setelah seharian beraktivitas sebaiknya diistirahatkan atau Anda dapat merelaksasikan mata, jika tidak teratasi, kondisi mata lelah akan menyebabkan gangguan penglihatan seperti penyakit mata hipermetropik, penyakit mata astigmatisme, dan lain sebagainya yang akan menyebabkan gangguan penglihatan. akhirnya mengganggu produktivitas. Berikut beberapa cara merelaksasikan mata untuk mengatasi mata lelah yang bisa Anda coba.

1. Mengompres Mata

Mengompres Mata

Cara ini adalah cara termudah dan paling ampuh untuk membuat mata Anda terasa nyaman. Gunakan handuk kecil atau tisu dan air dingin, lalu oleskan ke mata Anda selama beberapa menit. Selain membuat mata Anda segar dan rileks, ini juga akan menjaga kebersihan mata Anda dari debu.

2. Gunakan Sendok Dingin

Sendok dingin bisa menjadi alat yang ampuh untuk cara merilekskan mata menghilangkan sakit mata. Bagaimana caranya? Ambil dua sendok dan masukkan ke dalam freezer. Setelah dirasa cukup dingin, letakkan sendok di kedua mata. Setelah beberapa saat, Anda akan merasakan kesegaran dan otot mata menjadi kendur.

3. Air Mawar

Bahan alami ini sangat digemari wanita karena terbukti efektif dalam merawat kulit. Sifat menenangkan alami yang terdapat pada air mawar juga dapat digunakan untuk mengobati mata lelah dan memudarkan lingkaran hitam pada mata. Cara merilekskan mata dengan air mawar juga cukup mudah.

Baca juga :   Fungsi Bagian Mata Dan Memahami Cara Kerja Mata

4. Menggunakan Timun

Menggunakan mentimun untuk perawatan wajah sudah lumrah. Mentimun terbukti efektif membuat mata terasa lebih segar. Siapkan dua irisan tipis mentimun. Kemudian, letakkan kedua iris di atas mata. Cobalah untuk rileks dan nikmati sensasi segar ketimun selama beberapa menit. Selain menyegarkan mata, mentimun juga bisa mengurangi bengkak atau kantung mata.

5. Menggunakan Susu Murni

Tak hanya untuk dikonsumsi, susu murni juga ternyata bisa mengatasi mata lelah. Caranya, celupkan kapas ke dalam susu murni dingin. Lalu, usapkan di sekitar mata, termasuk kelopak mata.

Kandungan lemak dalam susu murni berkhasiat untuk merelaksasikan dan mengurangi risiko iritasi mata. Lakukan ritual ini setiap hari secara rutin untuk menghindari mata lelah.

6. Kentang

Selain ketimun atau irisan lemon, kentang juga bisa digunakan untuk mengobati mata lelah, bahkan mata bengkak. Tak hanya sebagai makanan, kentang juga bermanfaat untuk merawat mata. Caranya, letakkan kentang di lemari es hingga dingin, lalu angkat dan parut. Kemudian, bungkus kentang parut menggunakan kain katun tipis (pastikan kainnya bersih). Setelah itu gunakan untuk mengompres mata yang lelah. Lakukan cara ini secara rutin selama beberapa hari, maka bengkak pada mata akan hilang.

7. Manfaatkan Kantong Teh

Teh juga bisa digunakan untuk mengobati mata yang lelah. Pertama, tuangkan dua kantong teh ke dalam air mendidih. Saat mendidih, keluarkan kedua kantong teh dan biarkan dingin. Setelah kantong teh dingin, letakkan di mata Anda seolah-olah Anda sedang mengompres. Kandungan tehnya bisa membuat mata lelah hilang.

Lihat juga : Tips Kesehatan Mata Agar Terhindari Masalah Mata Di Kemudian Hari

Baca juga :   Vitamin Mata Terbaik Bagi Pengguna Gadget Setiap Hari

Cara Merilekskan Saraf Mata

Beberapa gejala yang dialami oleh manusia ketika mata mereka menjadi terlalu lelah.

Cara Merilekskan Saraf Mata

Gejala umum ketegangan mata meliputi:

  • Kelelahan mata (mata lelah)
  • Sakit kepala
  • Penglihatan kabur dan terkadang bahkan penglihatan ganda
  • Mengalami sakit mata, mata merah dan mata berkedut
  • Perasaan tidak nyaman di sekitar mata, terutama pada orang yang mengalami ketegangan mata akibat pencahayaan yang buruk atau postur tubuh yang salah

Tidak hanya di mata yang sakit; Ketika otot yang terkepal terlalu kencang, ketidaknyamanan juga bisa dirasakan di wajah, rahang, dan pelipis.

Penggunaan komputer dalam jangka panjang tidak hanya membuat kaku dan mengencangkan otot-otot tubuh, seperti bahu, punggung, dan tangan, tetapi juga mata. Bahkan bisa diikuti dengan mata merah, kelelahan, penglihatan kabur, dan kedutan. Nah, untuk menghindarinya, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.

1. Istirahatkan Mata Sejenak

Menatap layar komputer dalam waktu lama bisa membuat mata Anda tegang. Oleh karena itu, beri kesempatan pada mata untuk beristirahat sejenak setiap jangka waktu tertentu. Lihatlah objek yang jauh selama beberapa detik dan berjalanlah.

2. Berkedip Lebih Sering

Berkedip secara teratur merupakan cara termudah untuk menjaga kesegaran mata dan bebas dari risiko mata tegang. Pengguna komputer harus mengedipkan mata setiap tiga hingga empat detik.

3. Buat Ruang Kerja Senyaman Mungkin

Ruang kerja yang nyaman juga akan membuat mata lebih rileks. Misal, buat posisi duduk senyaman mungkin dengan tidak duduk di depan AC yang membuat mata cenderung cepat kering.

Baca juga :   Apa Itu Bluelight, Apa Bahaya BlueLight Untuk Mata?

4. Lindungi Dari Sinar Matahari

Jika Anda perlu pergi ke luar ruangan, maka pastikan Anda menggunakan peralatan yang dapat melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet.

5. Relaksasi Mata

Relakskan otot mata dengan mengoleskan kedua telapak tangan yang membuatnya panas, kemudian letakkan pada mata selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali untuk menjaga mata tetap rileks.

6. Kenakan Kacamata Pelindung

Cara lain untuk menghindari ketegangan dari penggunaan komputer adalah dengan memakai kacamata pelindung. Kacamata ini dapat mengurangi efek cahaya dari layar yang diteruskan ke mata.

7. Pijat Sebelum Tidur

pijat kelopak mata dan otot mata dengan lembut menggunakan jari selama dua menit. Ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke mata yang membuatnya rileks.

8. Sesuaikan Pencahayaan Layar Komputer

Pencahayaan dan kontras layar komputer yang tepat akan mengurangi risiko ketegangan mata karena membuat mata Anda lebih nyaman menatap layar.

9. Periksa Mata

Meski penglihatan Anda bagus dan tidak ada masalah membaca, pemeriksaan mata rutin tetap wajib dilakukan. gangguan mata termasuk kebutaan dapat dicegah dengan melakukan pemeriksaan rutin setiap enam bulan atau setahun sekali. Bahkan pemeriksaan perlu dimulai sebelum ada masalah yang dirasakan pada mata.

10. Tidur Yang Cukup

mata Anda perlu istirahat. Jadi pastikan Anda tidur cukup setiap hari. seperti yang Anda ketahui, tidur dapat memulihkan semua sistem dalam tubuh termasuk mata. Untuk membantu memulihkan kinerja mata, Anda membutuhkan tidur minimal lima jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.