Pengertian Cuci Tangan Menurut who Yang Perlu diKetahui

Pengertian cuci tangan menurut who yaitu dengan sengaja membersihkan tangan dari segala jenis kotoran yang ada ditangan, dimulai dari ujung jari sampai siku dan lengan dengan cara tertentu dan harus sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu menurut Perry & Potter (2005), mencuci tangan merupakan teknik dasar yang paling penting dalam pencegahan dan pengontrolan infeksi.

Cuci tangan merupakan proses membuang kotoran dan debu secara mekanik dari kulit kedua belah tangan dengan memakai sabun dan air. Sedangkan menurut Purohito (1995) mencuci tangan merupakan syarat utama yang harus dipenuhi sebelum melakukan tindakan keperawatan misalnya: memasang infus, mengambil spesimen.

Infeksi yang disebabkan karena diakibatkan dari pemberian pelayanan kesehatan atau terjadi pada fasilitas pelayanan kesehatan. Infeksi ini berhubungan dengan prosedur diagnostik atau terapeutik dan sering termasuk memanjangnya waktu tinggal di rumah sakit.

Baca juga :   Fungsi Otot Siliaris Pada Mata Kita Untuk Mengontrol Penyesuaian Mata

Baca juga : Pengertian Kesehatan Menurut Who dan Beberapa Ahli

Tujuan Cuci Tangan

Tujuan cuci tangan banyak sekali manfaatnya, kita dapat terhindar dari berbagai penyakit

  • Mengangkat mikroorganisme yang ada di tangan
  • Mencegah infeksi silang (cross infection)
  • Menjaga kondisi steril
  • Melindungi diri dan pasien dari infeksi
  • Memberikan perasaan segar dan bersih.

Keuntungan Mencuci Tangan

Menurut Puruhito (1995), bahwa cuci tangan akan memberikan keuntungan yang baik sebagai berikut:

  1. Dapat mengurangi infeksi nosokomial
  2. Jumlah kuman yang terbasmi lebih banyak sehingga tangan lebih bersih dibandingkan dengan tidak mencuci tangan
  3. Dari segi praktis, ternyata lebih murah dari pada tidak mencuci tangan sehingga tidak bisa menyebabkan infeksi nosokomial
Baca juga :   Astigmatisma Adalah Gangguan Penglihatan Akibat Kelengkungan Kornea

Mencuci tangan (atau mencuci tangan), juga dikenal sebagai kebersihan tangan, adalah tindakan membersihkan tangan untuk menghilangkan tanah, kotoran, dan mikroorganisme. Jika air dan sabun tidak tersedia, tangan dapat dibersihkan dengan abu.

Kebersihan tangan medis mengacu pada praktik kebersihan yang terkait dengan prosedur medis. Mencuci tangan sebelum memberikan obat atau perawatan medis dapat mencegah atau meminimalkan penyebaran penyakit. Tujuan medis utama dari mencuci tangan adalah untuk membersihkan tangan patogen (seperti bakteri atau virus) dan bahan kimia yang dapat menyebabkan bahaya atau penyakit. Ini terutama penting bagi orang yang menangani makanan atau bekerja di bidang medis, tetapi juga praktik penting bagi masyarakat umum.

Baca juga :   Pinguecula Adalah Bercak Kuning Yang Tumbuh di Konjungtiva

Mencuci tangan dengan sabun secara konsisten pada saat-saat kritis di siang hari mencegah penyebaran penyakit seperti diare dan kolera yang ditularkan melalui rute fecal-oral. Orang dapat terinfeksi oleh penyakit pernapasan seperti influenza atau flu biasa, misalnya, jika mereka tidak mencuci tangan sebelum menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *