Bahaya Depresi Pada Kesehatan Waspadai Dampaknya dari Sekarang

Bahaya depresi pada kesehatan sebaiknya diperhatikan. Depresi sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal seperti masalah pekerjaan, masalah pada keluarga atau bahkan karena masalah yang lain. Seseorang yang tengah mengidap depresi bisa dilihat dari pola perilakunya yang tiba-tiba menjadi pemurung.

Akan lebih baik jika anda tidak mengabaikan orang dekat yang tengah depresi atau bahkan saat anda sendiri yang mengalaminya. Selain berpengaruh pada perilaku, depresi juga berdampak negatif pada fisik jika dibiarkan berlarut-larut. Beberapa dampak pada fisik yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

1. Munculnya jerawat

Bahaya depresi pada kesehatan yang pertama adalah munculnya jerawat. Depresi bisa menyebabkan pelepasan hormon stres yang mengganggu kinerja dari hormon lain yang ada di dalam tubuh. Jerawat sendiri merupakan salah satu gangguan yang tidak bisa diremehkan. Jerawat bisa memunculkan rasa kurang percaya diri terutama jika munculnya bukan hanya sedikit.

2. Berat badan menurun atau malah sebaliknya

Berat badan ideal merupakan berat badan yang diinginkan oleh banyak orang. Sayangnya, berat badan orang depresi cenderung mengalami penurunan akibat pola makan yang berubah dan cenderung tidak teratur. Alhasil, berat badan bisa menurun dengan sangat drastis.

Baca juga :   Inilah Beberapa Buah dan Sayur Untuk Menguatkan Tulang Anda

Meski demikian, tidak setiap orang yang depresi akan mengalami penurunan berat badan. Ada juga beberapa orang yang justru mengalami penambahan berat badan lantaran menjadikan makanan sebagai pelarian. Terlalu kurus atau terlalu gemuk tentu keduanya tidaklah baik.

3. Tubuh yang merasa mudah lelah

Bahaya orang depresi selanjutnya adalah mudah mengalami rasa lelah. Umumnya, mereka yang menderita depresi mengalami rasa mudah lelah meskipun ia tidak mengerjakan hal yang berat.

Mudah lelah sendiri dianggap sebagai salah satu gejala klasik dari depresi. Rasa mudah lelah akan sangat mengganggu terutama bagi anda yang memiliki banyak pekerjaan untuk dilakukan.

4. Mengalami sakit kepala

Depresi dengan sakit kepala memiliki hubungan yang cukup erat. Anda harus tahu jika saat depresi, beberapa otot yang ada di sekitar kepala mengalami penegangan. Hal inilah yang menyebabkan anda merasakan rasa sakit di kepala.

Baca juga :   Manfaat donor Darah bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu Belum?

Baca juga : Inilah Beberapa Buah dan Sayur Untuk Menguatkan Tulang Anda

5. Gangguan pada organ lambung

Bahaya orang depresi yang selanjutnya adalah terjadinya gangguan pada lambung. Gangguan pada organ yang satu ini bisa terjadi karena kondisi emosi seseorang yang ternyata berhubungan dengan pencernaannya. Ketika seseorang mengalami depresi, ia akan mudah merasa mual, diare hingga sulit BAB.

6. Sakit di bagian dada

Gangguan lain yang mungkin bisa dialami adalah sakit di bagian dada. Meski demikian, Gangguan yang satu ini juga bisa saja terjadi karena sebab lain yakni gangguan pada organ jantung. Akan lebih baik jika anda tidak mengabaikannya karena bisa saja hal tersebut adalah gangguan yang serius.

7. Gangguan pada tidur

Gangguan tidur merupakan gangguan yang selanjutnya. Beberapa orang yang depresi mengalami susah untuk tidur nyenyak pada saat malam hari. Selain susah untuk memejamkan mata saat malam, mereka juga cenderung bangun terlalu pagi.

Baca juga :   Kenali Dulu Yuk, Efek Tindik Telinga dan Bahaya Tindik Telinga

Beberapa malah bisa tidur lebih lama dari biasanya. Jika anda tidak ingin gangguan tidur berlarut-larut, akan lebih baik jika depresi segera diatasi.

Bahaya depresi pada kesehatan memang sangat beragam. Selain menyerang fisik, depresi juga bisa berefek pada kesehatan mental. Jika anda menderita depresi, akan lebih baik jika segera mencari sumber depresi anda.

Setelah ketemu, cari solusi untuk memecahkan masalah yang tengah anda alami. Jangan sampai depresi menganggu pekerjaan atau bahkan kegiatan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *