Mata Ikan Di Jari Tangan Bisa Saja Terjadi Dan Tidak Berbahaya

Mata ikan pada jari adalah suatu kondisi penebalan dan pengerasan kulit akibat tekanan atau gesekan yang berulang. Meski tidak berbahaya , cara melepas mata ikan di jari tangan, perlu dilakukan agar rasa sakit tidak muncul lagi.

Umumnya, mata ikan atau disebut juga clavus adalah kondisi kulit yang menebal dan mengeras akibat tekanan atau gesekan kulit yang terjadi berulang kali. Meski umumnya muncul di jari tangan dan telapak kaki, namun munculnya mata ikan di jari tangan bisa saja terjadi.

Apalagi jika Anda sering bergerak menggunakan salah satu atau kedua tangan yang sering ditekan atau digosok. Mata ikan di telapak tangan umumnya tidak berbahaya dan juga dapat hilang dengan sendirinya tanpa dengan pengobatan. Namun, jika dibiarkan, ada rasa sakit yang sulit untuk diabaikan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara melepas mata ikan di jari tangan dengan benar dan aman.

Penyebab Mata Ikan Di Tangan

Pada dasarnya penyebab mata ikan di tangan sama dengan kemunculannya di area jari tangan dan telapak kaki. Penyebab mata ikan di tangan adalah tekanan dan gesekan pada kulit yang terjadi berulang kali.

Penyebab Mata Ikan Di Tangan

Misalnya tangan yang sering menggunakan peralatan atau alat musik secara berulang – ulang sehingga menyebabkan mata ikan berkembang. Selain efek tekanan dan gesekan, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena eyelet di tangan, seperti:

  • Memiliki kelainan bentuk jari, seperti bunion dan hammertoes.
  • Memiliki kelainan bentuk tangan dan kaki.
  • Jangan menggunakan sarung tangan pada saat anda mengoperasikan alat sehingga kulit rentan terhadap gesekan yang berlebihan.
  • Anda seorang perokok.

Ciri – Ciri Mata Ikan Di Jari

Ciri-ciri mata ikan adalah sebagai berikut.

  • Penebalan dan pengerasan kulit.
  • Benjolan di kulit.
  • Area kulit yang terinfeksi dengan mata ikan akan terasa kering dan juga bersisik.
  • Ketidaknyamanan atau rasa sakit saat disentuh.

Jenis Mata Ikan Terdiri Dari

  • Mata ikan yang keras. Jenis mata ikan yang keras sering ditandai dengan area kulit yang kecil dan padat di area kulit yang tebal.
  • Mata ikan lembut. Jenis mata ikan lunak ini yang berwarna putih keabu-abuan dan memiliki tekstur yang lembut dan juga kenyal.
  • Biji mata ikan. Mata ikan kecil, biasanya terbentuk di bagian bawah kaki.

Cara Menghilangkan Mata Ikan Di Jari

Umumnya mata ikan yang ada di jari bisa hilang dengan sendirinya tanpa dengan pengobatan apapun. Namun, untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dan mencegah iritasi di kemudian hari, akan lebih baik jika Anda menerapkan metode melepas mata ikan di tangan Anda.

Baca juga :   Bisul Tidak Ada Matanya Dan Pengobatan Yang Optimal

Berikut cara menghilangkan mata ikan di tangan yang bisa dilakukan di rumah dengan bantuan medis dari dokter kulit.

1. Rendam Tangan Dalam Air Hangat

Salah satu cara menghilangkan mata ikan pada jari adalah dengan merendam tangan di air hangat.
Lakukan langkah ini selama kurang lebih 10 menit hingga area kulit yang berisi mata ikan melunak.

Kemudian, gosok mata ikan pada tangan menggunakan batu apung dengan gerakan memutar atau menyamping untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, jangan terlalu sering menggosokkan batu apung di atas mata ikan. Sebab, bisa berisiko menyebabkan iritasi hingga pendarahan.

2. Gunakan Salep Mata Ikan

Cara menghilangkan mata ikan di jari selanjutnya adalah dengan menggunakan salep mata ikan.
Salep mata ikan yang ada di apotek yang mengandung asam salisilat.

Asam salisilat bekerja dengan cara mengikis protein keratin yang menjadi penyebab terbentuknya sel kulit mati dan penebalan kulit. Namun, penggunaan salep mata ikan yang mengandung asam salisilat tidak dianjurkan bagi penderita diabetes atau peredaran darah yang buruk.

3. Plester Mata Ikan

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk penyembuhan mata ikan. Salah satu pengobatan yang dianjurkan oleh dokter misalnya adalah penggunaan plester mata ikan dengan kandungan asam salisilat 40%.

Dokter akan memberi tahu Anda cara menggunakannya dan seberapa sering mengganti penutup mata ikan yang digunakan. Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk menggosok batu apung terlebih dahulu sebelum menerapkan patch mata ikan.

4. Penipisan Kulit

Cara untuk dapat menghilangkan mata ikan di jari secara medis adalah dengan menipiskan lapisan kulit yang menebal. Dokter mungkin akan memotong atau mengikis lapisan kulit yang menebal dan mengeras dengan menggunakan pisau bedah steril.

Langkah ini hanya boleh dilakukan oleh dokter. Tindakan penipisan lapisan kulit yang menebal yang dilakukan di rumah berisiko menyebabkan infeksi.

5. Krioterapi

Cryotherapy adalah prosedur medis yang akan dilakukan dengan membekukan kulit yang menebal dan mengeras dengan menggunakan nitrogen cair. Sebuah penelitian membuktikan bahwa cara menghilangkan mata ikan di jari ini lebih efektif dengan menggunakan salep asam salisilat.

6. Tindakan Laser

Sinar laser akan diarahkan ke mata ikan pada jari untuk membunuh jaringan yang terinfeksi sehingga kulit yang terkena mata ikan dapat segera diangkat.

Baca juga :   Cara Menjaga Sistem Imun Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

7. Operasi

Dalam kasus yang sangat jarang, dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi mata ikan.

Cara Mencegah Mata Ikan Di Telapak Tangan

Cara Mencegah Mata Ikan Di Telapak Tangan

Mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati.

1. Gunakan Sarung Tangan

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya mata ikan pada telapak tangan adalah dengan menggunakan sarung tangan.

Anda dapat menggunakan sarung tangan saat harus mengoperasikan alat atau benda yang rentan terhadap gesekan atau tekanan.

2. Jangan Merusak Atau Meremas Mata Ikan

Hindari mematahkan atau meremas mata ikan di telapak tangan Anda. langkah ini justru bisa memperburuk kondisi kulit karena rentan terhadap infeksi.

Baca juga : Salep Mata Ikan Yang Dapat Menghilangkan Secara Efektif

3. Selalu Jaga Kebersihan Tangan Anda

Cara mencegah mata ikan di telapak tangan selanjutnya adalah menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan. Pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun tangan sebelum dan sesudah menyentuh barang – barang yang rawan disentuh banyak orang. Anda juga perlu mencuci tangan setelah merawat area kulit yang terinfeksi mata ikan.

Mata ikan di telapak tangan harus mudah dirawat. Namun, jika kondisi menjadi lebih serius atau tidak kunjung hilang setelah perawatan, segera konsultasikan ke dokter kulit. Selain itu, Anda harus segera menemui dokter jika:

  • Benjolan kulit yang mengeras atau menebal berdarah, terasa sakit, dan perubahan penampilan atau warna.
  • Mata ikan muncul di telapak tangan semakin banyak.
  • Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari – hari.
  • Anda penderita diabetes.
  • Anda menduga bahwa tonjolan yang ada pada kulit yang menebal dan mengeras bukanlah mata ikan.
  • Dengan demikian, dokter akan membuat diagnosis dan menentukan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Obat Mata Ikan Di Apotik

Obat mata ikan yang bisa mengobati mata ikan di tangan dengan berbagai obat mata ikan di apotek terdekat.

Penggunaan obat – obatan bertujuan untuk menghilangkan rasa tidak nyaman akibat gesekan atau tekanan berulang yang terjadi. Pilihan obat mata ikan yang bisa Anda beli di apotek adalah sebagai berikut.

Obat Mata Ikan Di Apotik

1. Krim Asam Salisilat

Salah satu obat mata ikan di apotek adalah krim yang mengandung asam salisilat. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan obat asam salisilat ini.

Baca juga :   Cara Menumbuhkan Bulu Mata Yang Botak Menjadi Lebih Tebal

Namun perlu diketahui bahwa penggunaan salep mata ikan yang mengandung asam salisilat tidak dianjurkan dan tidak cocok untuk semua orang.

Penderita diabetes, gangguan sirkulasi darah, atau penipisan kulit sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini. Pasalnya, penggunaan asam salisilat pada orang dengan kondisi kesehatan tertentu dapat menyebabkan iritasi, luka bakar, hingga infeksi pada jaringan kulit sehat di sekitar area kulit tempat mata ikan berada.

Bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu dan sedang mengalami mata ikan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Amonium Laktat

Obat mata ikan di apotek selanjutnya adalah salep yang mengandung amonium laktat.
Amonium laktat topikal dapat membantu mengencerkan kulit di sekitar bola mata.

Selain itu, fungsi amonium laktat mampu melembabkan dan melembutkan kulit mata ikan yang bersisik dan kering. Penggunaan obat berupa krim dan lotion cukup dioleskan pada area kulit yang terinfeksi.

Kemudian, gosok dengan lembut dan perlahan. Pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada resep atau kemasan salep mata ikan ini sebelum menggunakannya.

3. Triamsinolon

Triamcinolone adalah obat mata ikan di apotek berikutnya. Triamcinolone adalah golongan kortikosteroid yang dapat membantu mengatasi kulit kering dan berkerak, termasuk yang disebabkan oleh mata ikan.

Triamcinolone tersedia dalam bentuk salep, krim, atau lotion. Oleskan salep mata ikan triamcinolone dalam jumlah yang tepat pada area kulit yang terinfeksi. Kemudian, gosok dengan lembut dan perlahan. Selalu ikuti petunjuk pada paket sebelum mengoleskannya ke kulit.

4. Tretinoin

Tretinoin juga merupakan obat pilihan untuk mata ikan di apotek. Tretinoin topikal tersedia dalam bentuk krim atau gel.

Penggunaan tretinoin dapat membantu pengelupasan area kulit yang terinfeksi mata ikan. Anda bisa untuk mengoleskan tretinoin topikal setiap hari sebelum anda tidur di malam hari. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk pada label salep mata ikan ini sebelum mengoleskannya ke kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *