Cara Mencegah Stroke Sejak Dini Lakukan Kebiasaan Mudah Ini

Adakah cara mencegah stroke sejak dini yang bisa dilakukan? Stroke sendiri merupakan salah satu gangguan kesehatan yang harus diwaspadai. Stroke merupakan gangguan penyakit yang bisa menurunkan kualitas hidup seseorang. Untuk itu diperlukan pencegahan sejak dini yang bisa mengurangi resiko anda terkena stroke.

Anda harus tahu jika usia muda bukanlah jaminan seseorang untuk tidak terkena stroke. Inilah kenapa, membiasakan diri dengan melakukan pola hidup sehat sebaiknya dilakukan mulai dari sekarang. Nah, beberapa tips yang berikut ini bisa dilakukan untuk menurunkan resiko anda mengalami penyakit yang berbahaya satu ini!

1. Hindari kebiasaan merokok

Cara mencegah stroke sejak dini adalah dengan menghindari rokok. Rokok dipercaya sebagai salah satu penyebab stroke. Hal ini dikarenakan rokok dapat menyebabkan gangguan dalam tubuh yakni penyempitan pembuluh darah. Saat pembuluh darah mengalami penyempitan, kondisi ini berakibat pada asupan darah serta oksigen yang tidak sampai ke otak.

Selain memperbesar resiko terjadinya pengerasan pembuluh darah, perokok juga beresiko mengalami pembuluh darah pecah. Tidak hanya berlaku bagi perokok aktif namun juga mereka yang merupakan perokok aktif. Jika anda bukanlah seorang perokok, akan lebih baik jika anda mencari lingkungan hidup yang lebih sehat, jauh dari perokok.

Baca juga :   Kenali Dulu Yuk, Efek Tindik Telinga dan Bahaya Tindik Telinga

2. Jangan terlalu banyak konsumsi makanan berlemak

Langkah mencegah stroke yang selanjutnya adalah dengan menghindari jenis makanan berlemak. Jenis makanan berlemak sendiri banyak ragamnya mulai dari daging, kulit ayam, jeroan serta jenis yang lainnya. Konsumsi banyak lemak berakibat pada penumpukan lemak yang berakhir pada penyempitan serta penyumbatan pembuluh darah. Pada akhirnya aliran darah serta oksigen tidak menyebar dengan lancar.

3. Jangan mudah melampiaskan emosi

Emosi tidak baik bagi kesehatan. Emosi adalah gudangnya penyakit. Tidak heran jika mereka yang emosian juga mudah sakit-sakitan. Ketika emosi, jantung akan berdebar menjadi lebih cepat serta munculnya rasa nyeri pada ulu hati. Belum lagi otot di kepala yang mengalami penegangan. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa mereka yang emosian mudah terserang penyakit termasuk juga jenis penyakit stroke.

Baca juga :   Bahaya Depresi Pada Kesehatan Waspadai Dampaknya dari Sekarang

Berbeda dengan mereka yang hidup dengan sifat sabar. Mereka bisa memiliki hidup yang lebih sehat dengan emosi stabil yang menguntungkan bagi kondisi tubuhnya. Sebelum terlambat, ada baiknya mengubah sifat emosian anda menjadi sifat yang lebih baik.

Baca juga : Memahi, mengetahui, dan mengatasi sakit nyeri punggung

4. Kendalikan stres

Cara mencegah stroke alami yang selanjutnya adalah dengan mengendalikan stres. Stres merupakan salah satu kondisi yang bisa menyebabkan stroke lantaran kepala yang menjadi tegang.

Tidaklah mengherankan jika mereka yang stres seperti halnya karena tekanan di perusahaan atau bahkan karena memikul tanggung jawab yang besar lebih rentan terkena jenis penyakit yang satu ini. Selain untuk menghindarkan anda dari stroke, pengendalian stres yang baik juga diperlukan untuk mencegah jenis penyakit yang lain.

5. Hindari konsumsi alkohol

Menghindari alkohol merupakan salah satu cara menghindari stroke alami yang selanjutnya. Jenis minuman yang satu ini bisa menyebabkan stroke lantaran kandungan gula serta kalori yang tinggi di dalamnya. Mereka yang gemar minuman beralkohol akan menumpuk kalori di dalam tubuh. Penumpukan kalori tersebut akan memicu terjadinya obesitas yang berhubungan dengan stroke.

Baca juga :   Makanan Penyebab Radang Tenggorakan, Hindari dari Sekarang!

Bukan hanya stroke, obesitas juga bisa memicu jenis penyakit berbahaya yang lainnya. Untuk itu penting bagi anda untuk selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap ideal.

Ada beberapa cara mencegah stroke alami yang bisa anda lakukan. Selain tips di atas, ada baiknya jika anda juga melakukan olahraga pencegah stroke secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *