Jelaskan Gangguan Pada Tulang Yang Diakibatkan Oleh Infeksi

Gangguan tulang tidak hanya membatasi aktivitas Anda sehari – hari, tetapi juga mengganggu berbagai fungsi tubuh yang berdampak pada kesehatan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Oleh karena itu, penting untuk mengenali berbagai kelainan tulang agar pengobatan dapat dilakukan sejak dini. Tulang merupakan jaringan yang berperan penting dalam memberi bentuk pada tubuh dan menopang tubuh secara keseluruhan. Selain itu, jelaskan gangguan pada tulang,  tulang juga berfungsi untuk membantu tubuh kita dapat bergerak. Jaringan tulang akan terus tumbuh dan memperbaharui dirinya sendiri sepanjang hidup Anda.

Mengenali Gangguan Tulang

Mengenali Gangguan Tulang

Tulang merupakan bagian yang menyusun rangka tubuh. Jaringan tulang yang kuat ini yang tersusun dari protein dan berbagai mineral, terutama kalsium fosfat dan juga kalsium karbonat.

Selain berfungsi sebagai penopang dan pembentuk postur, tulang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan kalsium dan mengatur keseimbangan kalsium dalam tubuh.

Karena fungsinya yang begitu penting, kesehatan tulang harus selalu dijaga. Namun, terkadang ada beberapa kelainan tulang yang bisa terjadi. jelaskan gangguan pada tulang yang diakibatkan oleh infeksi.

Beberapa jenis kelainan tulang yang cukup umum antara lain:

1. Osteoporosis

Osteoporosis adalah salah satu gangguan tulang yang paling umum. Osteoporosis terjadi ketika pembentukan tulang baru tidak dapat mengimbangi kerusakan pada tulang lama, sehingga menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh atau keropos.

Baca juga :   Cara Kerja Sistem Pernapasan Manusia Yang Perlu Untuk Diketahui

Osteoporosis sering terjadi seiring bertambahnya usia. Gangguan tulang ini juga cenderung lebih sering terjadi pada wanita pascamenopause.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang juga dapat meningkatkan risiko osteoporosis, yaitu faktor genetik, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, kondisi medis tertentu, dan penggunaan obat kortikosteroid jangka panjang.

Pada tahap awal, osteoporosis biasanya tidak menunjukkan gejala. Namun, beberapa penderita osteoporosis mungkin mengalami nyeri punggung karena tulang belakang mulai retak atau rapuh, tubuh semakin pendek, atau postur tubuh yang bungkuk. Orang dengan osteoporosis juga berisiko tinggi mengalami patah tulang.

2. Osteomielitis

jelaskan gangguan pada tulang yang diakibatkan oleh infeksi yaitu Osteomielitis disebabkan oleh infeksi bakteri pada tulang. Pada anak – anak, infeksi tulang umumnya terjadi pada lengan dan kaki. Sedangkan pada orang dewasa, infeksi ini biasanya muncul di pinggul, tulang belakang, dan kaki.

Infeksi tulang tidak bisa dianggap enteng. Jika dibiarkan, gangguan pada tulang yang satu ini bisa membuat tulang menjadi rusak permanen.

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan oleh osteomielitis, antara lain demam, kelelahan, tulang yang terinfeksi terasa merah, nyeri, dan bengkak, serta kesulitan menggerakkan tulang yang nyeri.

Baca juga :   Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Bertahan Lebih Lama

Infeksi Tulang Apa Bisa Sembuh?

Infeksi Tulang Apa Bisa Sembuh

Meskipun pernah dianggap sebagai penyakit yang tidak dapat disembuhkan, osteomielitis sekarang dapat diobati. Kebanyakan orang yang menderita kondisi ini memerlukan pembedahan untuk mengangkat area tulang yang telah mati. Setelah operasi, antibiotik intravena yang kuat biasanya diperlukan.

3. Tumor Tulang

Tumor tulang dapat bersifat jinak atau ganas (kanker) yang dapat menyebar ke seluruh jaringan tubuh. Tumor tulang terjadi ketika terjadi peningkatan jumlah sel tulang yang berlebih, sehingga membentuk massa atau gumpalan jaringan tulang.

Penyebab pasti penyakit ini tidak diketahui, tetapi tumor sering terjadi ketika bagian – bagian tubuh berkembang pesat. Beberapa jenis tumor tulang antara lain tumor sel raksasa, enkondroma, dan tumor tulang ganas seperti osteosarkoma.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Tulang Seiring Bertambahnya Usia

4. Spondilosis

Spondylosis terjadi sebagai akibat dari proses penuaan dan umumnya terjadi pada usia di atas 40 tahun. Seiring bertambahnya usia, tulang dan jaringan ikat di tulang belakang sering aus, termasuk cakram yang melindungi tulang belakang di antara tulang belakang.

Baca juga :   Perawatan Rambut Agar Cepat Panjang Dan Sehat Ternutrisi

Cakram tulang belakang yang lemah dan aus dapat menonjol, kemudian menekan atau mencubit saraf.

Spondilosis dapat terjadi tanpa gejala atau dengan gejala. Pengobatan untuk gangguan ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit di punggung dan leher, serta gejala lain yang disebabkan oleh saraf terjepit.

Salah satu jenis pengobatan yang dilakukan adalah dengan pemberian obat pereda nyeri atau dengan fisioterapi.

5. Osteofit

Osteofit adalah kelainan tulang berupa taji tulang yang tumbuh di tulang belakang atau di sekitar persendian. Biasanya, osteofit terbentuk di sebelah sendi yang terkena osteoarthritis.

Osteofit dapat tumbuh dari tulang mana saja, tetapi paling sering terjadi di leher, bahu, lutut, punggung bawah, jari tangan atau kaki, kaki atau tumit.

Gangguan tulang, apa pun jenisnya, perlu ditangani oleh spesialis ortopedi . Untuk mengobatinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menjalani pemeriksaan penunjang, seperti rontgen dan tes darah, untuk menentukan diagnosis dan jenis pengobatan. Perawatan yang tepat sangat penting untuk mencegah komplikasi dan masalah tulang lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.