Fungsi Dan Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan

Vitamin C atau juga dikenal sebagai asam askorbat (AA) vitamin c adalah senyawa yang larut dalam air yang ditemukan dalam organisme hidup. Fungsi dan manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh begitu penting. Vitamin C mengandung banyak nutrisi penting untuk metabolisme dalam tubuh. Selain memberikan nutrisi, kegunaan vitamin c juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai reagen untuk pembuatan berbagai bahan dalam industri farmasi dan makanan.

Melihat manfaatnya yang baik untuk tubuh, penting bagi Anda untuk mengetahui secara detail apa saja fungsi, manfaat dan akibat dari kekurangan vitamin C. Dan anda juga bisa untuk mengetahui makanan dan buah apa saja yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh Anda.

Fungsi Vitamin C

Fungsi Vitamin C

Fungsi vitamin C sangat bervariasi bagi tubuh. Ini memainkan peran penting dalam proses fisiologis manusia. apa fungsi vitamin c adalah sebagai berikut:

  • Vitamin C berfungsi dalam pembentukan protein yang digunakan untuk membuat kulit, tendon, ligamen
  • Membentuk pembuluh darah yang berguna untuk penyembuhan luka dan pembentukan jaringan parut
  • Memperbaiki dan memelihara tulang, gigi dan tulang rawan
  • Membantu penyerapan zat besi dalam tubuh
  • Membantu melindungi sel dan menjaganya tetap sehat

Manfaat Vitamin C

Manfaat Vitamin C

Selain memiliki fungsi yang baik untuk tubuh, ada beberapa khasiat vitamin c yang bisa Anda rasakan saat mengonsumsinya. Namun, sebelum mengonsumsinya secara berlebihan, Anda perlu mengetahui berapa banyak konsumsi vitamin C yang dibutuhkan dalam tubuh Anda.

Orang dewasa berusia 19-64 tahun biasanya membutuhkan 500mg vitamin C per hari. Jika dosis yang didapat tubuh Anda tepat, maka Anda bisa merasakan beberapa manfaat tersebut di tubuh Anda.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat memperkuat pertahanan alami tubuh Anda. vitamin c sebagai antioksidan adalah molekul yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara mereka melakukannya adalah untuk melindungi sel dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Radikal bebas yang menumpuk dapat menyebabkan kondisi yang disebut stres oksidatif, yang secara luas dikaitkan dengan penyakit kronis. Data penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30%. Ini membantu pertahanan alami tubuh melawan peradangan.

2. Membantu Mengelola Tekanan Darah Tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat membantu tubuh menurunkan tekanan darah, baik bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi maupun tidak. Meski begitu, vitamin C pelengkap jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, Anda tidak bisa mengandalkan vitamin C sebagai satu – satunya solusi terbaik.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu alasan mengapa banyak orang banyak mengkonsumsi vitamin C adalah karena vitamin ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Langkah pertama yang dilakukan vitamin C dalam meningkatkan kekebalan tubuh adalah mendorong produksi sel darah putih, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi.

vitamin c adalah nutrisi penting untuk membantu sel darah putih ini berfungsi secara efektif dan melindunginya dari kerusakan oleh molekul yang berpotensi berbahaya, seperti radikal bebas. Vitamin C “kedua” dapat membantu meningkatkan sistem pertahanan kulit. Vitamin C secara aktif diangkut ke kulit, di mana ia dapat bertindak sebagai antioksidan dan membantu memperkuat penghalang kulit.

Baca juga :   Anatomi Jantung Dan Fungsinya Yang Perlu Diketahui

4. Membantu Mencegah Kekurangan Zat Besi

Zat besi berfungsi untuk membuat sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Konsumsi vitamin c untuk imun tubuh dan juga dapat membantu tubuh dalam meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

Caranya, vitamin C akan membantu mengubah zat besi yang sebelumnya sulit diserap, menjadi lebih mudah diserap tubuh. Selain itu, vitamin C dapat membantu mengurangi risiko anemia pada orang yang rentan kekurangan zat besi.

Akibat Kekurangan Vitamin C

Akibat Kekurangan Vitamin C

Jika tubuh Anda tidak mencukupi kebutuhan vitamin C, maka ada beberapa akibat yang bisa Anda rasakan seperti kudis, anemia, lebam, berdarah dan gigi yang mudah rontok. Kasus – kasus ini mungkin jarang terjadi, dan hanya terjadi pada kasus – kasus ekstrim. Meski begitu, Anda tetap perlu mengonsumsi vitamin C karena memiliki banyak fungsi dan manfaat vitamin c yaitu untuk menjaga kesehatan dan bermanfaat bagi tubuh.

Sayuran Yang Mengandung Vitamin C

Ada banyak jenis vitamin c pada sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh Anda, beberapa di antaranya ada pada sayuran seperti brokoli, kembang kol, bayam.

1. Brokoli

Meski tidak semua orang menyukai sayuran ini. Brokoli merupakan sayuran hijau yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain nutrisi yang lengkap, brokoli juga mengandung vitamin C. Penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

2. Bunga Kol

Sayuran kembang kol yang hampir mirip dengan brokoli mengandung vitamin C. Meski kadarnya tidak sebanyak brokoli, kembang kol kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, kembang kol merupakan jenis sayuran yang rendah kalori, namun tinggi serat.

3. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang penting untuk dikonsumsi setiap hari. Mengapa? Karena bayam kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, folat, potasium, dan zat besi.

Buah Yang Mengandung Vitamin C

Selain sayuran, beberapa macam vitamin c dari buah juga kaya akan vitamin C. Buah – buahan tersebut adalah jeruk, stroberi, jambu biji, dan pepaya.

1. Jambu Biji

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Ya jambu! Selain rasanya yang enak, jambu biji mengandung vitamin yang berguna untuk kesehatan tubuh. Jambu biji mengandung vitamin C, vitamin A, serta potasium, dan antioksidan. Meski jumlahnya sedikit, nutrisi lain dari jambu biji cukup lengkap, seperti serat, zat besi, protein, magnesium, dan folat.

2. Oranye

Seperti yang kita ketahui, buah jeruk merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C. Jika mengonsumsi satu buah jeruk, mengandung kurang lebih 70 miligram vitamin C per hari. Jadi jumlah ini cukup untuk kebutuhan vitamin C harian.

3. Papaya

Apakah Anda tahu? Satu mangkuk saji berisi sekitar 150 gram buah pepaya mengandung 90 miligram vitamin C. Selain cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, buah ini mampu mencegah berbagai penyakit, seperti demensia dan kanker. Buah pepaya juga menyehatkan saluran pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca juga :   Merawat Rambut Agar Lebat Hingga Ke Akar

4. Stroberi

Selain mengandung antioksidan, ternyata strawberry juga merupakan sumber vitamin C. Rasanya yang segar membuat buah ini bisa dijadikan jus, smoothies, campuran salad, atau dimakan langsung. Selain stroberi, buah lain yang banyak mengandung vitamin C juga terdapat pada blueberry dan blackcurrents.

Baca juga : Manfaat Kencur Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui berbagai fungsi dan manfaat vitamin C bagi tubuh. Kekurangan vitamin C bisa berdampak buruk bagi tubuh Anda. Mengkonsumsi vitamin C dari buah dan sayur dapat bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Vitamin C Untuk Wajah

Setiap hari, kulit kita dihadapkan pada sejumlah tantangan, seperti paparan polusi, penuaan kulit akibat usia, serta efek samping penggunaan bahan kimia dari produk yang kita gunakan setiap hari yang memperburuk kondisi kulit. Tentu hal ini menjadi perhatian bagi sebagian orang, karena dapat mempercepat proses penuaan kulit atau yang sering disebut dengan penuaan dini.

Namun, jangan khawatir, sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan vitamin C secara teratur dapat mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit wajah. Yuk simak apa saja manfaat vitamin C untuk wajah.

Manfaat Vitamin C untuk Wajah Sebagai Pencegahan

Manfaat Vitamin C Untuk Wajah

1. Mencegah Keriput

Untuk mencegah penuaan dini pada kulit, sebaiknya mulai memperhatikan faktor – faktor yang mempercepat penuaan dini seperti merokok dan paparan sinar matahari.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa perawatan wajah menggunakan vitamin C dapat mengurangi munculnya kerutan dan hasilnya dapat terlihat setelah 3 bulan.

2. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat membuat kulit kusam. Untungnya, vitamin C dapat menghambat atau bahkan menghilangkan radikal bebas yang biasa ditemukan pada polutan lingkungan dan paparan radiasi UV. Antioksidan dalam vitamin C dapat membantu mempertahankan kulit wajah dari kerusakan akibat sinar UV.

3. Membantu Produksi Kolagen

Kolagen merupakan protein alami pada kulit yang memiliki peran utama dalam menjaga elastisitas kulit. Sayangnya, semakin tua Anda, semakin sedikit kolagen yang diproduksi tubuh Anda.

Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang rutin mengonsumsi vitamin C memiliki produksi kolagen lebih banyak dan membuat kulit lebih kencang.

Manfaat Vitamin C Untuk Wajah Sebagai Perawatan

1. Mempercepat Pembentukan Sel

Selain meminimalkan kemerahan, vitamin C mempercepat pergantian sel. Artinya vitamin C berperan dalam proses regenerasi sel, menggantikan sel yang rusak dengan sel baru yang lebih sehat.

2. Menghilangkan Bekas Luka Seperti Bekas Jerawat

Salah satu manfaat vitamin C untuk wajah adalah mempercepat penyembuhan luka. Anda bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi makanan bergizi, mengonsumsi suplemen tertentu, atau mengoleskan serum vitamin C langsung ke kulit Anda. Bahkan dalam sebuah penelitian yang melibatkan 80 orang, vitamin C terbukti efektif menghilangkan bekas luka.

3. Mengatasi Kemerahan

Paparan kulit terhadap radiasi UV dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar dan merah. Penelitian telah membuktikan bahwa vitamin C dapat mengobati berbagai kondisi kulit, salah satunya adalah peradangan atau kemerahan. Dengan cara kerja vitamin C yang mampu meminimalkan kemerahan akan membuat warna kulit lebih merata.

4. Mencerahkan Kulit

Jika kulit Anda kusam, maka jangan lewatkan manfaat vitamin C untuk wajah yang satu ini. Vitamin C berperan besar dalam menghaluskan permukaan kulit untuk merawat kulit kusam dan membuatnya lebih bercahaya.

Baca juga :   Batas Kadar Gula Darah Normal Untuk Orang Tanpa Diabetes

5. Meratakan Warna Kulit

Vitamin C telah terbukti mengurangi hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi terjadi ketika area kulit tertentu lebih gelap dari yang seharusnya, seperti bekas jerawat, bintik matahari atau bintik matahari, bintik – bintik di wajah yang disebabkan oleh penuaan kulit.

6. Mengurangi Mata Panda

Jika Anda sering begadang, vitamin C juga memiliki manfaat dalam mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Karena kelebihannya yang dapat meningkatkan jumlah kolagen, Vitamin C telah diuji untuk membantu menyamarkan mata panda.

Sumber Vitamin C Untuk Wajah

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali manfaat vitamin C untuk wajah, dan tentunya ada berbagai macam cara untuk mendapatkan vitamin C. Selain mengonsumsi makanan seperti buah dan sayur yang mengandung vitamin C, vitamin ini bisa Anda dapatkan dari beberapa hal. seperti:

1. Serum Vitamin C

Serum vitamin C biasanya disediakan dalam botol kecil berisi bahan – bahan yang kaya akan manfaat. Namun sayangnya, bahan yang kuat seperti serum vitamin c dapat mengiritasi kulit sensitif.

Beberapa gejala iritasi akibat serum vitamin C adalah:

  • Wajah gatal
  • Tampak merah
  • Kulit terbakar atau tertusuk – tusuk

Jika Anda merasakan salah satu gejala di atas, obati dengan mencuci muka untuk menghilangkan serum dan segera hubungi dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

2. Suntikan Vitamin C

Bukan rahasia lagi bahwa salah satu manfaat vitamin C untuk kulit adalah mencerahkan warna kulit, dan banyak orang mengharapkan hasil instan dengan cara ini. Namun, Anda tetap harus berhati – hati jika Anda mempertimbangkan untuk mengambil suntikan vitamin C. Beberapa efek samping yang dapat terjadi antara lain:

  • Perut terasa mual
  • Sakit di tempat suntikan
  • Infeksi di tempat suntikan

Jika Anda memiliki penyakit ginjal, suntikan vitamin C dapat menyebabkan kerusakan ginjal
Suntikan vitamin C juga meningkatkan potensi batu ginjal

Cara Mendapatkan Vitamin C Yang Aman

Cara Mendapatkan Vitamin C Yang Aman

Vitamin C memang memiliki banyak manfaat, namun Anda perlu mewaspadai potensi lain yang justru dapat memperburuk kondisi kulit di wajah atau bahkan tubuh Anda. Misalnya, jika saat ini Anda berpikir untuk mendapatkan vitamin C melalui suntikan, bicarakan dengan dokter Anda tentang risikonya.

Untuk mendapatkan vitamin C yang cukup, Anda harus bisa makan banyak buah dan sayuran setiap hari. Namun, terkadang hal ini sulit diterapkan bagi Anda yang memiliki aktivitas dan mobilitas tinggi.

Jika Anda tidak sempat menyantap makanan asli yang mengandung vitamin C, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi Vitamin C dalam bentuk suplemen makanan yang telah diracik khusus agar mudah diserap tubuh.

Selain itu, perhatikan juga dosis Vitamin C yang tepat. Jumlah harian maksimum yang dianggap aman adalah 2000 mg untuk usia 19 tahun ke atas. Oleh karena itu, pilihlah suplemen yang aman dan sesuai dengan kebutuhan harian Anda.

Mengkonsumsi vitamin C secara teratur tidak hanya akan membuat kulit wajah Anda sehat dan awet muda, tetapi juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.