Bagian Kulit Yang Berperan Untuk Menyimpan Lemak Adalah

Kulit memiliki fungsi melindungi bagian tubuh. Ketebalan kulit pada bagian tubuh tertentu juga bervariasi dan tidak selalu sama. Salah satu pertanyaan yang sering muncul mengenai hal ini adalah nama bagian kulit yang berperan untuk menyimpan lemak.

Bagian kulit yang berperan untuk menyimpan lemak adalah lapisan kulit hipodermis atau jaringan di bawah kulit. Lapisan hipodermis terletak di bawah lapisan dermis.

Lapisan hipodermis memiliki jaringan adiposa yang berfungsi sebagai cadangan lemak. Fungsinya untuk membantu proses stabilisasi suhu dalam tubuh manusia. Apalagi manusia yang memiliki ketebalan lemak atau adiposa yang berbeda – beda.

Apa Yang Dimaksud Dengan Lapisan Hipodermis?

Apa Yang Dimaksud Dengan Lapisan Hipodermis

Hipodermis adalah struktur anatomi kulit manusia pada lapisan paling bawah. Di dalam lapisan ini terdapat jaringan lemak, pembuluh darah, jaringan ikat, serta protein yang membantu jaringan kulit kembali ke bentuk semula setelah diregangkan. Protein di hipodermis disebut elastin.

Baca juga :   Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

Apa Itu Lapisan Hipodermis?

Lapisan hipodermis juga dikenal sebagai lapisan subkutan atau subkutis. Bisa dibilang, lapisan ini merupakan lapisan kulit terakhir atau terdalam. Pada lapisan ini terdapat jaringan adiposa yang berfungsi sebagai penghubung antara jaringan dan elastin (sejenis protein yang membantu jaringan kulit kembali ke bentuk semula setelah mengalami peregangan).

Apa Itu Lapisan Adiposa?

Apa Itu Lapisan Adiposa

Jaringan adiposa adalah jaringan ikat yang terdiri dari adiposit, sel kaya lipid. Fungsi adiposa adalah menyimpan energi dalam bentuk lemak. Jaringan ini dapat ditemukan di bawah kulit atau menempel pada organ dalam.

Fungsi lain dari lapisan lemak pada hipodermis adalah untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin, sebagai cadangan energi, dan sebagai bantalan yang melindungi tulang, otot, dan organ dalam tubuh manusia. Selain mengandung lemak, lapisan kulit hipodermis juga dipenuhi pembuluh darah.

Baca juga :   Memahi, mengetahui, dan mengatasi sakit nyeri punggung

Baca juga : Gatal Pada Kulit Di Malam Hari Merupakan Gejala Dari Penyakit

Fungsi Dari Lapisan Hipodermis

Fungsi Dari Lapisan Hipodermis

Pada poin sebelumnya Anda mungkin telah membaca sedikit penjelasan tentang lapisan hipodermis. Untuk lebih memahami lapisan ini, berikut beberapa penjelasan lebih mendalam tentang fungsi lapisan hipodermis itu sendiri.

Lapisan hipodermis memiliki fungsi untuk menjaga dan mengatur suhu tubuh. Ketebalan dan juga kedalaman jaringan lemak ini juga sangat bervariasi, sehingga tidak semua bagian memiliki kontur yang sama. Untuk bagian yang paling tebal adalah bokong.

Jaringan hipodermis terdapat di bawah kulit, sehingga hipodermis berfungsi sebagai bantalan atau peredam kejut pada organ dalam tubuh manusia. Di sisi lain, lapisan ini juga berperan dalam membentuk kontur tubuh seseorang.

Baca juga :   Gatal Pada Kulit Di Malam Hari Merupakan Gejala Dari Penyakit

Sesuai dengan usia, kinerja liposit pada jaringan di bawah kulit juga akan menurun. Bagian tubuh yang sebelumnya banyak mengandung lemak, dan ketika lemak ini berkurang maka elastisitas kulit pada orang tersebut juga akan berkurang. Hal ini tentu mempengaruhi kondisi hipodermik seseorang, sehingga kulit akan terlihat kusam, kendur, dan semakin rendah kontur ideal akan semakin berkurang.

Hipodermis juga merupakan reservoir bagi fibroblas, yaitu zat yang berperan dalam memproduksi kolagen. Serat yang terdapat pada kolagen kemudian akan mengalir ke dalam dermis untuk memperkuat jaringan kulit.

Nah, itulah sedikit pembahasan tentang bagian kulit yang berperan dalam menyimpan lemak atau lapisan hipodermis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.