Manfaat donor Darah bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu Belum?

Manfaat donor darah bagi kesehatan sangatlah beragam. Donor darah sendiri disebut sebagai tindakan yang mulia untuk dilakukan. Bagaimana tidak, dengan melakukan donor darah, anda bisa membantu sesama yang tengah membutuhkan sumbangan darah. Ada beberapa kondisi kenapa seseorang membutuhkan pendonor darah seperti kecelakaan, anemia, hemofilia, transplantasi organ ataupun karena terserang jenis penyakit tertentu.

Sebagai pihak pendonor, anda juga akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Selain kesempatan untuk membantu sesama maka kesehatan anda juga akan meningkat. Lantas apa saja manfaat donor darah yang bisa didapatkan oleh pihak pendonor? Simak ulasannya yang berikut ini!

1. Mendeteksi adanya penyakit serius dalam tubuh

Manfaat donor darah secara rutin yang pertama adalah bagus untuk mendeteksi adanya penyakit serius di dalam tubuh. Sebelum darah diambil, anda akan diperiksa apakah sedang dalam kondisi sehat atau tidak. Pemeriksaan meliputi berbagai penyakit mulai dari malaria, sifilis, hepatitis C, HIV ataupun jenis penyakit yang lain.

Baca juga :   Inilah Beberapa Buah dan Sayur Untuk Menguatkan Tulang Anda

Jika anda terdeteksi mengalami penyakit tertentu, maka bisa saja donor darah dihentikan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tertularnya pihak penerima melalui transfusi darah yang dilakukan. Sebaliknya jika dinyatakan dalam kondisi sehat maka donor darah akan tetap dilakukan.

2. Meningkatkan kesehatan organ jantung

Anda harus tahu jika mendonorkan darah secara rutin, membuat zat besi dalam tubuh stabil. Tingginya zat besi bisa berakibat pada peningkatan seseorang mengalami penyakit jantung. Zat besi dengan jumlah berlebih akan berakibat pada terjadinya oksidasi kolesterol. Selanjutnya, produk oksidasi tersebut akan menempel pada dinding arteri yang berakibat pada serangan stroke hingga jantung.

Baca juga : Memahi, mengetahui, dan mengatasi sakit nyeri punggung

3. Membantu dalam menurunkan berat badan berlebih

Manfaat donor darah bagi kesehatan yang selanjutnya adalah bagus untuk membantu menurunkan berat badan. Berat badan yang berlebih tidak hanya mengganggu penampilan namun juga menyebabkan gangguan kesehatan. Apalagi jika kegemukan yang anda alami sudah termasuk dalam kategori obesitas. Jika sudah demikian, maka penurunan berat badan wajib dilakukan.

Baca juga :   Kenali Dulu Yuk, Efek Tindik Telinga dan Bahaya Tindik Telinga

Donor darah menjadi salah satu metode yang ampuh untuk diet sekaligus pembakaran kalori dalam tubuh. Anda tentu tidak mau berlarut-larut memiliki tubuh yang tidak ideal bukan?

4. Meningkatkan produksi dari sel darah

Manfaat lain melakukan donor darah adalah bagus untuk meningkatkan produksi dari sel darah merah. Kegiatan mendonorkan darah bagi orang lain memang dapat mengurangi jumlah sel darah merah di dalam tubuh. Namun,tubuh akan segera mengisi ulang sel darah yang hilang karena kegiatan donor tersebut.

Dengan demikian, tubuh akan selalu mendapatkan pasokan darah yang baru setiap kali anda melakukan donor darah.

5. Menurunkan resiko kanker

Manfaat donor darah secara rutin juga bisa menurunkan resiko seseorang terkena kanker. Kanker sendiri merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang harus diwaspadai. Adapun beberapa jenis kanker yang bisa dicegah antara lain adalah kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker tenggorokan hingga jenis kanker lambung.

Baca juga :   Makanan Penyebab Radang Tenggorakan, Hindari dari Sekarang!

Resiko terserang kanker akan menurun seiring dengan seberapa sering orang tersebut melakukan donor darah. Donor darah sendiri bisa dilakukan setiap 4 bulan sekali untuk wanita dan 3 bulan sekali bagi pria.

Selain manfaat di atas, tentu masih banyak manfaat donor darah bagi kesehatan yang lainnya. Selain manfaat dari segi kesehatan, anda juga akan mendapatkan manfaat lain yakni kepuasaan secara psikologis. Terlebih lagi, menurut penelitian, berbuat baik pada sesama bisa membuat seseorang hidup lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *