Operasi Kantung Mata Dapat Mengencangkan Kulit Kendur Di Area Mata

Operasi kantung mata bisa dilakukan jika anda ingin menghilangkan kantung mata dan juga kerutan di sekitar mata. Namun, sebelum memutuskan untuk menjalani operasi kantung mata, cari tahu dulu bagaimana prosedur, persiapan, dan pemulihannya, serta berapa biayanya.

Kantung mata adalah kondisi ketika kelopak mata bagian bawah membengkak, melorot, dan terlihat bengkak. Kantung mata ini bisa terbentuk karena penumpukan lemak atau cairan di kelopak mata, sehingga mata terlihat sedikit bengkak.

Hal ini disebabkan oleh melemahnya jaringan dan otot di sekitar mata. Pemicu utamanya adalah penuaan, namun bisa juga karena faktor keturunan, kebiasaan merokok, alergi, kurang tidur, atau seringnya konsumsi makanan asin.

Ada banyak cara untuk menghilangkan kantung mata. Yang paling mudah dan murah adalah perawatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah, seperti kompres mata dan tidur yang cukup. Namun jika kantung mata terlalu besar, mengganggu penampilan, atau menghalangi pandangan, operasi kantung mata bisa menjadi solusinya.

Tentang Informasi Operasi Kantong Mata

Tentang Informasi Operasi Kantong Mata

Dalam dunia medis, operasi kantung mata atau kelopak mata disebut juga dengan blepharoplasty. Prosedur operasi plastik ini yang bertujuan untuk memperbaiki bentuk dan struktur kelopak mata bagian bawah atau juga atas. Alhasil, mata yang bengkak dan yang terlihat kendor akan terlihat lebih kencang. Tertarik menjalani operasi kantung mata? Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

1. Biaya Operasi Kantung Mata

Biaya untuk melakukan operasi kelopak mata bervariasi, tergantung pada rumah sakit yang anda melakukannya. Di beberapa rumah sakit yang ada di Indonesia, Biasa biaya prosedur operasi ini berkisar antara 12 juta hingga dengan lebih dari 25 juta rupiah.

2. Persiapan Sebelum Operasi Kantung Mata

Sebelum anda menjalani operasi kantung mata, Maka ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, yaitu:

  • Pilih ahli bedah plastik yang berpengalaman dalam melakukan prosedur operasi blepharoplasty.
  • Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat secara keseluruhan.
  • Menjaga jaringan dan otot di sekitar mata ada tetap dalam kondisi yang baik, dan juga memastikan tidak ada kondisi mata yang serius.
  • Jangan merokok setidaknya selama 3-4 minggu sebelum operasi.
  • Berhenti untuk meminum obat tertentu, seperti pengencer darah atau suplemen herbal tertentu, sebelum anda menjalani operasi kantung mata.
  • Buatlah rencana untuk mengambil cuti beberapa hari karena Anda perlu istirahat setelah operasi.
  • Sebelum operasi, Anda biasanya memerlukan sesi konsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan apakah Anda perlu menjalani operasi kantung mata dan kapan bisa dilakukan.
  • Selama pemeriksaan, dokter biasanya akan menanyakan beberapa hal, antara lain informasi tentang riwayat kesehatan dan obat – obatan yang sedang Anda konsumsi serta alasan mengapa Anda ingin menjalani operasi kantung mata.
  • Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, termasuk pemeriksaan mata oleh dokter spesialis mata.
  • Saat berkonsultasi, pastikan Anda memahami informasi dengan jelas dan detail tentang manfaat dan risiko efek samping dari operasi yang akan dilakukan oleh dokter. Demikian beberapa petunjuk yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah operasi.

3. Prosedur Operasi Kantung Mata

Setelah jadwal operasi ditentukan, Anda akan diberitahu oleh dokter kapan Anda harus pergi ke rumah sakit dan apakah Anda perlu tinggal di rumah sakit. Adapun prosedur operasi kantung mata, yaitu:

  • Anda akan diminta untuk datang ke rumah sakit untuk mempersiapkan operasi.
  • Sebelum operasi dimulai, dokter akan memberi Anda obat bius atau bius lokal di sekitar mata.
  • Setelah anestesi mulai bekerja, dokter kemudian akan membuat sayatan tepat di bawah bulu mata atau di bagian dalam kelopak mata bawah.
  • Kulit dan lemak yang berlebih pada kelopak mata anda akan dipotong dan dibuang.
  • Setelah operasi selesai, luka operasi akan dijahit. Jahitan biasanya akan dilepas seminggu kemudian.

Perkiraan waktu untuk operasi kantung mata adalah sekitar 1-2 jam. Biasanya pasien akan diperbolehkan pulang pada hari yang sama. Namun, terkadang operasi kantung mata dapat dilakukan dengan anestesi umum.

Jika dilakukan dengan anestesi umum, waktu pemulihan dan pengamatan di rumah sakit mungkin lebih lama dari pada operasi kantung mata yang menggunakan anestesi lokal pada mata.

Baca juga :   Obat Iritasi Mata Karena Softlens Agar Tidak Merusak Mata

4. Pemulihan Dan Perawatan Pasca Operasi

Untuk membantu proses pemulihan pasca operasi kantung mata, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu:

  • Sangga atau tinggikan kepala dengan bantal saat tidur selama beberapa hari.
  • Bersihkan kelopak mata secara perlahan dan gunakan salep atau obat tetes mata yang telah diresepkan oleh dokter.
  • Kompres mata dengan kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak.
  • Minum obat pereda nyeri untuk meredakan nyeri. Dokter Anda dapat memberi Anda obat pereda nyeri, seperti ketorolak, ibuprofen, dan celecoxib.
  • Jangan melakukan aktivitas berat dan berenang selama beberapa hari.
  • Jangan merokok.
  • Jangan menggunakan lensa kontak atau menggosok mata Anda.

Hasil akhir operasi biasanya akan terlihat dalam beberapa minggu setelah operasi. Tapi ingat, sayatan bedah membutuhkan waktu setidaknya satu tahun untuk benar – benar sembuh. Anda juga harus menemui ahli bedah lagi untuk pemeriksaan lanjutan rutin setelah operasi.

Umumnya, operasi kantung mata tidak perlu dilakukan berulang – ulang. Namun, mata Anda akan tetap mengalami penuaan seiring waktu dan kantung mata Anda mungkin akan kembali.

5. Komplikasi Operasi Kantung Mata

Setelah operasi kantung mata, mungkin ada berbagai keluhan di sekitar mata. Kondisi umum ini biasanya sembuh dalam waktu 2 minggu. Beberapa keluhan tersebut adalah:

  • Nyeri ringan di kelopak mata.
  • Memar dan bengkak di sekitar mata.
  • Mati rasa di sekitar mata.
  • Mata terasa kering atau berair.
  • Penglihatan terlihat kabur atau berbayang.
  • Iritasi mata.
  • Mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Namun, segera periksakan ke dokter jika setelah menjalani operasi kantung mata Anda mengalami komplikasi berikut ini:

  • Penglihatan kabur atau ganda.
  • Mata terlihat asimetris.
  • Ada gumpalan darah di bawah kulit mata.
  • Muncul jaringan parut atau keloid.
  • Otot-otot mata terluka, pertanda jika kelopak mata sulit dibuka atau ditutup.
    Kelopak mata terlipat ke luar, sehingga tampak ruang antara mata dan kelopak mata (ektropion).
  • Pendarahan yang berlebihan.
  • Infeksi.
  • Reaksi terhadap anestesi, misalnya pusing, mual, muntah, sesak napas, dan sakit kepala parah yang tidak mereda setelah operasi.
  • Mengingat bahwa operasi kantung mata membutuhkan banyak biaya dan memiliki beberapa risiko dan komplikasi, Anda dapat mempertimbangkan pilihan pengobatan lain untuk menyamarkan kantung mata.

Perawatannya bisa berupa perawatan kulit kelopak mata menggunakan laser, chemical peeling, atau filler. Anda bisa mendapatkan informasi tentang perawatan ini dengan berkonsultasi dengan dokter mata.

Efek Samping Operasi Kantung Mata

Kantung mata bukanlah penyakit yang harus disembuhkan. Namun, kantung mata menjadi masalah bagi sebagian wanita yang memilikinya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantung mata tanpa operasi, namun operasi kantung mata dipilih para wanita untuk menjadi jalan pintas bagi mereka yang ingin tampil awet muda. Prosedur Operasi Kantong Mata ini bertujuan untuk menghilangkan kelebihan otot, lemak, dan mengencangkan kulit kendur di area mata.

 

Efek Samping Operasi Kantung Mata

Biasanya sebelum melakukan operasi kantong mata, ada beberapa persiapan operasi kantong mata yang harus Anda lakukan, seperti pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan mata, dan lain – lain. Anda juga perlu mempertimbangkan biaya operasi kantung mata sebelum Anda menjalani operasi kantung mata.

Selain itu, hal terakhir yang harus Anda pikirkan sebelum melakukan operasi adalah efek samping dari operasi. Apapun jenis operasi yang Anda lakukan, misalnya prosedur operasi ambeien dengan stapler, dapat menimbulkan efek samping operasi ambeien, seperti halnya operasi kantung mata, yang akan menimbulkan efek samping tertentu.

Efek Samping Operasi Kantong Mata

Berikut penjelasan lengkap mengenai efek samping yang akan Anda rasakan setelah operasi kantung mata:

Rasa Sakit

Nyeri adalah hal pertama yang akan Anda rasakan setelah operasi. Sama halnya dengan efek samping operasi lutut, efek samping operasi usus buntu, efek samping operasi plastik, dan efek samping operasi keperawanan yang menyebabkan nyeri pasca operasi.

Namun, biasanya dokter akan membuatkan resep untuk mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan. Ini juga merupakan resiko pertama yang harus ditanggung jika ingin melakukan Prosedur Operasi Kantong Mata.

Baca juga :   Kacamata Plus Yang Sesuai Dengan Usia Penggunanya

Bengkak

Setelah operasi kantung mata selesai, Anda akan mengalami efek pembengkakan yang terjadi di sekitar mata Anda. Ini adalah hal yang sangat normal setelah operasi. Anda akan mengalami pembengkakan selama kurang lebih 2 minggu. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengurangi pembengkakan pada mata Anda.

Memar

Anda akan mengalami memar setelah operasi dilakukan. Memar biasanya menyebabkan mata Anda menjadi kebiruan dan keunguan. Tergantung rasa sakit yang Anda rasakan. Pada beberapa orang, memar juga bisa berwarna kuning. Biasanya memar jenis ini akan lebih cepat sembuh.

Mata Berair

Efek Samping Operasi Kantong Mata Anda juga akan mengalami mata berair. Hal ini biasanya dirasakan akibat pembengkakan yang terjadi. Saat Anda mengalami rasa sakit akibat bengkak, secara otomatis mata Anda akan mengeluarkan cairan sebagai bentuk penyesuaian.

Penglihatan Kabur

Anda akan merasakan penglihatan Anda menjadi kabur. Ini bisa jadi karena efek anestesi yang masih tersisa dalam diri Anda. Selain itu, rasa sakit dan bengkak pada mata juga dapat menyebabkan mata menjadi kabur.

Apalagi di pagi hari saat bangun dari tidur dalam posisi berbaring akan menambah pembuluh darah ke area mata. Sehingga pembengkakan terlihat jelas di pagi hari. Tapi ini akan hilang karena gravitasi ketika kamu sudah melakukan aktivitas

Bola Mata Menebal

Operasi kantung mata dilakukan dengan operasi yang dilakukan di bawah mata, dimana dengan selaput mata, selaput biasanya menebal akibat pembengkakan yang terjadi. Faktor lain bisa jadi karena infeksi yang terjadi pada mata sehingga selaput mata menebal.

Proses Penyembuhan Yang Lama

Efek samping operasi kantong mata selanjutnya adalah membutuhkan proses penyembuhan kantong mata yang memakan waktu cukup lama, padahal operasi kantong mata dipilih sebagai cara instan untuk mempercantik diri.

Meski dalam tiga bulan perubahan wajah bisa terlihat dengan hilangnya kantung mata, namun sebenarnya sel – sel di mata belum benar – benar pulih hingga 6 bulan setelah operasi. Bisa jadi pada 6 bulan proses penyembuhan Anda akan mengalami perubahan lain. Itu tergantung pada masing – masing individu.

Kantung Mata Terlihat Lagi

Setelah 1 hingga 2 tahun setelah operasi, kantung mata Anda mungkin akan kembali lagi. Namun sebenarnya kantung mata tidak kembali tapi area cekung di mata Anda tidak bisa dikoreksi sempurna hanya dengan operasi lemak kantung mata.

Kaku

Setelah operasi selesai, Anda akan merasakan rasa kaku di mata Anda. Ini karena mata baru saja menjalani operasi. Jadi Anda tidak bisa menggerakkan mata Anda dengan benar karena rasa sakit. Namun, lama kelamaan kekakuan ini akan hilang.

Alis Terlihat Lebih Tinggi

Setelah menjalani operasi Anda juga mengalami pembengkakan yang ditandai dengan alis Anda terlihat lebih tinggi. Hal ini terjadi karena kompensasi kelopak mata yang bengkak membuat mata Anda tertutup sebagian, sehingga alis akan tampak lebih tinggi sehingga Anda bisa melihat.

Mati Rasa

Efek samping lain dari operasi kantong mata yang akan Anda rasakan setelah operasi adalah Anda akan merasakan mati rasa di area tempat operasi dilakukan. Ini karena rasa sakit menyebabkan Anda mengalami mati rasa. Selain itu, efek anestesi masih bisa dirasakan sehingga Anda mengalami mati rasa beberapa saat setelah melakukan operasi kantung mata.

Mata Sensitif

Selain merasakan mata Anda terasa mati rasa, bengkak, dan nyeri, Anda juga akan merasakan mata Anda menjadi sensitif. Biasanya sensitif terasa saat melihat cahaya. Kemudian, Anda juga tidak bisa melihat sesuatu yang mencolok lagi setelah operasi kantung mata.

Baca juga :  Penyebab Kantung Mata Hitam Dan Cara Mengatasinya

Gangguan

Iritasi adalah efek samping yang paling umum dirasakan oleh setiap pasien yang menjalani operasi. Biasanya iritasi ini disebabkan oleh kuman atau virus. Virus ini biasanya muncul dari benda – benda kotor yang menyentuh kulit mata. Untuk itu, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan alat – alat yang digunakan dalam proses operasi.

Meski Banyak Efek Samping Operasi Kantong Mata, Anda harus tahu cara mengatasi efek samping tersebut. Ada banyak perawatan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi efek samping yang akan Anda rasakan. Untuk itu Anda bisa melakukan hal – hal berikut agar proses penyembuhan bisa berjalan dengan baik.

Baca juga :   Vitamin Mata Biovision Sangat Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Perawatan Pasca Operasi Kantong Mata

Perawatan Pasca Operasi Kantong Mata

Kompres Mata Dengan Es Batu

Setelah operasi kantung mata selesai, mata Anda akan bengkak karena prosedur pembedahan. Mengompres mata dengan es batu yang sudah dibungkus kain membantu Anda mengatasi masalah mata bengkak.

Mata Bersih

Membersihkan mata adalah salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Gunakan salep atau obat tetes mata yang telah diresepkan oleh dokter. Lakukan ini secara teratur, setiap hari untuk menjaga mata Anda tetap bersih.

Menggunakan Kacamata Hitam

Penggunaan kacamata hitam dimaksudkan untuk melindungi mata dari iritasi akibat sinar matahari dan angin.

Minum Parasetamol

Anda dapat mengonsumsi parasetamol jika diperlukan. Parasetamol digunakan untuk meredakan nyeri pasca operasi. Namun, perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi obat diperbolehkan jika sesuai dengan resep dokter.

Jangan Melakukan Aktivitas Berat

Selama masa penyembuhan Anda tidak diperbolehkan melakukan aktivitas berat terlebih dahulu. Seperti berolahraga. Terutama olahraga air.

Jangan Gunakan Lensa

Penggunaan lensa juga tidak diperbolehkan. Ini karena Anda baru saja menjalani operasi, dan area mata harus dijauhkan dari benda asing seperti lensa selama masa penyembuhan.
Jangan menggunakan make-up selama penyembuhan

Hal berikutnya yang tidak boleh Anda lakukan adalah menggunakan make-up selama masa penyembuhan. Penggunaan make-up sebaiknya dihindari karena mata harus steril dari benda asing terlebih dahulu.

Selama masa penyembuhan Anda harus menjaga mata Anda tetap steril. Penggunaan make-up dapat dilakukan setelah dua minggu setelah operasi. Make up ini juga digunakan dengan tujuan untuk menutupi warna biru akibat pembengkakan.

Jangan Tekan Bagian Bawah Mata

Lemak di bawah mata biasanya tidak dihilangkan, tetapi menyebar dan memperbaiki jahitan. Jahitan pada operasi kantung mata biasanya merupakan jahitan implan yang akan diserap oleh kulit dalam waktu sekitar satu bulan. Untuk itu Anda tidak disarankan untuk menekan keras di bawah mata selama proses penyembuhan.

Tidur Dalam Posisi Lurus

Hal berikutnya yang dapat membantu Anda mengurangi risiko pembengkakan adalah tidur dalam posisi lurus. Ini bisa membuat mata bengkak Anda lebih rata dari pada Anda harus tidur miring.

Perbanyak Makan Sayur

Sayuran sangat baik untuk tubuh, beberapa sayuran yang bisa anda konsumsi untuk mempercepat proses pemulihan yang sedang anda jalani. Misalnya, Anda bisa memperbanyak konsumsi wortel yang banyak mengandung vitamin A agar mata tidak mengalami penglihatan kabur.

Minum Obat Dokter Secara Teratur

Selama proses penyembuhan Anda diharuskan untuk minum obat dari dokter secara teratur. Ikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi obat. Jika obat Anda habis saat Anda masih merasakan sakit, Anda bisa meminta dokter untuk membuatkan resep lagi untuk mengurangi rasa sakit.

Ikuti Saran Dokter

Pasca operasi ada banyak tantangan yang tidak boleh dilakukan, jadi yang harus Anda lakukan adalah mengikuti semua saran dokter. Mulai dari makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, lalu kegiatan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, serta obat apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Jadi, Anda disarankan untuk mengikuti semua anjuran dokter agar proses penyembuhan berjalan dengan baik dan cepat.

Berikut ini adalah penjelasan Efek Samping Operasi Kantong Mata yang akan Anda rasakan setelah menjalani operasi. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter bedah Anda terlebih dahulu agar Anda mengetahui informasi lebih lanjut tentang prosedur pembedahan dan perawatan yang harus Anda lakukan pasca operasi. Selain itu, pelajari lebih lanjut tentang operasi kantung mata yang akan Anda lakukan agar Anda siap dengan segala risikonya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *