Softlens Hilang Dimata Dan Pertolongan Pertama Softlens Masuk Mata

Untuk penggunaan lensa kontak (softlens) juga memiliki aturan dan juga cara untuk penggunaan tertentu yang harus untuk dipatuhi oleh setiap penggunanya. Misalnya, Anda tidak disarankan untuk tidur memakai lensa kontak, dan harus mematuhi waktu memakai lensa kontak. Karena dikhawatirkan, lensa kontak akan berubah posisi dan masuk ke bagian belakang mata. Apakah mungkin atau tidak, Softlens hilang dimata?

Bisakah Softlens Hilang Dimata?

Biasanya, lensa kontak atau contact lens digunakan tepat di depan bola mata. Namun ada juga kita mendengar bahwa ada softlens hilang dimata.

Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan tentang kemungkinan lensa kontak bergerak dan masuk ke bagian belakang bola mata. Apalagi jika Anda kadang – kadang kehilangan lensa kontak, dan khawatir lensa tersebut akan berpindah ke belakang mata Anda.

Kabar baiknya, menurut seorang dokter mata, adalah bahwa lensa kontak yang bergerak ke bagian belakang mata sebenarnya tidak mungkin. Terkadang, lensa kontak dapat dipisahkan dari bola mata yang dilindungi oleh lapisan kornea (pelindung mata).

Lensa kontak dapat bergerak di sekitar kelopak mata bawah. Hal ini karena pada permukaan bagian dalam kelopak mata terdapat lapisan tipis, bening, dan lembab yang disebut konjungtiva. Konjungtiva dapat membantu kantong kecil, yang terletak di antara kelopak mata dan mata yang berisi air mata.

Sedangkan di bagian belakang pada kelopak mata, konjungtiva yang membentuk lipatan ke belakang. Dengan kata lain, konjungtiva bisa menjadi penutup luar untuk bagian putih bola mata.

Ketika lensa kontak atau lensa kontak Anda tampak hilang, biasanya hanya mencapai tepi atau ujung kantung konjungtiva, bukan bagian belakang bola mata.

Perlindungan lengkap konjungtiva dari kelopak mata ke bola mata, sehingga tidak memungkinkan benda apa pun, termasuk lensa kontak, masuk ke bagian belakang mata. Apalagi sampai softlens hilang dimata terjebak dan sulit keluar dari sana.

Bagaimana Cara Melepas Lensa Kontak Yang “Menghilang”?

Bagaimana Cara Melepas Lensa Kontak Yang "Menghilang"?

Saat Anda menggunakan lensa kontak tetapi tiba – tiba Anda tidak menemukan lensa kontak di bola mata Anda, Anda mungkin curiga bahwa lensa bergerak dan berada di belakang mata Anda.

Baca juga :   Manfaat Jus Wortel Dan Tomat Dapat Terhindar Dari Berbagai Penyakit

Padahal, Dengan kebiasaan mengucek mata atau tidak sengaja membenturkan mata pada saat anda menggunakan lensa kontak juga bisa membuat lensa kontak bergeser.

Hal ini dapat memicu lensa kontak terlipat menjadi dua, dan kemudian terlepas dari kornea mata. Lensa kontak yang terlipat mungkin tersangkut di kelopak mata atas atau bawah, membuatnya tampak seolah – olah Softlens hilang dimata.

Agar lebih mudah untuk menghilangkanya, maka coba untuk rasakan apakah ada benda asing yang tersangkut di kelopak mata atau di sekitarnya? Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengembalikan lensa kontak yang “hilang”, atau mengira masuk ke bagian belakang bola mata, dengan mengoleskan obat tetes mata untuk lensa kontak.

Selanjutnya pijat perlahan kelopak mata atas atau bawah, tempat lensa kontak terasa menempel. Lakukan ini sambil memejamkan mata. Biasanya, lensa kontak akan bergerak ke posisi mata di mana Anda bisa melihatnya kembali.

Segera lepaskan lensa kontak, dan sebaiknya hindari penggunaan lensa kontak untuk sementara waktu. Jika saat dikeluarkan dari mata, lensa kontak terlipat menjadi dua, cobalah merendamnya dalam air lensa kontak selama beberapa waktu.

Setelah itu, Anda dapat untuk membuka lipatan softlens secara perlahan untuk dapat mengembalikannya ke bentuk semula. Jangan lupa, usahakan untuk lebih berhati – hati lagi saat memakai lensa kontak agar “kehilangan” lensa kontak saat digunakan tidak terulang kembali.

Baca juga : Bahaya Softlens Untuk Mata Normal Dapat Menyebabkan Kebutaan

Pertolongan Pertama Softlens Masuk Mata

Pertolongan Pertama Softlens Masuk Mata

Pemakai lensa kontak rentan terhadap insiden ketika lensa kontak atau jenis lensa kontak lainnya  tersangkut di mata mereka. Ketika lensa kontak tersangkut, Maka tidak perlu untuk panik karena ini cukup umum dan juga ada cara untuk memperbaiki lensa kontak yang macet di mata.

Jenis Lensa Kontak Apa Yang Anda Pakai?

Jenis lensa kontak antara lain Softlens dan RGP (rigid gas permeable) atau Hardlens.

Softlens sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan fungsinya. Ada lensa kontak yang ditujukan untuk membantu rabun jauh, dekat, atau silindris. Lalu ada juga lensa kontak berwarna yang banyak digunakan untuk kebutuhan fashion.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Mata Panda Permanen Yang Ampuh

Sesuai dengan namanya, lensa kontak terbuat dari silikon tipis yang lentur dan tidak keras. Karena itu soft lens lebih nyaman dari pada hard lens.

kelebihan lensa keras adalah lebih mudah digunakan, bertahan lebih lama, dan lebih mudah dirawat. Kedua jenis lensa kontak ini sama – sama berisiko, jika menggunakannya harus dirawat dengan baik.

Penyebab Lensa Kontak Macet

Hal – hal yang dapat menyebabkan lensa kontak sulit dilepas antara lain tidak sengaja atau tertidur saat memakai lensa kontak, menggunakan terlalu lama sehingga silikon mengering, dan menggunakan lensa kontak yang ukurannya tidak pas (terlalu kecil, besar atau ketat).

Cara Memperbaiki Lensa Kontak Hilang Dimata

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan jika lensa kontak yang menempel di mata dengan berdasarkan jenis lensa kontak dan sesuai dengan keluhan atau juga situasi yang dialami:

1. Lensa Lunak

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jenis lensa kontak yang paling populer adalah lensa lunak. Biasanya jenis lensa kontak silikon fleksibel ini mudah dilepas. Ketika sulit untuk melepaskannya, Anda mungkin ceroboh dalam menggunakannya.

Softlens Dalam Posisi Normal

Jika diposisikan di tengah kornea, kemungkinan lensa kontak akan sulit dikeluarkan karena sudah mengering. Cuci lensa kontak dan mata Anda dengan saline normal atau larutan serba guna untuk lensa kontak.

Jika masih menempel, ulangi prosedur ini. Berkedip dan pijat dengan lembut untuk memungkinkan silikon bergerak. Memang perlu beberapa kedipan lagi dan kedipan yang mungkin memakan waktu hingga 10 menit atau lebih. Saat lensa direhidrasi, Anda dapat dengan mudah melepasnya.

Softlens Robek Dan/Atau Menjadi Potongan – Potongan Kecil

Saat robek, jangan untuk menggunakan kembali jika lensa kontak rusak dan segera ganti dengan yang baru. Jika sudah terpasang, kemungkinan ada bagian kecil lensa kontak yang yang robek terselip di kelopak mata atas atau kelopak mata bawah.

Cuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum mencoba mengeluarkan potongan – potongan kecil ini. Kemudian teteskan mata dengan cairan atau larutan khusus untuk melembabkannya. Temukan air mata dengan tangan Anda, ketika Anda menemukannya, dorong ke sudut luar mata Anda.

Baca juga :   Dokter Mata Di Jakarta Selatan Jangan Salah Memilih Dokter

Terkadang, cukup dengan menahan tetes mata dan berkedip perlahan beberapa kali, akan muncul air mata di sudut mata. Metode ini lebih mudah untuk menghilangkan kotoran lensa.

Softlens Hilang Atau Bersarang Di Kelopak Mata

Biasanya lensa kontak yang hilang ini membuat penggunanya panik dan ketakutan. Jangan khawatir, lensa kontak Anda masih bisa dilepas.

Ketika ini terjadi pada Anda, temukan cermin dan miringkan kepala Anda sedikit ke belakang. Angkat kelopak mata atas anda setinggi mungkin untuk dapat memastikan lensa kontak ada dan tidak hilang dimata.

Pastikan mata dalam keadaan lembab atau telah ditetesi cairan khusus. Coba geser lensa kontak ke bawah dan ambil dengan mencubitnya.

2. Hardlens Atau RGP

Cara menghilangkan hardlens berbeda dengan softlens. Jangan melakukan pemijatan seperti saat mencoba melepas lensa kontak.

Pertama – tama, cari tahu di mana letak hardlens anda dapat untuk melihat ke cermin atau melirik ke kiri dan ke kanan sehingga anda bisa untuk dirasakan oleh kelopak mata anda.

Setelah Anda tahu di mana letaknya dan apakah ada di bagian putih mata Anda, coba lepaskan dengan menekan perlahan tepi luar lensa dengan jari Anda.

Kapan Harus Ke Dokter Saat Softlens Hilang Dimata?

Jika semua prosedur di atas tidak berhasil, saatnya ke dokter mata. Jangan memaksa bila cara di atas tidak efektif. Karena dapat menyebabkan iritasi dan juga dapat membahayakan mata Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *